You are here
Home > Relationship >

Hubungan Tanpa Status, Berikut Ciri-Ciri dan Cara Keluar dari Jebakannya

Hubungan Tanpa Status Berikut Ciri Ciri dan Cara Keluar dari Jebakannya
Bagikan Artikel Ini

Hubungan tanpa status merupakan hubungan dua orang yang saling menyayangi serta bertindak seolah-olah seperti orang pacaran meski belum ada label jelas mengenai ikatan hubungan tersebut. Menjalani hubungan tanpa adanya kejelasan seperti ini nantinya akan sangat melelahkan.

Terutama bagi mereka yang sangat berharap dapat memperjelas hubungan yang mereka jalani tersebut. Di saat anda telah berusaha melakukan yang terbaik untuk pasangan anda. Namun sosok yang anda sayangi tersebut malah tidak ingin berkomitmen pada hubungan yang telah kalian jalin.

Dia hanya hanya menganggap jalinan cinta yang anda rasakan sebagai suatu hubungan yang tanpa ada kejelasan atau status. Oleh karena itu, saat menjalin hubungan percintaan dengan seseorang, jangan sampai anda hanya diberikan harapan palsu. Penting bagi anda untuk mengenali tanda-tanda dari hubungan tanpa adanya kepastian ini.

Mengenal Ciri-Ciri Hubungan Tanpa Status dan Cara Keluar dari Jebakannya

Hubungan tanpa adanya status mungkin menjadi pilihan beberapa orang. Akan tetapi tidak jarang, terdapat orang yang tak sadar jika dirinya sedang terjebak dalam hubungan tersebut. Sebenarnya hubungan ini bukan menjadi fenomena yang aneh di tengah masyarakat.

Dengan dalih ingin mengekspresikan rasa cinta, akan tetapi merasa takut atau belum siap untuk berkomitmen. Seringkali hal tersebut menjadi dasar mengapa hubungan tanpa adanya kejelasan atau status nampak lebih menarik.

Meskipun pola hubungan ini sangat dihindari, akan tetapi pada kenyataannya, ada saja pasangan yang memilih untuk menjalani HTS (hubungan tanpa status) dibandingkan dengan mengikrarkan hubungan dalam status yang lebih jelas. Bahkan lebih parahnya lagi, terdapat beberapa orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terjebak dalam HTS.

Ciri-Ciri Hubungan Tanpa Status

Sebelum anda jatuh terlalu dalam pada hubungan yang tidak jelas atau tanpa status, sebaiknya anda mengenali ciri-ciri dari hubungan tersebut dari awal. Hal ini agar anda tidak tertipu terhadap hubungan yang tidak tentu arahnya. Berikut ini beberapa tanda-tanda bahwa anda berada dalam hubungan tanpa status, antara lain:

Tidak Pernah Membahas Mengenai Komitmen

Suatu hubungan yang serius tentunya akan dibangun atas dasar komitmen antara kedua belah pihak. Namun apabila anda dan pasangan tidak pernah membahas mengenai komitmen, maka anda perlu mempertanyakan keseriusan akan hubungan yang sedang kalian jalani.

Terutama jika ditanya mengenai komitmen dan si dia selalu menghindar atau mengeluarkan kalimat sakti “jalanin saja dulu”, maka anda perlu waspada akan hal ini. Pasangan yang serius tentu paham ke mana hubungan tersebut akan dibawa. Karena hubungan yang serius pada umumnya mempunyai tujuan yang pasti.

Komunikasi yang Tidak Menentu

Salah satu ciri yang cukup menonjol dalam hubungan tanpa status adalah adanya komunikasi yang tidak menentu. Terkadang anda dapat berkomunikasi secara lebih intens, akan tetapi terkadang pasangan juga dapat menghilang begitu saja tanpa adanya kabar sama sekali.

Saat menjalani HTS, anda tidak dapat memaksakan untuk terus memberikan kabar. Pasalnya, anda beserta pasangan tidak terikat dalam hubungan jelas yang mengharuskan untuk selalu memberi kabar.

