You are here
Home > Olah Raga >

5 Manfaat Olah Raga Memanah untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Olah Raga Memanah untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Bagikan Artikel Ini

Ada tiga jenis olah raga yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu berenang, berkuda dan memanah. Di dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berukda, berenang, dan memananh,” (HR Bukhari, Muslim). Apa saja manfaat olah raga memanah untuk kesehatan?

Dari hadist itu nampak jelas bahwa memanah mempunyai hubungan yang amat erat dengan peradaban Islam.

5 Manfaat Olah Raga Memanah untuk Kesehatan

Dan ternyata memanah pun mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, entah itu fisik ataupun mental. Berikut 5 manfaat melakukan olah raga memanah:

Melatih Kesabaran dan Konsentrasi

Dalam kegiatan memanah, kita dituntut untuk bisa membidik sasaran dari jauh seakurat mungkin. Maka fokus dan konsentrasi amat berperan penting dalam olah raga panahan. Tiap-tiap gerakan yang dilakukan mesti selaras dengan pikiran. Sehingga secara tak langsung bisa melatih daya fokus antara pikiran, emosi, dan gerak psikomotorik. Berkonsentrasi ketika memanah pun akan melatih Anda untuk dapat berkonsentrasi dalam kehidupan setiap hari. Dengan fokus, Anda dapat meredakan kecemasan dan menunjang untuk lebih fokus pada aktivitas yang Anda lakukan.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kegiatan memanah secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Seorang yang amat lihai memanah cenderung mempunyai daya tarik tersendiri. Hal ini disebabkan oleh karena tingkat kepercayaan diri mereka untuk bisa mencapai sasaran. Kepercayaan diri yang diperoleh dari olah raga memanah pun akan berdampak pada aktivitas sehari-hari. Dengan olah raga panahan, di samping bisa meningkatkan kepercayaan diri, Anda pun dapat meningkatkan keberanian.

Melatih Koordinasi dan Kecepatan

Mempunyai koordinasi tangan dan mata merupakan keterampilan utama untuk memanah. Dengan beragam gerakan yang berbeda-beda seperti membidik dan melepaskan panah selaras dengan pengamatan mata, tangan Anda akan terlatih untuk dapat bekerja sama dalam waktu yang singkat. Carebellum yang terdapat di belakang otak akan mengirim sinyal pada otot untuk mempertahankan keadaan tubuh supaya tetap stabil. Disamping akan menghasilkan pembidikan yang baik, peningkatan koordinasi dan kecepatan pun akan membantu Anda dalam aktivitas lainnya.

Menambah Kecerdasan

Olah raga ini menuntut si pemanah untuk berpikir lebih. Misalnya, si pemanah mesti memperkirakan arah berhembusnya angin. Tidak hanya soal arah, tetapi pula kuat dan lembutnya hembusan angin itu. Arah lesatan dari anak panah, biasanya tidak akan terus lurus. Anak panah itu akan melesat membentuk suatu lengkungan. Anak panah akan melesat sedikit naik kemudian turun dengan ketinggian yang mesti diperhitungkan. Terdapat hukum fisika di dalam lesatan anak panah yang dikenal dengan archer’s paradox. Yakni fenomena menarik ketika panah dilepaskan ke arah yang lurus dan mengenai sasaran. Dengan memahami teori itu, maka Anda akan agak lebih cerdas. Namun, sebaiknya Anda janganlah berpikir terlampau dalam.

Membangun Kekuatan Tubuh

Sama seperti halnya olah raga yang lainnya, sebelum mulai memanah, Anda seharusnya melakukan pemanasan atau warming up terlebih dulu. Walaupun olah raga ini dianggap statis dan tak memerlukan banyak gerakan, nyatanya diperlukan pemanasan khusus supaya tubuh lebih lentur dan kuat ketika memanah. Saat menarik busur, Anda mesti dapat meletakkan tekanan di kedua otot tangan, otot dada, bahu dan punggung. Seperti halnya mengangkat beban, tekanan ini umumnya ditahan selama beberapa detik sebelum sang pemanah melepaskan busurnya. Dengan melakukan gerakan yang berulang-ulang, maka akan memperkuat otot di tubuh bagian atas.

Demikianlah 5 manfaat olah raga memanah untuk kesehatan tubuh dan mental kita.

Leave a Reply

Top