You are here

Manfaat Sayur Bening Oyong Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Sayur Bening Oyong Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Bagikan Artikel Ini

Terlalu diremehkan ternyata sayur bening oyong atau gambas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Sayur ini banyak tersedia di pasaran dan sangat cocok jika diolah menjadi sayur bening oyong. Oyong termasuk tumbuhan cucurbitaceae yang tumbuh di daerah beriklim subtropis dan tropis.

Sering dikenal sebagai Sponge Gourd, Bath Sponge, Labu Dish-Cloth, Towel Gourd, Sponge Wash-Rag, Rag Gourd, Scrubber Labu, dan Smooth Luffa.

Ragam Manfaat Sayur Bening Oyong Untuk Kesehatan

Mencegah Nyeri Otot

Kalium yang terdapat dalam oyong bisa menyeimbangkan cairan dan membantu untuk mengendurkan otot. Kalium yang rendah menyebabkan kram, nyeri dan kejang.

Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

Vitamin B5 yang terdapat pada oyong bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida. Kemungkinan Anda yang menderita penyakit kardiovaskular Bisa berkurang.

Mencegah Anemia

Vitamin B6 yang terdapat dari sayur oyong bisa memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin membantu untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga bisa mencegah anemia.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung pada sayur oyong bisa mengurangi kulit kering keriput dan memperlambat penuaan. Selain itu vitamin C sangat penting untuk membentuk tendon kulit ligamen dan pembuluh darah. Vitamin C membantu dalam proses penyembuhan jaringan parut dan proses penyembuhan luka.

Mengurangi Radang Sendi

Tembaga dalam sayur oyong memiliki sifat anti inflamasi yang menenangkan rasa sakit dan kekakuan yang terkait dengan radang sendi.

Mengatasi Diabetes Tipe Dua

Sayur ini banyak mengandung magnesium untuk mengurangi diabetes tipe dua karena magnesium sangat penting untuk metabolisme glukosa. Mengkonsumsi 100 mg magnesium bisa mengurangi diabetes sebesar 5 persen.

Untuk Mengatasi Migrain

Jumlah magnesium yang tidak mencukupi pada tubuh bisa menyebabkan sakit kepala sebelah. Magnesium membantu untuk menyeimbangkan neurotransmitter pada tubuh. Menurut studi dalam Expert Review Of Neurotherapeutics, magnesium mampu menurunkan kekambuhan sakit kepala migrain.

Kisah Melawan Mikroba

Manfaat oyong dipercaya bisa melawan berbagai mikroba penyebab penyakit seperti virus, infeksi jamur dan bakteri. Para ahli Mengemukakan, sayur oyong yang sudah menjadi bubuk mengandung etil asetat dan metanol.

Mengatasi Sinusitis

Sebuah penelitian mengemukakan penggunaan produk Homeopati yang terkandung ekstrak oyong kalium dan lungmoss selama dua minggu bisa mengatasi berbagai sinusitis. Tetapi penelitian masih menindaklanjuti untuk membuktikan manfaat oyong ini.

Mengatasi Alergi

Sebuah studi menjelaskan bahwa semprotan hidung homeopati mengandung histamin, ekstrak sayur oyong, galphimia, sulfur dan glauca bisa mengatasi gejala rhinitis alergi. Dalam penelitian penderita rhinitis alergi bisa menggunakan semprotan hidung homeopati sebanyak empat kali selama sebulan lebih. Efek ini sama dengan penyemprotan hidung yang mengandung obat.

Melangsingkan Tubuh

Manfaat sayur bening oyong yang terakhir, oyong bisa menurunkan berat badan. Sama halnya seperti mentimun yang memiliki kadar air yang tinggi. Bukan hanya itu oyong juga mengandung serat yang tinggi dan rendah lemak jenuh, hal ini menyebabkan sayur oyong bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Itulah manfaat sayur bening oyong bagi kesehatan tubuh. Jangan sepelekan lagi oyong atau gambas karena manfaat yang yang terdapat pada sayur ini sangat banyak. Semoga bermanfaat!

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top