You are here

Konsulat China di Houston Amerika Di Tutup

Konsulat China di Houston Amerika Di Tutup

Foto Konsulat China di Houston , oleh timesnownews.com

China mengancam akan melakukan pembalasan setelah perintah AS menutup konsulat China di Houston. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan arahan itu dikeluarkan “untuk melindungi kekayaan intelektual Amerika dan informasi pribadi orang Amerika”

Adanya Pekerja Paksa Muslim Uighur Di Cina, Benarkah?

China VS USA, Di Laut Cina Selatan

Kontroversi Kantor Keamanan Baru Di Hong Kong

China Akan Membuat Biro Keamanan Hong Kong

Pada hari Rabu 22 Juli 2020 , China mengutuk apa yang disebutnya “eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya” oleh Amerika Serikat. China mengancam akan membalas setelah diperintahkan untuk menutup konsulat China di Houston.

Respon China

Juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wenbin, mengatakan dalam jumpa pers harian bahwa pemerintah China telah diberitahu tanpa peringatan pada hari selasa 21 Juli 2020. Dia mengatakan konsulat telah beroperasi secara normal di hari Selasa 21 Juli 2020 dan menyebut langkah yang diduga itu sebagai “eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” laporan dari South China Morning Post.

“Tiongkok menuntut AS mencabut keputusan yang salah. Jika AS melanjutkan, Cina akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, ”kata Wang.

AS “tidak akan mentolerir pelanggaran RRC terhadap kedaulatan dan intimidasi orang-orang kami, seperti halnya kami tidak mentolerir praktik perdagangan yang tidak adil RRC, pencurian pekerjaan di Amerika, dan perilaku mengerikan lainnya,” tambahnya. “Presiden Trump menekankan keadilan dan timbal balik dalam hubungan AS-China.”

Dokumen dibakar di dalam halaman konsulat pada Selasa malam (22 Juni 2020), KPRC-TV di Houston melaporkan.

“Kamu bisa mencium bau kertas terbakar,” seorang saksi mengatakan kepada stasiun. “Tapi, semua petugas pemadam kebakaran hanya mengelilingi gedung. Mereka tidak bisa masuk ke dalam.”

“AS meminta China untuk menutup Konsulat Jenderal di Houston dalam 72 jam. Ini adalah tindakan gila,” Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times menulis di Twitter.

Perintah Penutupan Konsulat China di houston Amerika Serikat

KPRC melaporkan bahwa konsulat China di houston Amerika Serikat diperintahkan untuk ditutup oleh Amerika Serikat sejak hari Jumat 17 Juni 2020. Bersama dengan kompleks tempat tinggal banyak karyawan konsulat, dengan mengutip sumber-sumber kepolisian.

Selain kedutaan besarnya di Beijing, AS memiliki lima konsulat di China daratan. Mereka berada di Shanghai, Guangzhou, Chengdu, Wuhan dan Shenyang.

AS mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa konsulat itu diperintahkan ditutup “untuk melindungi kekayaan intelektual Amerika dan informasi pribadi Amerika.”China menganggap hal tersebut tidak memberikan detail apa pun.

Andrea
Seorang penulis kesehatan mental dan hubungan manusia, penulis berita nasional dan internasional
https://pojokjakarta.com

Leave a Reply

Top