You are here
Home > Traveling >

Desa Wisata Unik di Indonesia Ada yang Sudah Terkenal di Luar Negeri

Desa Wisata Unik di Indonesia Ada yang Sudah Terkenal di Luar Negeri
Bagikan Artikel Ini

Bingung mencari destinasi wisata liburan? Mungkin desa wisata unik di Indonesia ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbanganmu. Liburan memang saat-saat yang sangat dinanti. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak potensi wisata unik.

Berbagai daerah di Indonesia menyimpan keindahan sendiri-sendiri. Kampung atau desa wisata adalah salah satu destinasi berlibur yang seru.

4 Desa Wisata Unik di Indonesia

Jika kamu mau mencoba suasana yang baru, mungkin desa wisata adalah jawabannya. Indonesia memiliki berbagai kampung wisata dengan keindahan masing-masing.

Kampung Batik

Pertama ada Kampung Batik yang terletak di Semarang. Pada awalnya, Kampung Batik hanyalah sebuah daerah yang kurang terawat.

Kemudian timbullah keinginan dari masyarakat untuk membuat kampung tersebut menjadi menarik. Mereka akhirnya memanfaatkan potensi masyarakat yang ada.

Kampung Batik saat ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang ramai pengunjung di Semarang. Terdapat berbagai macam batik yang juga bisa kamu beli. Ada juga kelas batik dan mural yang bisa menjadi objek fotomu.

Desa Panglipuran

Pulau Bali adalah salah satu daerah yang terkenal dengan potensi wisatanya. Ada desa wisata unik di Bali, yaitu Desa Panglipuran.

Memiliki luas sekitar 112 hekter, sebagian besar masyarakat desa ini bekerja sebagai petani, pengrajin bambu dan peternak. Desa ini sangat sejuk dan jauh dari polusi.

Saat memasuki desa ini, kamu tidak akan mendapati kendaraan bermotor maupun mobil. Karena itulah desa wisata ini juga mendapat penghargaan kalpataru karena kebersihannya.

Desa Wae Rebo

Selanjutnya ada Wae Rebo, yaitu desa wisata unik di Indonesia yang sudah mendunia. Dalam kawasan desa ini hanya terdapat 7 rumah utama.

Ruma tersebut dihuni oleh lebih dari satu keluarga. Uniknya, rumah-rumah di sana berbentuk khas kerucut. Untuk menuju ke desa ini pun memerlukan perjuangan yang cukup panjang. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, kamu harus sedikit mendaki untuk sampai ke sini.

Desa Baduy

Bagi kamu warga Jakarta juga bisa mencoba berkunjung ke desa satu ini. Desa Baduy terletak di Provinsi Banten. Untuk sampai ke desa ini kamu harus menuju ke Desa Ciboleger terlebih dahulu sebagai pintu masuk. Selanjutnya, dari Desa Ciboleger kamu harus trekking menyusuri hutan selama kurang lebih 5 jam.

Sesampainya di lokasi, kamu akan menemukan rumah dengan arsitektur yang terbuat dari bambu dan daun kering di bagian atasnya. Keunikan lainnya adalah sebagian besar rumah Baduy menghadap ke selatan.

Hal itu karena masyarakat suku Baduy yang masih memegang erat kepercayaan mengenai arah kiblat rumah. Masyarakat dari suku Baduy yang menghuni juga dapat kamu kenali dengan mudah karena ciri khasnya berpakaian putih dan menggunakan ikat kepala. Ada beberapa desa wisata unik di Indonesia dari berbagai daerah. Tertarik untuk mengunjunginya?

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top