You are here
Home > Berita Nasional >

5 Cara Menghemat Kuota Youtube, Meski Sering Menonton Tayangan Videonya

Cara Menghemat Kuota Youtube
Bagikan Artikel Ini

Belakangan platform Youtube memang banyak digemari, mulai dari penonton hingga pembuat konten kreator. Perlu diketahui bahwa Youtube ternyata juga dapat dilakukan pengaturan untuk menghemat kuota. Hingga tidak sedikit orang yang mulai mempraktikkan cara menghemat kuota Youtube, baik melalui smartphone bertipe iOS maupun android. Walaupun sering dipergunakan untuk melihat tayangan video

Di samping besaran kuota dapat dihemat, Youtube juga memiliki pengaturan terhadap resolusi video yang dimiliki. Misalnya dengan merubah kualitas video hingga menjadi data saver yang diketahui lebih rendah dalam memakan data. Dengan kata lain lebih hemat, namun konsekuensinya kualitas video maksimal hanya berukuran 480 p. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota di Youtube:

1. Mengatur Youtube Supaya Tidak Tampil Dalam Kualitas HD Ketika Memakai Data 

Bukan rahasia lagi jika resolusi video yang bertipe HD termasuk memakan data yang lebih banyak apabila dilakukan perbandingan terhadap video kualitas biasa. Guna bisa melakukan pengurangan terhadap resolusi videonya secara otomatis bisa dijalankan dengan tahapan berikut:

  • Pengguna bisa mencoba untuk membuka aplikasi Youtube lewat smartphone, lalu masuk di menu profil. 
  • Pilih menu setelan atau settings. 
  • Lanjutkan dengan mengklik tulisan General. 
  • Lakukan pengaktifan pada bagian Limit Mobile Data Usage. Dengan begini video yang tampil akan dalam kualitas biasa, sementara untuk penggunaan wifi kualitas video akan kembali pada resolusi HD. 

2. Mengurangi Durasi Preview 

Dalam platform smartphone, pihak Youtube telah menyediakan layanan berupa preview video dengan durasi 10 detik. Namun pengguna bisa mengatur ulang durasi tersebut dengan menguranginya menjadi 5 detik. Untuk itu pemakaian kuota juga lebih hemat setengahnya. Untuk caranya seperti berikut:

  • Langkah pertama tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya, yaitu pengguna bisa membuka aplikasi Youtube lalu masuk di menu profil. 
  • Klik pada bagian menu Settings. 
  • Lanjutnya dengan melakukan klik di menu General. 
  • Kemudian klik pada tulisan Double-tap to seek. 
  • Pilih bagian 5 detik dari yang sebelumnya 10 detik .

3. Skip Iklan Di Awal Video 

Cara lain yang juga bisa dipakai guna menghemat penggunaan kuota di Youtube adalah dengan skip iklan yang tayang di awal video. Pasalnya iklan itulah yang diketahui paling banyak menyedot kuota pengguna. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

  • Unduh suatu aplikasi untuk menghemat kuota. 
  • Klik tombol dengan tulisan Skip Ad jika sudah muncul guna melewati iklan yang tayang. 
  • Aplikasi ini tidak tercantum di Play Store, hingga membutuhkan cara pengunduhan khusus. 

4. Menggunakan Aplikasi Youtube Go

Jenis aplikasi ini memang telah didesain dengan cara spesifik untuk melakukan pengurangan terhadap pemakaian kuota. Tampilan yang dihadirkan cukup minimalis serta tersedia pilihan kualitas video sebelum melakukan tayangan. Aplikasi ini tidak memiliki fasilitas layanan berupa tombol like, komentar, inbox dan lainnya. Hal ini lantaran Youtube Go diperuntukkan untuk orang yang hanya ingin menikmati video semata. 

5. Memakai Ponsel Berlabel Youtube Signature Device 

Jenis smartphone ini memang diketahui mempunyai fasilitas berupa teknologi decoding terbaru. Dengan begitu tahapan untuk buffering tergolong lebih singkat serta tampilan video cenderung lebih hidup. Deretan ponsel yang telah memiliki layanan ini memang tergolong cukup sedikit karena hanya tersedia bagi varian flagship saja. 

Sekian pembahasan terkait 5 cara menghemat kuota Youtube yang dapat dilakukan walaupun pengguna sering melihat berbagai video. Hal ini perlu dilakukan lantaran Youtube merupakan satu dari beberapa aplikasi yang banyak digunakan saat ini. Selain dapat menghibur dan membantu penonton yang membutuhkan informasi, Youtube juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi para konten kreator.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top