You are here
Home > Relationship >

Masalah Dalam Hubungan LDR Penting Untuk Diantisipasi, Apa Saja?

Masalah Dalam Hubungan LDR Penting Untuk Diantisipasi Apa Saja
Bagikan Artikel Ini

Sumber masalah dalam hubungan LDR penting untuk anda pikirkan sebelum anda menjalani hubungan ini. Hampir sebagian orang yang pernah menjalani LDR menyatakan jika hubungan tersebut cukup sulit untuk dijalankan.

Pada saat pasangan menjalani LDR, yang menjadi kendala utama adalah sangat sulit untuk saling menjaga cinta. Masalah akan lebih sering muncul, dan akhirnya akan menjadi sulit untuk mempertahankan hubungan.

Oleh karena itu, menjalani hubungan jarak jauh, tentu akan menghadapi hambatan yang dapat dikatakan cukup menantang. Diperlukan adanya komitmen serta kedewasaan yang kuat untuk dapat bertahan.

Banyak hal yang perlu anda pertimbangkan dalam menjalankan hubungan jarak jauh. Terpisah jarak yang cukup jauh membuat masalah menjadi lebih sulit untuk dihindari serta diselesaikan.

Pada umumnya, di awal hubungan perlu adanya peraturan atau hal-hal yang perlu disepakati bersama. Hal ini bertujuan agar hubungan jarak jauh dapat berjalan dengan baik.

Mengetahui Sumber Masalah Dalam Hubungan LDR

Terpisah jauh dengan pasangan mempunyai tingkat kemunculan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan jenis hubungan lainnya. Kepercayaan masing-masing akan diuji, kesetiaan akan dipertanyakan, serta kemandirian pun akan dilatih. Maka tak jarang akhirnya terjadi perpisahan dalam suatu hubungan LDR.

Menjalankan Long Distance Relationship memang tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karena itu, perlu anda pertimbangkan kembali untuk menjalani hubungan ini. Terkadang komunikasi yang baik pun tidak cukup. Diperlukan adanya kesabaran tingkat tinggi saat menjalani LDR.

Oleh karena itu, dalam mempertahankan hubungan asmara jarak jauh memerlukan adanya usaha ekstra dari sepasang kekasih. Belum lagi berbagai masalah yang sering muncul pada pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh seringkali membuat jalinan asmara tidak bertahan lama.

Apabila anda dan pasangan memutuskan untuk menjalani adanya hubungan jarak jauh, maka sebaiknya anda mempersiapkan diri untuk menghadapi semua tantangan yang akan menghadang. Atasi masalah yang datang dalam hubungan tersebut, jangan sampai justru berujung dengan perpisahan yang tidak diinginkan.

Sesuai dengan pendapat seorang pakar hubungan menyatakan bahwa terdapat tiga langkah yang perlu diperjuangkan para pasangan LDR saat terjadi perselisihan. Melawan masalah bukan malah melawan satu sama lain, membahas satu topik dalam satu waktu, serta jangan meninggalkan sebelum masalah tersebut terselesaikan dengan tuntas.

Sumber Masalah dalam Hubungan LDR

Berikut ini beberapa masalah dalam hubungan LDR, antara lain:

Posesif

Terlalu posesif serta selalu mengontrol semua hal yang dilakukan oleh pasangan justru akan memperburuk keadaan. Pasangan yang makin posesif serta selalu curiga dengan semua hal yang kita lakukan justru akan membuat tidak nyaman.

Posesif yang terlalu berlebihan dapat menjadi racun tersendiri dalam hubungan jarak jauh. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sikap saling percaya agar mempunyai hubungan yang sehat.

Kurangnya Komunikasi

Jarak serta perbedaan waktu terkadang dapat mengubah seseorang. Adanya perubahan prioritas membuat komunikasi berkurang dengan pasangan. Hal ini justru dapat membahayakan hubungan LDR yang sedang berjalan.

