You are here
Home > Olah Raga >

Contoh Olahraga Ringan di Pagi Hari Agar Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Contoh Olahraga Ringan di Pagi Hari Agar Tubuh Menjadi Lebih Sehat
Bagikan Artikel Ini

Contoh olahraga ringan di pagi hari banyak sekali macamnya yang bisa anda lakukan. Rutin melakukan olahraga merupakan salah satu cara agar hidup selalu sehat.

Tentunya dengan pola makan yang benar dan di imbangi olahraga supaya tubuh tetap fit dan segar. Apalagi saat anda sedang ingin diet, tentunya harus bisa menjaga pola makan dan rajin berolahraga supaya hasilnya lebih maksimal.

Contoh Olahraga Ringan di Pagi Hari yang Mudah Anda Lakukan

Olahraga adalah kegiatan manusia untuk selalu menjaga kesehatan secara rohani dan jasmani. Aktivitas ini bertujuan guna membuat metabolisme yang ada di dalam tubuh agar berjalan lancar.

Sehingga dalam penyerapan distribusi sumber nutrisi dari makanan bisa bekerja lebih efektif. Bahkan dengan olahraga yang ringan sekalipun sudah mampu membuat tubuh anda terasa lebih segar.

Jenis olahraga ringan merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga ekstra. Meskipun begitu, namun olahraga ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan melakukan aktivitas ini, maka anda akan mendapat berbagai macam manfaat. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa anda lakukan ketika pagi hari.

Stretching

Contoh olahraga ringan di pagi hari yang pertama adalah dengan melakukan stretching. Kegiatan ini cukup mudah anda lakukan dan memiliki sejuta manfaat bagi tubuh.

Peregangan atau stretching biasanya dilakukan sebelum olahraga dan akan dilanjutkan dengan pemanasan. Dengan ini maka otot-otot yang ada di dalam tubuh akan lebih elastis.

Bahkan peregangan juga bisa mengurangi terjadinya cedera. Selain itu akan sangat berdampak baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Jalan Kaki

Berjalan merupakan kegiatan yang sangat mudah dan murah untuk anda lakukan setiap hari. Akan lebih baik lagi jika berjalan di lakukan ketika pagi hari tiba.

Karena tubuh akan memperoleh vitamin D dari cahaya matahari yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu juga bisa meningkatkan energi dalam tubuh dan mengurangi stress.

Jogging

Contoh olahraga ringan di pagi hari yang kedua dan hampir sama dengan jalan kaki adalah Jogging. Ini merupakan kegiatan lari-lari kecil yang sangat mudah untuk anda lakukan setiap hari.

Bahkan untuk melakukannya anda tidak harus jauh-jauh dari rumah, bisa berkeliling di sekitar kompleks. Supaya lebih nyaman, ada baiknya anda juga menggunakan sepatu olahraga khusus untuk jogging.

Banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan setelah melakukan kegiatan ini misalnya memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Selain manfaat, olahraga ini juga sangat ringan dan mudah anda lakukan kapan saja.

Naik Turun Tangga

Aktivitas yang satu ini cocok sekali untuk anda yang tidak ingin keluar rumah tapi ingin olahraga. Salah satunya adalah naik turun tangga, kegiatan ini terbilang sangat praktis dan efisien.

Sebelum melakukannya, sebaiknya anda stretching dahulu supaya otot tidak kaku. Kemudian anda bisa naik turun tangga bolak balik sampai anda benar-benar capek.

Ini bisa anda lakukan setiap hari terutama waktu pagi hari. Namun jika anda tidak punya tangga, bisa melakukannya di tempat yang permukaannya tinggi dan rendah dengan cara bergantian.

Bersepeda

Contoh olahraga ringan di pagi hari dan bisa disebut sebagai rekreasi adalah aktivitas bersepeda. Ini merupakan olahraga yang mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Selain hanya mudah tapi juga sangat nyaman karena kita hanya cukup mengayuh saja sambil berkeliling. Terlebih dilakukan ketika pagi hari yang masih memiliki udara begitu sejuk dan segar.

Tentunya jauh lebih nyaman dan anda bisa sambil menikmati pemandangan alam di sekitar. Ada banyak manfaat yang bisa anda rasakan seperti mengurangi stress, menyehatkan jantung dan masih banyak lagi.

Push Up

Ini merupakan olahraga yang sangat populer bahkan setiap kegiatan sekolah selalu ada. Namanya adalah pus up, aktivitas ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk anda yang ingin olahraga di pagi hari.

Pasalnya kegiatan yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Misalnya saja mampu membentuk otot tubuh, mulai dari otot dada, otot tangan, kaki dan lain-lain. Bahkan dengan push up, mampu membuat massa pada otot lengan bisa terbentuk.

Senam Aerobik

Bagi anda yang suka dengan aktivitas senam, contoh olahraga ringan di pagi hari ini bisa anda jadikan sebagai menu untuk mengawali kegiatan seharian anda. Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang sering dilakukan bersama-sama.

Kegiatan ini sangat menarik karena memiliki beragam manfaat yang baik. Dengan melakukan senam secara teratur, tubuh akan melepaskan hormon endorphin dengan jumlah yang sangat banyak.

Sehingga akan berdampak baik pada mood anda dan menjadikannya lebih bagus. Selain itu juga sangat baik untuk kesehatan tubuh salah satunya lengan akan terbebas dari rasa kaku.

Lompat Tali

Skipping atau lompat tali adalah salah satu olahraga ringan yang bisa anda lakukan ketika pagi hari. Bahkan ini merupakan olahraga yang sangat terkenal.

Kegiatan ini berguna untuk membakar kalori dalam tubuh dan melatih keseimbangan tubuh. Selain itu akan membuat tubuh anda terasa lebih segar dan ideal karena mampu menghilangkan kalori.

Yoga

Contoh olahraga ringan di pagi hari yang sangat baik untuk kesehatan mental, fisik maupun spiritual yaitu yoga. Latihan yoga bisa anda lakukan ketika pagi hari dalam keadaan perut masih kosong.

Aktivitas ini memang secara umum sering dilakukan oleh kaum wanita. Namun tak ada salahnya juga pria juga melakukannya.

Bahkan olahraga ini sangat efisien, mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang begitu banyak. Anda hanya butuh satu buah alas karpet atau matras agar lebih nyaman.

Untuk soal gerakannya anda bisa mencarinya di berbagai macam sumber, internet salah satunya. Karena olahraga ini memiliki banyak manfaat, seperti membuat pikiran akan lebih terasa tenang dan tubuh akan ringan.

Sit Up

Olahraga ini sangat ampuh dalam membakar kalori yang ada di tubuh manusia, terutama bagian sekitar perut. Ini merupakan aktivitas yang tepat jika anda sedang melakukan diet.

Contoh olahraga ringan di pagi hari ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan ideal. Anda bisa melakukannya selama kurang lebih hingga sepuluh menit dengan gerakan yang anda inginkan.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top