You are here

Makanan Enak dan Sehat Penghilang Stres dan Memperbaiki Mood

5 Makanan Enak dan Sehat Ini Bisa Mengatasi Stres dan Memperbaiki Mood
Bagikan Artikel Ini

Makanan Enak dan Sehat untuk Mengatasi Stres dan Memperbaiki Mood – Mengalami stres adalah hal yang wajar. Tetapi, keadaan stres pada tahap tersendiri bisa berpengaruh sungguh-sungguh pada kesehatan fisik dan emosional.

Faktanya, stres yang berkelanjutan dan bisa jadi bertambah parah sejalan waktu yang bisa meningkatkan risiko depresi  dan penyakit jantung.

Beruntungnya, ada berbagai makanan yang kandungannya sanggup meredakan stres dan mengundang ketenangan.

Dilansir dari healthline, inilah 5 makanan enak dan sehat penghilang stres yang akan memperbaiki suasana hati Anda:

Ubi jalar

Memakan makanan sumber karbohidrat yang banyak mengandung nutrisi lengkap seperti ubi jalar bisa  membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol.

Suatu studi selama 8 minggu pada wanita dengan badan berat berlebih mendapatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat secara berarti memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah.

Ubi jalar adalah makanan lengkap yang merupakan pilihan sumber karbohidrat yang amat baik. Ubi jalar dikemas dengan nutrisi penting untuk merespons stres, seperti kalium  dan vitamin C.

Kimchi

Makanan enak dan sehat berikutnya adalah Kimichi. Kimchi adalah hidangan sayur fermentasi yang umumnya terbuat dari sawi putih atau lobak. Makanan fermentasi khas ala Korea Selatan ini memiliki kandungan antioksidan, mineral, probiotik dan tinggi vitamin.

Penelitian menunjukkan, makanan fermentasi bisa membantu dan mengurangi stres. Misalnya, suatu penelitian pada 710 orang dewasa mendapatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang di-fermentasi lebih jarang menderita laporan sosial.

Tidak sedikit penelitian yang lainnya memperlihatkan bahwa suplemen probiotik dan makanan yang banyak mengandung probiotik seperti kimchi mempunyai efek baik bagi kesehatan mental.

Artichoke

Makanan sehat artichoke merupakan sumber serat yang amat terkonsentrasi dan khususnya banyak mengandung prebiotik. Yakni sejenis serat yang menyediakan makanan bagi bakteri baik yang ada di dalam usus.

Riset pada hewan memperlihatkan bahwa prebiotik seperti fructooligosaccharides (FOSs) yang terkonsentrasi dalam artichoke bisa membantu meredakan stres. Disamping itu, sebuah ulasan mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi 5 gram atau lebih prebiotik setiap hari mengalami penurunan kolesterol.

Artichoke pun termasuk salah satu jenis sayuran yang tinggi vitamin K, vitamin C, magnesium, dan kalium yang kesemuanya penting untuk tanggapan stres.

Telur

Makanan enak seperti telur kerap disebut sebagai multivitamin alami sebab kandungan nutrisinya yang mengagumkan. Telur utuh memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk merespons stres.

Telur utuh pun banyak mengandung kolin, yakni nutrisi yang didapatkan dalam jumlah besar cuma dalam beberapa makanan.

Kolin ini sudah terbukti mempunyai fungsi utama dalam kesehatan otak dan bisa menjaga diri dari serangan stres.

Beberapa penelitian mencatat bahwa suplemen yang memiliki kandungan kolin bisa membantu mengatasi stres dan memulihkan suasana hati.

Kerang

Mengkonsumsi kerang dan tiram yang memiliki kandungan asam amino yang tinggi, seperti taurin diketahui berpotensi dalam memulihkan hati. Taurin merupakan asam amino lainnya yang diperlukan untuk memproduksi neurotransmitter seperti dopamin yang penting untuk menunjang respon stres.

Nyatanya memperlihatkan bahwa taurin bisa jadi mempunyai efek antidepresan. Disamping itu, kerang pun mengandung selenium, mangan, tembaga, seng, dan vitamin B12 yang kesemuanya sanggup meningkatkan mood .

Penyelidikan yang melibatkan 2.089 responden orang dewasa di Jepang menghubungkan asupan rendah mangan, tembaga, dan seng dengan gejala sebuah depresi.

Demikianlah 5 makanan enak dan sehat yang dapat mengatasi stres dan memperbaiki mood atau suasana hati. Jangan lupa ya, masukkan dalam menu harian Anda.

Leave a Reply

Top