Hadir Ketika Butuh

Dalam hubungan tanpa status, tidak jarang salah satu pihak hanya datang pada saat butuh saja. Ciri-ciri ini dapat anda kenali saat hubungan ini telah berlangsung lama dengan si dia.

Namun dengan adanya hal ini, anda tidak bisa marah begitu saja, karena memang tidak ada komitmen yang mendasari hubungan yang telah terjalin. Bisa jadi, salah satu pihak hanya datang pada saat ia memerlukan bantuan atau sedang haus kasih sayang. Semua hal tersebut sangat mungkin terjadi dalam HTS.

Langkah Keluar dari Hubungan Tanpa Status

Dalam hubungan yang sehat, idealnya dua orang yang berkomitmen akan saling berusaha untuk membahagiakan satu sama lain. Namun, sayangnya hal ini sering tidak terjadi pada HTS. Pada hubungan ini, salah satu pihak saja yang berusaha lebih sedangkan satu pihak hanya menerima tanpa memberi.

Hal ini tentu sangat melelahkan bukan? Oleh karena itu, HTS sebenarnya kurang sehat untuk dijalani. Namun bagi anda yang sudah terlanjur menjalani hubungan ini dan ingin sekali keluar dari hubungan tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

Tanyakan kepada Pasangan Mengenai Pandangannya Tentang Hubungan Komitmen

Pada saat pasangan tidak mau memberikan kejelasan mengenai hubungan kalian, mungkin ada trauma tersendiri yang mendasari atas HTS tersebut. Mungkin dia mengalami hal buruk sehingga takut akan hubungan tersebut.

Anda dapat mencoba menanyakan pandangan dia akan hubungan komitmen. Apakah dia menginginkan hubungan yang lebih serius. Jika dari awal dia sudah tidak mempercayai adanya komitmen, hal ini yang menjadi alasan mengapa anda terus digantung dalam hubungan tidak jelas.

Jelaskan Tujuan Anda Menjalin Hubungan dengan Dia

Setelah anda mengetahui pandangan dia mengenai hubungan komitmen, maka anda perlu memberitahukan tujuan anda dalam hubungan tersebut.

Beritahu dia jika anda benar-benar menyayanginya dan ingin menjalin hubungan yang serius. Dengan begini, secara tidak langsung anda memberitahukan bahwa hubungan yang tidak jelas selama ini membuat anda kurang nyaman.

Buat Batasan Hubungan yang Lebih Tegas

Jika anda masih saja berada dalam hubungan tanpa status, maka anda perlu memberikan batasan pada diri anda sendiri. Jangan sampai anda mengorbankan diri anda sendiri untuk dia.

Hubungan tanpa adanya kejelasan membuat anda berhak untuk hidup layaknya jomblo. Anda masih dapat mengincar lawan jenis lain, pasangan tidak berhak meminta anda untuk menjaga hati serta setia dengan dia. Sementara dirinya tidak mau berkomitmen dengan anda.

Kerugian Menjalani Hubungan Tanpa Status

Hingga saat ini tidak semua orang dapat menerima dengan baik pasangan yang sedang menjalin sebuah HTS. Akan selalu ada pandangan negatif terhadap anda dengan hubungan yang anda jalin tersebut.

Wanita yang menjalin hubungan tanpa status seringkali dianggap sebagai wanita gampangan, bodoh, serta tidak laku. Padahal pada kenyataannya, hal tersebut tidak selalu benar. Sedangkan pria yang menjalin HTS akan dicap playboy atau laki-laki yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, hindari anggapan miring tersebut.

Jika sampai batas waktu yang anda tentukan tidak ada kejelasan akan hubungan anda dengan dia, maka sebaiknya anda melepasnya pergi saja. Tidak baik terus-menerus terjebak dalam hubungan tanpa status yang tidak mempunyai masa depan. Hal ini justru hanya akan menghalangi cinta sejati anda.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top