You are here
Home > Berita Nasional >

Cara Mencegah Rasa Takut untuk Penderita Megalophia

Cara Mencegah Rasa Takut untuk Penderita Megalophia
Bagikan Artikel Ini

Megalophobia merupakan suatu kecemasan atau ketakutan saat penderita bertemu dengan objek yang besar. Belum diketahui dengan pasti apa sebenarnya penyebab phobia ini. Tetapi bisa saja ini timbul lantaran pengalaman buruk dengan objek besar sehingga menyebabkan sebuah trauma. Ingin mengetahui lebih dalam tentang megalophobia? Bagaimanakah cara mencegah rasa takut untuk penderita megalophobia?

Gejala dan Objek yang Ditakuti Pengidap Megalophobia

Orang yang menderita megalophobia tidak cuma mengalami ketakutan ketika bertemu dengan objek besar, tetapi pula merasakan gejala seperti sesak napas, diare, muntah, sakit perut, pusing, berkeringat, detak jantung cepat, nyeri dada ringan, tubuh gemetar, menangis, dan panik.

Beragam objek besar yang terdapat di kehidupan setiap hari bisa mendorong ketakutan berlebih pada penderita megalophobia. Objek itu misalnya lautan luas, hewan besar seperti paus, kendaraan besar seperti pesawat, bus, kereta, truk, pegunungan, bukit, ruangan besar, patung, monumen, dan gedung tinggi.

Pengobatan Megalophobia

1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif adalah teknik penyembuhan yang paling biasa dilakukan bagi pengidap megalophobia. Teknik pengobatan ini dilaksanakan dengan cara memotivasi pengidap membuang rasa takutnya saat melihat objek besar. Dalam hal ini pengidap dipacu untuk dapat berpikir dengan lebih rasional.

Di dalam terapi ini, penderita diminta untuk melawan rasa sakitnya dengan cara memiliki pola pikir bahwa rasa ketakutan pada objek besar itu tidaklah beralasan. Harapannya sesudah menjalankan terapi ini pengidap akan lebih berani saat bertemu dengan objek yang dia takuti.

2. Terapi Eksposur

Pada terapi ini penderita megalophobia dipertemukan dengan benda-benda berukuran besar dengan tujuan buat membuang rasa takutnya.

3. Terapi Bicara

Pada teknik penyembuhan ini pengidap diajari untuk mengatasi rasa takutnya dengan membahas apa yang tengah ia takuti. Dalam pada ini, pengidap megalophobia diajari untuk membicarakan obrolan yang ada kaitannya dengan objek besar.

4. Terapi Kelompok

Dalam terapi kelompok ini akan mengikutsertakan banyak orang yang terdapat di dalamnya. Yaitu sebanyak 5-15 penderita dilatih oleh 1-2 orang psikiater. Keinginannya dalam sesi kelompok ini pengidap terbiasa untuk melakukan interaksi dengan orang lain sehingga dapat menaikkan kemampuan sosialisasi.

5. Obat-obatan

Sesungguhrnya belum ada obat-obatan yang dapat dianjurkan untuk penderita phobia. Tetapi saat penderita megalophobia telah ada di tahap takut yang parah umumnya dokter akan memberikan resep berbentuk serotonin-norepinephrine reuptake inhibitors, obat penghambat beta (beta-blockers), dan selective serotonin reuptake inhibitors.

Cara Mencegah Rasa Takut untuk Penderita Megalophobia

Untuk penderita megalophobia, rasa takut pada objek besar tidak dapat lenyap secara instan, tetapi perlu waktu lama dengan progress yang berkala. Hal ini dapat dilakukan dengan menjalani terapi ke psikiater maupun melatih mental pribadi dengan membiasakan untuk melihat objek besar secara pelan-pelan.

Di samping itu, pengidap pun dapat melakukan teknik relaksasi dimana mereka dipinta untuk melakukan persiapan sebelum melihat objek besar dengan jalan latihan pernapasan. Lalu pengidap megalophobia disarankan untuk menata gaya hidupnya scara lebih sehat dan terarah yaitu mengonsumsi makanan sehat, mengontrol stres, senam yoga, bersosialisasi, dan melakukan olahraga secara rutin.

Pengidap megalophobia mesti selalu dikendalikan kegiatannya dan pula diawasi setiap kemajuan yang sudah mereka lalui. Penting diingat bahwa penyembuhan dengan cara terapi dan mengonsumsi obat-obatan tak dapat dilakukan secara langsung sehingga butuh adanya dukungan dari keluarga atau orang-orang terdekat.

Dengan bantuan itu diharapkan menciptakan dorongan yang tinggi untuk pengidap megalophobia sehingga ketakutannya akan lekas hilang. Poin pertama yang mesti ditekankan pada penderita megalophobia bahwa mereka mesti mengubah pola pikirnya tentang ketakutan pada benda besar lantaran sesungguhnya ketakutan itu tidaklah beralasan.

Leave a Reply

Top