You are here

Kenali Manfaat Self Talk Positif Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Kenali Manfaat Self Talk Positif Untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Bagikan Artikel Ini

Setiap orang tentunya pernah melakukan self talk. Self talk sebenarnya bisa positif atau negatif. Untuk self talk positif yaitu berbicara dengan diri sendiri dengan menggunakan perasaan dan kalimat positif. Manfaat self talk positif ini ternyata baik untuk kesehatan mental.

Terkadang secara sadar atau tidak sadar seseorang sering berbicara dengan diri sendiri. Nah, yang diutarakan diutarakan tak jarang berupa kalimat negatif tentang diri sendiri. Hal ini tentunya berasal dari pemikiran yang negatif.

Agar tidak selalu memiliki self talk negatif, maka kita harus membiasakan diri dengan melakukan self talk yang positif.

Ketahui Manfaat Self Talk Positif

Self talk atau bicara sendiri ini bukan berarti ada dialog yang diucapkan sendiri. Jadi, biasanya self talk itu kita sebatas merenung dan berbicara dengan diri kita sendiri.

Berbicara dengan diri sendiri sebenarnya tergantung dengan kepribadian masing-masing individu. Jika individu tersebut memiliki sikap yang optimis, maka self talk pada umumnya akan berisi dengan harapan atau hal-hal positif lain.

Sebaliknya, jika seseorang punya sikap cenderung pesimis, maka bisa jadi self talk yang dilakukan sifatnya negatif dan bisa menjadikan seseorang menjadi stres dan tertekan.

Nah, untuk self talk positif tentu saja memiliki manfaat yang positif juga. Lalu apa saja manfaatnya?

Membangun Kekuatan Mental

Manfaat self talk positif yang pertama yaitu bisa membangun kesehatan mental. Jadi, orang yang sering berpikiran positif akan cenderung punya mental yang kuat. Jadi, bisa jauh dari permasalahan seperti stres, depresi, dan juga kecemasan.

Mempunyai Perspektif Baru Ketika Masa Sulit

Pada saat seseorang sedang dalam masa kesulitan dan banyak ujian, biasanya permasalahan tersebut akan menambah kesusahan hidup jika orang tersebut selalu berpikir negatif.

Nah, jika itu terjadi pada diri Anda sebaiknya Anda jangan berpikiran negatif. Akan tetapi, Anda perlu melakukan self talk yang positif.

Sebab, melakukan self talk yang positif bisa membantu diri Anda untuk memiliki perspektif baru. Dengan begitu, masa-masa sulit bisa menjadi terasa lebih ringan. Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih semangat untuk bangkit kembali dari masa-masa sulit tersebut.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Positive self talk juga bisa bermanfaat untuk membantu seseorang dalam membangun rasa percaya diri. Tak hanya itu, seseorang juga akan merasa lebih baik dengan apa yang terjadi di dalam hidup mereka.

Sebenarnya, jika Anda mempunyai percaya diri yang tinggi, maka tujuan hidup bisa menjadi lebih mudah tercapai.

Menjaga Kesehatan Fisik

Tak hanya baik untuk kesehatan mental dan emosional saja, bicara dengan diri sendiri yang positif juga bermanfaat untuk kesehatan fisik seseorang. Kebiasaan positive self-talk bisa menjadikan tubuh seseorang menjadi lebih bugar. Bahkan bisa mencegah seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan memperkuat daya tahan tubuh seseorang.

Manfaat self talk positif juga bisa menjadikan seseorang tumbuh menjadi pribadi yang baik. Maka dari itu, mulai saat ini biasakan memiliki pikiran yang positif dan hindari selalu berpikiran negatif.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top