You are here

5 Perawatan Skizofrenia yang Tepat dan Ampuh

5 Perawatan Skizofrenia yang Tepat dan Ampuh
Bagikan Artikel Ini

Istilah Skizofrenia barangkali kedengaran cukup asing di telinga orang kebanyakan. Stigma yang menempel di sebagian masyarakat, penderita skizofrenia kerap dibilang seseorang yang mengalami gangguan jiwa atau ODGJ. Pasalnya mereka tidak jarang berhalusinasi lantaran jiwanya terganggu. Hal inilah yang menyebabkan beberapa orang menjalankan penanganan dengan cara yang salah seperti diasingkan atau dipasung. Padahal upaya perawatan skizofrenia amat penting dilakukan dengan tepat dan ampuh.

Nah, lantas bagaimanakah cara perawatan skizofrenia yang tepat dan ampuh itu? Simaklah ulasannya berikut ini.

Pelajari Penyakit Skizofrenia Lebih Dalam

Skizofrenia adalah gangguan mental yang biasa ditemui secara umum, dicirikan dengan ketidakmampuan untuk membedakan antara mana yang nyata dan imajinasi. Gejala dari skizofrenia umumnya pengidap kerap mendengar suara-suara yang berasal dari dalam kepala ataupun melihat sesuatu yang tak nyata.

Tetapi tak dikenali pasti penyebab penyakit ini. Biasanya timbulnya gejala disulut oleh beragam faktor, seperti penyalahgunaan narkoba, trauma, dan genetik. Memahami penyakit skizofrenia, gejala, dan penanganannya akan membantu Anda dalam membuat keputusan mengenai cara terbaik menangani gejala, memotivasi pengidap, mengatasi kemunduran, dan bekerjasama untuk pulih kembali.

Berkonsultasi dengan Komunitas Skizofrenia

Guna dapat memberikan dukungan dan perawatan yang lebih optimal, Anda memerlukan bantuan dari pihak lain. Berjumpa dan bertukar pikiran dengan mereka yang mengerti benar mengenai penyakit skizofrenia dan situasi yang Anda temui sekarang akan membantu mengurangi rasa ketakutan, frustasi dan stres.

Pandu Penderita Mendapatkan Perawatan Medis

Tidak sedikit penderita skizofrenia yang diasingkan malahan dipasung sebab adanya anggapan kalau penderita skizofrenia itu berbahaya. Padahal pandangan kalau orang gila senantias “gila” itu keliru. Tanda-tanda skizofrenia tidak selalu ada setiap waktu dan bisa saja cuma akan muncul bila disulut oleh satu dan hal lainnya. Maka akan ada waktu di mana pengidap dapat berinteraksi seperti orang normal kebanyakan.

Penderita skizofrenia kerap tidak menyadari kondisi mereka hingga mereka mendapatkan perawatan. Memotivasinya untuk menjalani perawatan medis supaya mengelola gejalanya merupakan cara yang baik untuk menangani lebih dini.

Selalu Dampingi Penderita

Perlu untuk memastikan kalau pengidap skizofrenia tetap di jalur pemulihan yang tepat, meskipun telah keluar dari masa rawat inap. Pengidap bisa mengakhiri perawatan skizofrenia atau berhenti berkunjung ke dokter untuk perawatan tindak lanjut. Dukungan dan dorongan Anda merupakan yang paling utama untuknya guna bisa meneruskan terapi itu.

Trik self-help dengan mengubah gaya hidup pun bisa dianjurkan untuk memulihkannya. Antara lain bergabung dengan kelompok dukungan serupa, berhenti merokok, berolahraga, bagaimana mengelola stres dan menerapkan pola makan sehat.

Jangan Mengakui Imajinasinya

Mereka yang menjalin hubungan dekat dengan pengidap skizofrenia kerap tidak yakin bagaimana caranya menanggapi saat mereka membuat pernyataan yang jelas-jelas salah atau aneh. Untuk pengidap skizofrenia halusinasi atau keyakinan aneh akan tetap terlihat nyata.

Ketimbang mengakui imajinasinya, Anda dan anggota keluarga lainnya bisa memberitahu mereka kalau Anda tak melihat dan mendengar hal-hal itu. Atau tak sepakat dengan pemikirannya sembari tetap mengakui apa yang dialami penderita. Hendaknya, ubahlah topik pembicaraan ke hal-hal lainnya yang Anda berdua sama-sama sepakat atau diganti dengan topik yang berbeda.

Demikianlah perawatan skizofrenia yang tepat dan ampuh diterapkan. Diharapkan dengan adanya artikel ini, Anda dapat lebih mengerti bagaimana cara merawat orang yang mempunyai keadaan skizofrenia. Anda pun akan amat disarankan untuk dengar pendapat dengan ahli kesehatan mental agar perawatan skizofrenia dapat berjalan aman karena sesuai anjuran medis.

Leave a Reply

Top