You are here
Home > Berita Nasional >

Cara Cek Bansos Bulan Juli Dengan Memakai Situs Resmi Milik Kementerian Sosial

cara cek bansos bulan Juli
Bagikan Artikel Ini

Bantuan Sosial atau yang sering disebut dengan Bansos merupakan sebuah program dari pemerintah untuk warga yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Sementara jadwal pencairan merupakan salah satu bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat penerima Bansos. Untuk itu cara cek Bansos bulan Juli bisa dilakukan melalui situs resmi milik Kementerian Sosial.

Ditambah lagi saat ini tengah terjadi pandemi virus Corona yang berdampak di sejumlah sektor, meliputi sektor kesehatan, ekonomi dan lainnya. Maka dari adanya dampak tersebut pemerintah menggelontorkan sejumlah dana bantuan untuk membantu masyarakat. Berikut informasi terkait Bansos yang akan cair di bulan Juli ini:

Bansos Yang Dapat Dilakukan Pengecekan Lewat Situs

Situs website Bansos yang telah disediakan oleh pihak Kemensos dapat diakses untuk berbagai macam bantuan sosial yang diperuntukkan bagi segenap warga masyarakat. Pasalnya diketahui bahwa macam bantuan yang diberikan oleh pemerintah tidak hanya satu saja melainkan ada beberapa. Diantara bantuan tersebut yang bisa dicek lewat situs terkait adalah seperti BST yang merupakan kepanjangan dari Bantuan Sosial Tunai.

Kemudian ada juga Program Keluarga Harapan atau banyak yang mengenalnya dengan sebutan PKH. Ditambah dengan BNPT atau bisa juga disebut dengan Bantuan Pangan Non Tunai. Wujud bantuan setiap jenis Bansos memang berbeda satu sama lain. Untuk kategori bantuan sosial jenis BST serta PKH dana yang akan diterima sebesar 600 ribu rupiah dengan kualifikasi bulan Mei dan Juni.

Kabarnya kedua jenis bantuan tersebut akan ditambahkan dengan beras. Sementara untuk kategori BNPT wujud bantuan yang akan diberikan bukan dinominalkan dalam bentuk uang tunai, melainkan berwujud sembako untuk konsumsi sehari-hari. BNPT sendiri termasuk dalam bantuan reguler yang tujuannya adalah memperkecil jumlah kemiskinan yang ada.

Cara Pengecekan Data Bantuan Sosial

Langkah yang dibutuhkan sebagai cara cek Bansos bulan Juli dapat dilakukan memakai beberapa tahapan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama pengguna harus masuk di laman situs yang telah disediakan terlebih dahulu, adapun situs tersebut adalah cek bansos.kemensos.go.id.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna bisa mengisi kolom Provinsi, dilanjutkan dengan Kabupaten, lalu Kecamatan, serta yang terakhir adalah Desa atau Kelurahan.
  • Baru setelah proses sebelumnya selesai, dapat dilanjutkan dengan mengisi nama dari Penerima Manfaat atau sering disebut dengan istilah PM yang disesuaikan dengan KTP.
  • Pengguna bisa mengetikkan sejumlah 8 digit huruf yang merupakan tampilan bentuk dari kode captcha.
  • Apabila kode yang didapati kurang tampak jelas oleh pengguna, maka langkah yang bisa diambil adalah dengan mengklik ‘refresh’ guna memperoleh kode baru.
  • Terakhir yaitu klik pada bagian menu ‘Cari Data’.

Dari proses yang telah dilakukan tersebut, maka sistem akan bekerja dengan sendirinya untuk melakukan pencarian terhadap nama PM yang disesuaikan dengan alamat terkait. Dimana alamat tersebut merupakan alamat yang telah diisikan dalam kolom sebelumnya. Selanjutnya sistem tersebut akan melakukan perbandingan terhadap data yang terdapat pada database milik Kemensos.

Pengguna bisa memperhatikan data yang tertera dengan seksama. Lalu pastikan bahwa data yang diketikkan sebelumnya telah sesuai dan benar. Apabila pengguna termasuk dalam golongan penerima bantuan, serta kolom isian sudah terisi dengan benar. Maka nantinya nama pengguna bakal tampil dalam situs hasil pencarian.

Demikian ulasan mengenai cara cek Bansos bulan Juli yang dipakai untuk memantau data para penerima Bansos. Pengecekan ini bisa dilakukan melalui situs yang telah disediakan. Adapun jenis bantuan yang dapat dilakukan cek melalui situs tersebut meliputi Bantuan Langsung Tunai, kemudian ada juga Bantuan Pangan Non Tunai, tidak ketinggalan ada Program Keluarga Harapan.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top