You are here
Home > Berita Nasional >

Gempa 6.7 SM Guncang Banten, di Jakarta Kerasa Banget

gempa di Banten
Bagikan Artikel Ini

Pojokjakarta.com – Gempa 6.7 SM guncang Banten dan sekitarnya. Guncangan begitu terasa hingga di gedung-gedung tinggi. Hal tersebut terbukti dari unggahan video di Twitter dimana gempa tersebut berhasil bikin masyarakat panik.

Terjadi pada hari Jumat (14/1/2022) pada kedalaman 10 km di bawah permukaan laut. Posisi spesifiknya adalah pada koordinat 7.01 LS dan 105.26 BT yang tepat terjadi pada 52 km Barat Daya, Sumur, Banten.

Meskipun demikian, gempa 6.7 SM guncang Banten ini juga terasa di Ibukota. Dimana banyak masyarakat yang begitu panik dengan adanya gempa tersebut. Sehingga tidak menunggu waktu lama, gempa tersebut begitu viral di jagat media sosial.

Para Pekerja Berhamburan Keluar Gedung

Selain masyarakat yang di luar bangunan panik, masyarakat di dalam gedung pun juga panik. Para pekerja begitu berdesakan dan berhamburan keluar gedung untuk menghindari bangunan-bangunan dengan begitu khawatir.

Menurut beberapa orang di DKI Jakarta, gempa kali ini begitu kuat. Guncangannya begitu terasa, sehingga tidak heran jika banyak orang yang panik dan keluar dari gedung dengan tergesa-gesa.

Syukurnya, gempa yang termasuk kuat ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Meskipun demikian, gempa susulan masih berpotensi terjadi. Sehingga, masyarakat perlu waspada terhadap gempa susulan yang kemungkinan besar bisa terjadi.

Selain terasa di Jakarta, gempa ini juga terasa di Depok dan wilayah kabupaten Bogor. Hal tersebut membuktikan jika kekuatan gempa ini tidak main-main. Sehingga, tidak heran jika masyarakat yang merasakannya panik dan rela berhamburan keluar gedung.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika belum bisa memastikan akan ada gempa susulan atau tidak. Hanya saja, pihak BMKG menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Banten dan sekitarnya untuk tidak panik dan terus waspada.

Sebab, panik itu juga berbahaya. Bisa malah lebih berbahaya dari gempa itu sendiri. Maka dari itu, masyarakat diharapkan untuk tetap siaga terhadap adanya gempa susulan dan meminimalisir dengan berbagai cara.

Cara Menghadapi Gempa yang Benar

Pada dasarnya, sudah hal yang wajar kepanikan terjadi saat gempa. Namun hal tersebut memang harus dibiasakan dan diminimalisir. Sebab, kepanikan bisa membuat seseorang menjadi hilang pikiran.

Sehingga, apapun yang dilakukan tidak bisa dipikirkan secara jernih. Ada beberapa tips menghadapi gempa yang bisa Anda terapkan, antara lain:

  • Segera berlindung di bawah meja
  • Pastikan kepala Anda terlindungi oleh alat
  • Jauhi gedung atau bangunan yang berpotensi bisa roboh
  • Pergi ke tempat yang lapang atau terbuka
  • Jika sudah reda, coba cari perlindungan
  • Hubungi keluarga terdekat jika sudah ada di tempat aman
  • Terus berdoa dan membantu sesama

Dengan melakukan beberapa cara di atas, korban gempa bumi kemungkinan bisa diatasi. Mengingat gempa adalah salah satu bencana yang terjadi secara mendadak, maka perlu kewaspadaan saat menghadapinya.

Leave a Reply

Top