You are here

Anda Kehilangan Motivasi? Bangkitkan dengan 5 Cara Ini!

Anda Kehilangan Motivasi Bangkitkan dengan 5 Cara Ini.
Bagikan Artikel Ini

Terkadang dalam hidup kita kehilangan motivasi dan asa. Ini dialami pada semua orang, kendatipun pada mereka yang selalu tampak ceria dan  optimis. Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang kehilangan motivasi. Bisa lantaran kekecewaan, kehilangan, kegagalan, dan masih banyak lagi. Bila Anda merasa tidak ada motivasi dalam hidup dan membuat Anda bingung, usahakanlah untuk tak membiarkannya berlama-lama. Segera bangkitkan lagi!

Pasalnya membiarkannya cuma akan membuat Anda semakin terpuruk dan susah untuk bangkit. Cobalah untuk mulai peka dan menyadari keadaan yang sedang dialami. Kemudian barulah mencari hal-hal positif yang dapat Anda lakukan untuk bersemangat lagi. Berikut hal yang dapat dilakukan saat Anda merasa kehilangan motivasi.

Janganlah Lupa Berdoa dan Berikan Afirmasi yang Positif

Walau kehilangan motivasi, tidak berarti Anda kehilangan Tuhan Anda. Ketika hidup terasa demikian berat, maka jangan lupa berdoa untuk memberikan afirmasi terhadap diri sendiri. Afirmasi yang dimaksud ialah kata-kata positif yang dapat membangkitkan semangat Anda. Aktivitas ini barangkali terkesan remeh, tetapi bila dijadikan rutinitas maka akan memberikan pengaruh yang hebat. Karena bagaimana kita mengawali hari dapat menentukan bagaimana jalannya hari itu.

Sempatkanlah waktu selama 15 hingga 30 menit untuk berdoa dan menyajikan afirmasi positif di pagi hari. Anda dapat membanggakan diri sendiri menurut keadaan dan masalah yang sedang Anda hadapi.

Percaya dengan Kemampuan Diri Sendiri

Percayalah kalau kegagalan itu bukanlah sebuah identitas, tetapi pembelajaran hidup yang berharga. Yakinkanlah pada diri Anda sendiri kalau kegagalan hari ini meruapakan jalan setapak yang akan mengantarkan Anda menuju gerbang kesuksesan. Demikian pula sebaliknya, bila Anda tak pernah gagal, berarti Anda tak pernah melakukan apa-apa.

Saat Anda kehilangan motivasi, percayalah terhadap kemampuan diri Anda sendiri. Bila merasa kurang, teruslah berusaha sampai meraih standar ideal. Setiap manusia mempunyai potensi hebat untuk berkembang sebab kita dikaruniai akal, perasaan indera, dan tubuh yang baik.

Cobalah Ketahui Progres dan Apresiasi Diri

Saat kehilangan motivasi, apa yang Anda lakukan? Membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain atau malahan mencoba untuk bangkit? Bila Anda memilih yang pertama, ada baiknya segera hentikan. Karena membanding-bandingkan diri Anda dengan orang cuma akan membuat Anda menjadi kurang percaya diri, merasa tidak berdaya, merasa tertinggal, dan terjebak dalam pikiran negatif.

Ketimbang membandingkan diri sendiri dengan orang lain, sebaiknya bandingkan saja diri Anda yang saat ini dengan di masa dulu. Sudahkah Anda berubah menjadi lebih baik lagi? Kenalilah progres-progres kecil yang berhasil Anda lakukan. Kemudian jangan lupa apresiasi diri Anda sendiri sebab telah berhasil melaluinya. Akan tetapi, janganlah pernah berpuas diri dan selalu ingin lebih baik dari hari sebelumnya.

Berikan Apresiasi untuk Diri Sendiri

Tidak ada salahnya untuk memberikan penghargaan bagi diri sendiri. Dengan demikian Anda akan selalu termotivasi untuk bergerak maju dan menilai diri sehingga jadi lebih baik. Ambillah waktu untuk beristirahat dengan menjalankan hobi, menonton drakor (drama Korea), atau hanya untuk tidur. Menjalani hal ini bukan berarti Anda bermalas-malasan. Lakukanlah secepatnya, kemudian bergegaslah untuk berlari lagi.

Berkumpul dengan Orang-orang yang Positif

Lingkungan akan berdampak pada hidup kita. Lingkungan akan menyajikan dampak yang berarti untuk pembentukan pola pikir, kebiasaan, dan karakter. Oleh sebab itu, kita mesti pandai-pandai memilih lingkungan yang baik serta positif.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat Anda dihadapkan pada kebingungan dan kehilangan motivasi dalam menjalankan hidup. Selamat mencoba dan mudah-mudahan artikel ini berguna.

Leave a Reply

Top