You are here
Home > Berita Nasional >

6 Tips Membangun Rumah Tangga yang Bahagia

Membuat Rumah Tangga Selalu Terasa Bahagia 1
Bagikan Artikel Ini

Salah satu tujuan orang-orang ketika menikah ialah untuk mendapatkan kebahagiaan diri. Tetapi dalam menjalankan rumah tangga, kerapkali terdapat banyak rintangan yang mesti dialami oleh pasangan. Entah itu rintangan kecil ataupun besar. Lantas bagaimanakah tips membangun rumah tangga supaya kehidupan sesudah menikah terasa lebih harmonis dan bahagia?

Beberapa tips sederhana ini dapat diterapkan untuk membangun rumah tangga yang terasa bahagia.

Meluangkan Waktu

Tips membangun rumah tangga bahagia yang pertama ialah meluangkan waktu. Dalam bidang Psikologi, arti cinta didefinisikan dengan amat luas. Tetapi dalam praktik rumah tangga, kehadiran cinta saja tidaklah cukup untuk membuat setiap pasangan berbahagia.

Terdapat banyak sekali permasalahan yang dikira realistis yang perlu dilakukan sehingga dapat menambah keharmonisan rumah tangga. Salah satu diantaranya ialah meluangkan waktu bagi pasangan dan keluarga di rumah. Dalam kaitan ini meluangkan waktu dimaknai sebagai usaha mencoba memberikan waktu bagi keluarga bagaimanapun kondisinya. Misalnya dengan mengajak keluarga liburan bersama, memberikan waktu istirahat pada pasangan, atau meluangkan waktu bermain dengan anak.

Menjaga Ucapan

Ketika hidup bersama dengan orang lain dalam satu atap selaku suami dan istri, sesungguhnya keduanya memang sudah bersepakat untuk menerima pasangannya dengan seluruh hati. Namun setiap manusia akan melalui hidup yang naik-turun. Jika orang itu merasa bahagia, tentunya tak akan menjadi soal untuk keduanya. Bahkan pihak pasangan akan turut merasa senang.

Tetapi bagaimana ketika mereka ditimpa kesedihan dan kesulitan? Di sini fungsi keluarga adalah untuk saling memberikan semangat serta dukungan bagi pasangannya. Cobalah untuk cuma memakai kata-kata positif yang bisa menciptakan hubungan baik sekalian membuktikan kalau Anda selalu membantu pasangan Anda, janganlah membanding-bandingkan pasangan, berbicara kasar terhadap pasangan.

Saling Mengalah

Saat seseorang memilih untuk menginjakkan hidupnya pada mahligai rumah tangga, maka mereka tak lagi anak-anak yang malas berpikir panjang. Pada tahap ini, Anda mesti dapat menumbuhkan dan mempraktikkan sikap saling mengalah di antara pasangan. Pikiran dan sikap egois mesti betul-betul dihilangkan supaya dapat hidup bersama dengan bahagia.

Ketika rasa marah meluap di dalam hati, seseorang condong akan mengambil keputusan yang keliru. Oleh sebab itu mengalahlah ketika hubungan rumah tangga memanas dan kembali bicarakan permasalahan yang dihadapi ketika kepala serta hati telah lebih tenang.

Saling Menjaga Hak dan Kewajiban

Dapat dikatakan, rumah tangga layaknya susunan organisasi tersederhana yang dibangun bersama orang paling dekat dengan kita. Dimana ayah akan berfungsi selaku seorang pemimpin, ibu sebagai pengelola, dan anggota keluarga yang lainnya sebagai pengawas bagi diri sendiri. Hak dan kewajiban tiap-tiap anggota keluarga mesti dilakukan dengan baik supaya rumah tangga dapat bahagia dan berjalan lancar.

Menjaga Komunikasi

Tidak sedikit keluarga modern sekarang ini yang membuat komunikasi sebagai salah satu problem terbesar dalam rumah tangganya. Mereka tak lagi dapat meluangkan diri walau cuma untuk berbicara dengan nyaman dan menanyakan apa kebutuhan setiap anggota keluarga.

Inilah yang kelak menyulut berbagai konflik dalam rumah tangga yang nantinya menimbulkan keluarga tidak harmonis. Agar bisa menjaga komunikasi yang baik dengan keluarga, janganlah lupa luangkan untuk saling kirim kabar. Jika tak dapat bertemu secara langsung, komunikasi dengan keluarga terus dapat dijalin lewat pesan singkat atau telepon.

Hubungan Intim

Hubungan intim sering merupakan persoalan utama dalam sebuah rumah tangga. Beberapa orang mengklaim kalau hubungan intim merupakan kunci penting rumah tangga bahagia. Hal ini lantaran seks telah menjadi naluri serta keperluan rohani manusia. Untuk itulah tidak boleh lupa bicarakan masalah ini kepada pasangan.

Demikianlah beberapa tips membangun rumah tangga bahagia yang dapat dipraktikkan. Mudah-mudahan dengan mengenali hal ini, Anda dapat menjaga keharmonisan dengan pasangan jadi semakin baik.

Leave a Reply

Top