You are here
Home > Berita Nasional >

Yuk Pahami Tanda-tanda Thalassophobia dan Penyebabnya Secara Mendalam

Yuk Pahami Tanda tanda Thalassophobia dan Penyebabnya Secara Mendalam
Bagikan Artikel Ini

Thalassophobia merupakan bagian dari phobia spesifik dimana pengidapnya merasa ketakutan yang berlebihan terhadap perairan yang luas dan dalam seperti lautan misalnya. Ketakutan yang dialami seseorang itu terjadi secara intens dan berkelanjutan. Walaupun sepintas objeknya nampak sama tetapi sebetulnya thalassophobia berbeda dengan aqua phobia atau ketakutan berlebihan terhadap air. Seperti apa tanda-tanda thalassophobia?

Thalassophobia lebih sering berlangsung pada kaum wanita ketimbang pria menurut hasil dari riset yang pernah dilakukan. Rasa takut pada penderita thalassophobia bukan sebatas pada airnya saja, tetapi lebih kepada apa yang tersembunyi di dalam lautan maupun samudera.

Thalassophobia bersumber dari bahasa Yunani yang terbagi dari kata thalassa dan phobia. Thalassa mempunyai arti laut, sedangkan phobos yang berarti takut. Jadi dari sisi bahasa, thalassophobia mempunyai pengertian rasa takut terhadap laut. Meski demikian thalassophobia sendiri memiliki arti yang lebih luas yakni ketakutan pada badan air yang nampak berbahaya, luas, dalam, dan gelap.

Di sinilah letak ketidaksamaannya dengan aquaphobia yang artinya ketakutan terhadap air. Thalassophobia tidak cuma sekadar perasaan takut terhadap air semata tetapi pula pada apa-apa yang tersembunyi di dalam luasnya lautan itu sehingga nampak selaku lokasi yang menakutkan.

Gejala dan Tanda-Tanda Thalassophobia

Pengidap thalassophobia umumnya akan mengalami disamping menyulut ketakutan dan kecemasan secara psikis juga menyebabkan berbagai gejala terhadap fisik pengidapnya. Gejala dan tanda-tanda fisik yang menandakan timbulnya gangguan kecemasan thalassophobia diantara adalah :

  • Pusing-pusing
  • Badan berkeringat
  • Sesak napas
  • Napas lebih cepat
  • Mual
  • Sakit kepala ringan

Sementara itu gejala psikis atau emosional yang dialami oleh pengidap thalassophia diantaranya:

  • Rasa takut dan kecemasan itu akan timbul dan dirasakan oleh pengidap saat bersentuhan langsung dengan perairan dalam maupun lautan contohnya saat naik kapal laut ataupun naik pesawat yang lewat di atas perairan.
  • Merasa mesti melarikan diri sesegera mungkin
  • Timbulnya rasa takut terhadap malapetaka yang dialami akan terjadi cepat
  • Perasaan terpisah dari situasi
  • Rasa kewalahan
  • Muncul kecemasan

Faktor Penyebab Thalassophobia

Memang hingga sekarang belum diketahui secara pasti berapakah jumlah pengidap thalassophobia. Tetapi penelitian memberikan data bahwa gangguan kecemasan itu lebih kerap dialami oleh wanita ketimbang pria. Lantas apa sajakah faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang menderita thalassophobia itu?

1. Genetika (Keturunan)

Thalassophobia dapat diakibatkan oleh adanya faktor genetika atau keturunan. Seseorang yang mempunyai keluarga seperti orang tua yang mengidap thalassophobia lebih memiliki potensi menderita hal yang sama yakni merasa takut pada laut maupun samudera.

2. Kejadian Traumatis

Seseorang dapat pula menderita thalassophobia sebab terlampau kerap mendengar cerita orang lain mengenai peristiwa buruk di lautan seperti kapal laut yang mengalami kecelakaan. Faktor yang lainnya ialah orang itu sempat merasakan ataupun melihat dengan mata kepala sendiri peristiwa buruk di lautan.  Semua peristiwa itu menjadi sesuatu yang bersifat traumatis sehingga menyebabkan mereka mempunyai rasa kecemasan dan ketakutan berlebihan.

3. Perkembangan Otak

Seseorang yang pertumbuhan otaknya belum sempurna lebih memiliki risiko menderita thalassophobia. Hal itu disebabkan otak belum dapat merespon secara baik rasa takut yang dirasakannya. Sehingga seseorang itu menjadi tidak rasional dalam menyikapi rasa takut itu dan jadi suatu phobia.

Nah, dari uraian di atas dapat dipahami bila thalassophobia merupakan rasa takut yang tidak rasional dan berlebihan terhadap lautan ataupun samudera yang luas serta dalam. Sebaiknya pengidap meminta bantuan dari psikiater ataupun psikolog bila telah mengetahui adanya tanda-tanda thalassophobia supaya phobia itu dapat diatasi dengan tepat.

Leave a Reply

Top