Terutama ketika berjarak setiap masalah yang terjadi tidak dapat diselesaikan dalam satu waktu. Selain itu, tingkat kesibukan anda dan pasangan dengan pekerjaan yang dijalani akan membawa celah pada hubungan kalian.

Rasa Cemburu

Munculnya rasa cemburu merupakan masalah yang paling sering muncul dalam hubungan jarak jauh. Mengingat adanya jarak yang memisahkan serta intensitas komunikasi yang kurang.

Maka tidak heran jika akan muncul rasa curiga dan cemburu. Adanya cemburu yang berlebihan dan saling menyakiti tentu akan menimbulkan masalah yang cukup besar dalam hubungan yang dijalankan.

Berselisih Paham

Adanya perdebatan serta pertengkaran akan mewarnai perjalanan hubungan jarak jauh. Terutama jika muncul rumor yang sulit diklarifikasi dalam hubungan.

Hal ini tentunya akan sulit untuk saling berpikir jernih saat berkomunikasi. Maka utamakan klarifikasi terlebih dahulu sebelum muncul tuduhan yang macam-macam. Kedepankan kesabaran satu sama lain agar hubungan tetap bertahan.

Perselingkuhan

Masalah dalam hubungan LDR selanjutnya yang mungkin terjadi adalah adanya perselingkuhan. Jika tidak ada komitmen kuat untuk saling menjaga keutuhan hubungan, maka perselingkuhan dapat saja terjadi. Godaan untuk mendua atau munculnya orang ketiga seringkali sulit dihindari. Pada kondisi ini, kesetiaan benar-benar di uji dalam hubungan LDR.

Tips Menjalankan Hubungan LDR

Bagi anda yang saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh, penting untuk mewaspadai kemungkinan masalah yang akan terjadi. Dengan demikian, anda dapat mengantisipasi agar keharmonisan hubungan dapat terjaga dengan baik.

Meskipun banyak masalah dalam hubungan LDR, bukan berarti anda tidak dapat menjalankan dengan baik serta mempertahankan hubungan yang telah anda jalankan. Terdapat beberapa tips menjalani hubungan LDR, antara lain:

Menemukan Sumber Masalah

Adanya pertengkaran pada hubungan jarak jauh dapat berlangsung lebih sering, lebih lama. Bahkan terkadang membuat kedua belah pihak merasa lelah.

Dalam pertengkaran tersebut, terkadang masing-masing pihak tahu apa yang menjadi sumber masalah. Jika hal ini dibiarkan terus berlarut-larut, justru akan menjadi masalah yang cukup besar dalam hubungan LDR. Maka cobalah untuk berhenti berdebat.

Cari tahu sumber masalah dalam hubungan LDR. Ambil waktu anda untuk menemukan hal-hal yang memicu munculnya masalah di antara kalian. Dengan demikian, masalah pun dapat anda diskusikan dengan baik untuk memperoleh jalan keluar yang terbaik.

Komunikasi yang Jujur

Pasangan yang menjalani hubungan LDR sering melewatkan detail kecil untuk dapat menghindari perdebatan. Meskipun hal ini justru sering menggiring adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Maka cobalah untuk berkomunikasi secara terbuka, transparan atau jujur sehingga dapat mendorong tumbuhnya rasa percaya diri satu sama lain. Pada saat rasa percaya itu menguat, maka akan mendukung jalannya hubungan jarak jauh menjadi lebih baik.

Jangan Menyerah Satu Sama Lain

Dengan berbagai masalah yang muncul saat menjalani hubungan LDR, tidak semuanya harus berakhir dengan kemungkinan terburuk. Kedua belah pihak harus berjuang bersama-sama. Jangan mudah menyerah ataupun meninggalkan.

Tips menjalani hubungan jarak jauh lainnya adalah adanya saling pengertian, saling kompromi, serta hindari perdebatan yang tidak penting. Dengan demikian, anda dan pasangan dapat mengantisipasi apapun masalah dalam hubungan LDR yang mungkin terjadi pada jalinan kisah asmara anda.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top