You are here
Home > Berita Nasional >

Ini 7 Kota di Indonesia dengan Internet Terkencang

Kota di Indonesia dengan Internet Terkencang
Bagikan Artikel Ini

Tingkat pemakaian internet di Indonesia sudah begitu tinggi, seiring dengan kemajuan teknologi saat ini. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan layanan internet untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan.  Fasilitas internet di Indonesia pun semakin memuaskan dari hari-hari. Berikut adalah 7 kota di Indonesia dengan internet terkencang yang membuat penduduknya merasa nyaman:

1. Jakarta

Sebagai kota metropolitan yang banyak dihuni oleh milenial, Jakarta tentu menyediakan fasilitas internet yang sangat memuaskan. Kecepatan download di kota ini mencapai 28,86 Mbps dan upload 20,28 Mbps. Sementara itu untuk latensinya mencapai 16ms. Kota ini memang sudah seharusnya menyediakan layanan internet tercepat mengingat banyak kegiatan perkantoran dan bisnis yang dijalankan di sana.

2. Bekasi

Sering dianggap remeh, nyatanya Bekasi justru menghadirkan koneksi internet tercepat kedua setelah Jakarta. Kota ini seringkali dijadikan bahan lelucon di media sosial padahal fasilitas internet di sana sangatlah memuaskan. Kecepatan download bisa mencapai 24,79 Mbps dan upload 16,3 Mbps. Lalu untuk nilai latensinya mencapai 19ms, masih lebih besar daripada nilai latensi internet di Jakarta.

3. Depok

Kota ini juga memiliki kecepatan internet yang sangat memuaskan. Penduduk Depok pasti sangat nyaman dengan fasilitas internet yang tersedia. Kecepatan download internet di Depok mencapai 23,56 Mbps. Sementara itu untuk kecepatan upload bisa mencapai 10,51 Mbps. Nilai latensi koneksi internet di kota ini ada di angka 16ms, sama dengan layanan internet yang dihadirkan ibu kota.

4. Palembang

Kota di Indonesia dengan internet terkencang selanjutnya adalah Palembang. Kota ini juga tercatat punya koneksi internet yang sangat memuaskan. Kecepatan downloadnya ialah 23,32 Mbps dan upload sebesar 12,03 Mbps. Meskipun memang nilai latensinya terpaut jauh dengan Jakarta dan kota-kota lain. Nilai latensi koneksi internet di kota ini mencapai angka 23ms.

5. Semarang

Setelah Palembang, ada kota Semarang yang juga menawarkan fasilitas internet tercepat di tanah air. Semarang punya fasilitas internet dengan kecepatan download 22,94 Mbps serta upload 17,32 Mbps. Sementara itu nilai latensi koneksi internetnya sama dengan Bekasi yaitu berada di angka 19ms. Semarang sendiri juga menjadi salah satu kota rantau dimana banyak milenial pengguna internet tinggal di sana.

6. Medan

Selanjutnya ada Medan yang juga dikenal memiliki fasilitas internet terkencang di Indonesia. Sebagai salah satu kota besar di tanah air, tak heran jika Medan juga menawarkan koneksi internet yang memuaskan. Kota ini menyediakan fasilitas internet dengan kecepatan download 22,93 Mbps dan upload 12,64 Mbps. Sayangnya nilai latensi koneksi internet di Medan masih tergolong besar yaitu mencapai angka 22.

7. Bandung

Berikutnya ada kota Bandung yang juga menawarkan koneksi internet kencang. Kota ini juga menjadi salah satu lokasi kota besar dan dijadikan sebagai tujuan rantau anak muda di tanah air. Bandung menawarkan koneksi internet cepat berkekuatan download mencapai angka 22,31 Mbps. Sementara itu untuk kecepatan upload-nya, kota ini menghadirkan koneksi internet berkecepatan 11,59 Mbps.

Namun ada yang membuat fasilitas internet di Bandung lebih unggul dari Jakarta. Nilai latensi koneksi internet di Bandung lebih singkat dari Jakarta yaitu 14ms. Hal ini juga yang membuat fasilitas internet di kota ini terhitung memuaskan.

Itulah 7 kota di Indonesia dengan internet terkencang. Setiap kota di tanah air saat ini berusaha menghadirkan fasilitas koneksi internet terbaik bagi warganya. Mengingat koneksi internet menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan, maka tiap kota harus memiliki fasilitas ini demi kenyamanan warganya.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top