You are here
Home > Ekonomi >

Kenaikan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran 2021, Masih Stabil

Kenaikan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran 2021 Masih Stabil
Bagikan Artikel Ini

Kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran 2021 kabarnya mengalami kestabilan harga. Dalam beberapa pemantauan juga sudah terjadi bahwa terdapat kenaikan sementara namun tidak lama.

Hal ini juga terungkap dan memastikan bahwa pasokan kebutuhan bahan pokok dari Ramadhan hingga menjelang ramadhan cenderung stabil.

Tahun 2021 ini juga terjadi banyak peninjauan langsung agar tidak terjadi penimbunan bahan yang mengakibatkan lonjakan harga. Hal ini menjadi antisipasi yang baik bagi pasokan.

Info Kenaikan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran 2021

Dalam lapangan memang sempat terjadi kelonjongan harga beberapa bahan pokok pada saat menjelang Ramadhan tahun ini. Namun kenaikan tersebut tidak terlalu berarti, bahkan cenderung masih stabil dan segera kembali normal.

Hal ini berlangsung selama Ramadhan 2021, meskipun tidak dipungkiri terjadi peningkatan beberapa barang namun tidak terlalu seperti biasanya. Setelah berlangsung hingga sudah mendekati lebaran harga bahan pokok masih tetap stabil.

Bahkan hingga H-2 ini, catatan juga memperlihatkan hal serupa. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokok pada lebaran tahun ini.

Mungkin hal ini juga terdampak dari anjuran untuk tidak mudik. Pandemi Covid-19 ini benar-benar mempengaruhi setiap aspek dalam kehidupan.

Harga Stabil

Kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran ini terjadi di beberapa bahan pokok saja. Seperti daging sapi, minyak dan telur yang cukup signifikan.

Namun tidak terlalu jauh seperti biasanya, hal ini bahkan masih tergolong wajar. Para penjual juga mengeluhkan akan keuntungan berdagang nya tidak seperti musim lebaran biasanya.

Mereka hanya bisa bergantung untuk menutup modal awal. Hal ini cukup membuat kabar yang tidak menyenangkan, pasalnya biasanya lebaran identik dengan keramaian dan kemeriahan.

Namun di daerah tertentu mengalami kenaikan hampir seluruh bahan pokok. Tidak terlalu jauh namun juga cukup naik dari harga normal.

Kebijakan Pemerintah

Beberapa kesempatan bahkan pihak berwenang juga melakukan pengecekan keamanan yang memeriksa keamanan pangan. Hal ini akan menjamin tidak ada bahan yang membahayakan bagi kesehatan.

Karena kebijakan dari pemerintah untuk larangan mudik ini maka semua tidak seramai dahulu. Perayaan lebaran 2021 juga masih dalam pembatasan dan serba terbatas.

Stok Bahan Pangan Setelah Lebaran

Jika terjadi pembatasan akan lebih mengkhawatirkan mengenai stok bahan setelah lebaran. Pasalnya pada saat menjelang lebaran otomatis akan dihabiskan agar tidak terjadi kerugian karena sudah membeli untuk dijual.

Nah sedangkan stok pada lebaran H+3 paling tidak para pedagang sudah mulai beraktivitas kembali. Hal ini demi ketersediaan bahan pokok masyarakat.

Namun apabila terjadi pembatasan akan ada kesulitan distribusi bahan. Hal inilah yang akan menimbulkan kesulitan memperoleh bahan pokok.

Tidak heran jika pemenuhan kebutuhan bahan pokok tidak seperti biasanya. Dengan segala pembatasan ini kita tetap bisa merayakan namun tidak semeriah jika ada saudara yang pulang kampung.

Mengatasi  Kenaikan Harga Bahan Pokok

Nah sebelum membahas cara mengatasi  kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran ini. Kita sebaiknya mempertimbangkan bagaimana harga pasar yang ada di daerah masing-masing.

Membeli pada Penjual Langganan

Alternatif ini mengacu pada sumber pasokan bahan pokok. Misalnya untuk membeli bahan dalam jumlah yang banyak ada dapat membelinya pada toko grosir dan mendapatkan harga yang lebih murah.

Bisa juga menggunakan jalur kenalan, jika anda sudah terbiasa membeli sebuah toko maka anda akan mendapatkan keistimewaan lebih. Hal ini termasuk dalam sebuah privilege sebagai langganan.

Tahukah anda jika membeli langsung pada produsen akan mendapatkan harga yang juga lebih murah. Dalam beberapa pengalaman bahkan pada tujuh hari mendekati lebaran para peternak ayam petelur akan mengobral ayamnya.

Hal ini akan membuat harga lebih murah daripada membeli di pasaran. Maka anda dapat membeli ayam dalam bentuk per ekor dengan harga yang lebih murah.

Pasar Tradisional

Kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran ini memang terjadi dalam setiap lapisan masyarakat. Namun sejatinya mereka yang memilih pasar tradisional sebagai pilihan berbelanja akan memberikan banyak keuntungan.

Tidak hanya itu jika membeli di pasar tradisional maka anda juga akan mendukung perekonomian. Perputaran uang pada masyarakat menengah kebawah ini akan ikut terdukung oleh pembelian yang anda lakukan.

Jadi usahakan untuk membeli kebutuhan pokok anda di pasar tradisional untuk mendapatkan harga yang murah dan juga justru membantu perekonomian. Bahan pokok juga malah fresh dari para petani yang baru saja memanennya.

Anda bisa membelinya pada pagi hari atau malam hari jika ingin mendapatkan bahan yang masih segar. Bisa juga pada malam hari anda pada saat para pedagang sedang membongkar muatan.

Menanam Sayur Sendiri

Jika terjadi  kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran anda yang terbiasa menanam bumbu dapur akan terbantu. Meski tidak banyak memiliki hasil panen namun akan membantu bahan sehari-hari anda.

Cukup mudah untuk anda lakukan dengan penanaman pada polybag. Namun juga bisa membuat kebun sendiri jika anda mempunyai lahan yang cukup.

Anda akan mendapatkan pasokan bahan pangan yang organik. Karena jika menanam atau merawat hewan sendiri kita kan mendapatkan bahan makan yang lebih sehat.

Gunakan pupuk kompos dan organik bisa juga pupuk kandang. Hal ini akan membuat makanan anda lebih sehat daripada membeli di pasaran.

Membeli Saat Promo

Dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran kita bisa memanfaatkan promo. Jika mendekati lebaran kita biasanya akan membutuhkan banyak kebutuhan yang meningkat.

Nah jika kita bisa mencari promo yang mendekati lebaran, maka akan lebih menguntungkan. Pasalnya, pada saat mendekati lebaran biasanya akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Promo mendekati lebaran biasanya dalam rangka menghabiskan stok yang sudah tersedia. Maka jika anda berminat untuk berdesak-desakkan untuk membeli bahan pokok.

Banyak sekali toko yang akan memberikan penawaran menarik pada menjelang ramadhan. Anda bisa menjadikannya referensi.

Siklus  kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran ini bisa anda siasati dengan beberapa cara diatas. Anda juga bisa memberikan pengalaman yang berhubungan dengan kenaikan bahan pokok ini pada kenalan anda.

Maka anda bisa mencobanya pada lebaran 2021 kali ini. Semoga kestabilan harga ini berlangsung hingga lebaran dan setelahnya, juga ketersediaan bahan pokok.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top