You are here
Home > Ekonomi >

Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan Untuk Meningkatkan Pendapatan

Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan Untuk Meningkatkan Pendapatan futuready.com
Bagikan Artikel Ini

Usaha rumahan di bulan Ramadhan menjadikan peluang usaha. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah untuk seluruh umat muslim. Tidak hanya itu, bulan ini memiliki banyak keutamaannya. Tentunya dalam memperoleh rezeki dengan usaha yang berkah.

Pada bulan puasa memberikan peluang usaha. Bagi anda yang ingin membuka usaha rumahan untuk bisa meningkatkan pendapatan ekonomi.

Inilah Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

Ada beberapa ide usaha rumahan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. Anda bisa memilih beberapa usaha rumahan berikut ini:

Menjual Takjil dan Minuman Segar

Saat berbuka puasa adalah momen yang paling dinantikan setelah seharian menahan lapar dan haus. Semua yang menjalankan ibadah puasa pasti akan membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka. Pada kesempatan itulah yang bisa menjadikan peluang usaha.

Menu takjil dan minuman segar sebagai hidangan yang tepat untuk berbuka puasa. Anda bisa mulai menjualnya di halaman rumah atau di pinggir jalan. Selain itu, anda juga bisa membawanya ke tempat kerja.

Dengan menjual takjil dan minuman segar, anda tidak hanya meningkatkan pendapatan ekonomi. Namun juga membantu orang yang mencari menu berbuka di tengah kesibukannya. Untuk memulai usaha ini, tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan modal Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta, anda sudah bisa mulai usaha rumahan di bulan Ramadhan ini.

Menjual Kue Kering

Anda bisa mencoba berjualan kue kering. Kue kering adalah makanan yang wajib pada saat Hari Raya Idul Fitri. Menjelang lebaran banyak orang yang ingin mencari kue kering.  Bagi anda yang bisa membuat kue kering, anda bisa mencoba usaha rumahan yang satu ini.

Sebelum memulai usaha ini, tentunya membutuhkan modal. Modal yang akan digunakan untuk kue kering bermacam-macam. Hal itu tergantung dengan jumlah dan jenis bahan yang akan digunakan. Mulai dengan modal ratusan ribu rupiah saja.

Menjual Busana Muslim

Berjualan busana muslim pada saat bulan Ramadhan akan lebih menguntungkan. Tidak hanya sebagai usaha rumahan di bulan Ramadhan. Bahkan juga bisa menjadikan bisnis tetap anda. Terlebih menjelang perayaan Idul Fitri, umat muslim kebanyakan akan membeli baju baru.

Tentunya yang akan digunakan pada saat lebaran tiba. Sebelum menjalankan ide bisnis ini, anda bisa menjadi reseller atau dropshipper. Hal itu agar tidak mengeluarkan modal banyak dan lebih praktis.

Menjual Perlengkapan Ibadah

Usaha rumahan lain yang bisa anda coba adalah menjual perlengkapan ibadah. Seperti sajadah, tasbih, Alquran, sarung, mukena, jilbab, dan kopiah atau peci. Perlengkapan ibadah permintaannya lebih meningkat selama bulan Ramadhan.

Tidak hanya untuk beribadah saat puasa. Namun banyak umat muslim yang melakukan donasi perlengkapan ibadah. Donasi untuk panti asuhan ataupun masjid-masjid.

Berjualan Kurma

Jenis makanan yang satu ini biasanya tersedia saat bulan puasa. Apabila tidak ada kurma saat Ramadhan, rasanya tidak lengkap. Makan kurma saat berbuka puasa yang merupakan sunnah Rasul. Selain itu, juga baik untuk kesehatan tubuh. Kurma bisa mengembalikan tenaga yang hilang, terutama seharian berpuasa.

Sehingga selama puasa segala jenis kurma banyak dijual di pasar dan supermarket. Anda juga bisa memanfaatkan momen ini sebagai usaha rumahan di bulan Ramadhan. Dengan berjualan kurma di depan rumah, keliling komplek, dan ikut bazar Ramadhan. Selain itu, juga bisa melalui media sosial dan membuka toko online di marketplace.

Usaha Katering Makanan

Bagi anak kos atau yang merantau, menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur cukup menyita waktu. Terlebih apabila memiliki kegiatan sehari-hari yang cukup padat. Sehingga akan memilih untuk membeli lauk atau order makanan.

Apabila anda memiliki keahlian memasak, anda bisa memanfaatkan kesempatan bulan puasa ini. Tentunya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi. Anda bisa menawarkan katering sahur dan berbuka. Dengan menyediakan pilihan harga paket terjangkau dan menu makanan menarik.

Menjual Buah-Buahan

Pada saat berbuka puasa, biasanya ditemani dengan aneka menu takjil. Ada yang membuat olahan takjil sendiri.  Seperti halnya dengan membuat minuman segar sendiri. Tidak hanya untuk pencuci mulut saat berbuka. Buah-buahan pilihan tepat untuk membuat aneka minuman segar sendiri.

Untuk itu, menjual buah-buahan merupakan ide usaha rumahan di bulan Ramadhan. Selain itu, juga bisa mendatangkan keuntungan. Anda bisa menjual aneka macam buah-buahan yang segar. Seperti buah apel, jeruk, pisang, nanas, jambu, dan yang lainnya.

Jasa Pembuatan Parsel

Usaha parsel lebaran juga bisa anda jadikan usaha yang tepat pada saat bulan Ramadhan. Pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat banyak yang mengirim parsel untuk sanak saudara. Selain itu, juga untuk teman atau klien kerjanya.

Pada kesempatan ini tentunya akan menjadikan usaha rumahan di bulan Ramadhan. Apabila anda ingin memulai membuka usaha parsel ini, anda perlu memiliki ide kreatif dalam menentukan isian parsel dan cara mengemasnya.

Isi dari parsel dan cara mengemas parsel akan menjadi daya tarik konsumen. Sehingga akan memesan parsel lebaran dari jasa anda. Oleh karena itu, anda perlu lebih kreatif dalam menentukan isi parsel dan pengemasannya.

Berjualan Kembang Api

Pada saat puasa dan menjelang lebaran, banyak permintaan masyarakat terhadap kembang api. Jenis yang banyak dijual adalah kembang api dan petasan. Untuk berjualan kembang api pun membutuhkan modal yang cukup besar. Namun anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 2 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Anda bisa mencoba usaha rumahan di bulan Ramadhan ini.

Berjualan Ketupat

Ketupat yang sering dijadikan sebagai simbol Hari Raya Idul Fitri. Apabila tidak ada ketupat, maka serasa ada yang kurang lengkap. Biasanya pada pertengahan puasa Ramadhan. Ketupat yang dimakan dengan menu opor ayam atau sayur labu siam. Tentunya akan membutuhkan kulit ketupat untuk membuat menu yang satu ini.

Apabila bisa membuat ketupat, maka anda bisa mencoba usaha rumahan ini. Untuk usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Sekiranya untuk membuat satu ketupat, hanya membutuhkan modal sebesar Rp 1.000 saja. Namun anda bisa menjualnya hingga 2 kali lipat sesuaikan harga pasarannya.

Beberapa pilihan usaha rumahan di bulan Ramadhan di atas bisa anda coba. Dengan menjalankan usaha rumahan, tentunya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi anda.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top