You are here

Sering Merasa Tertekan, Mungkin Anda Terkena Depresi

Sering Merasa Tertekan Mungkin Anda Terkena Depresi
Bagikan Artikel Ini

Anda sering merasa tertekan? Bila tidak ditangani dengan tepat, tekanan batin akan menyebabkan gangguan mental seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Maka dari itu, anda jangan menyepelekan perasaan seperti ini. Anda harus mengenal lebih dalam tentang tekanan batin dan cara mengatasinya.

Anda Sering Merasa Tertekan?

Rasa tertekan muncul karena anda merasa marah, gugup, dan frustasi berat. Tekanan batin masih dianggap normal bila dapat menghilang setelah 2 minggu. Bila tidak dapat merasa membaik, anda sebaiknya menghubungi dokter. Karena bisa saja anda terkena gangguan depresi.

Gejala yang Terjadi

Gejala yang akan dirasakan setiap orang berbeda-beda. Tetapi umumnya penderita gangguan ini akan mengalami khawatir, cemas, dan gugup secara berlebihan.

Tidak mudah berkonsentrasi, frustasi, dan mudah marah. Lebih baik menghindari bertemu seseorang dan tidak taat dengan peraturan. Tidak dapat merawat diri dengan baik, jarang atau tidak mau keluar, hasrat seks atau libido berkurang.

Ada juga beberapa kasus di mana penderita tekanan batin mudah mengalami sakit kepala, lemas dan tidak berenergi, nyeri dada, serta gangguan tidur.

Cara Mengatasi

Jika anda mengalami tekanan batin, anda harus mengenal kembali apa yang menyebabkan tekanan batin ini terjadi.

Coba Aktivitas yang Menyenangkan

Saat anda merasa terpuruk atau tertekan, coba anda lakukan aktivitas yang menurut anda menyenangkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah tubuh anda mengalami depresi secara berlebih.

Rajin Berolahraga

Olahraga memang selalu bermanfaat bagi tubuh. Dengan melakukan olahraga selama 30 menit sehari, akan membuat suasana hati anda lebih baik sehingga stres pun dapat berkurang.

Konsumsi Makanan Bergizi

Saat merasa tertekan, anda mungkin akan kurang merawat diri, bahkan sampai malas untuk makan. Inilah yang menyebabkan anda kekurangan asupan gizi dan nutrisi. Maka dari itu, saat anda mengalami tekanan batin, anda tetaplah menjaga pola makan agar anda tidak kekurangan gizi.

Istirahat Dengan Cukup

Sering merasa tertekan akan membuat anda sering begadang. Gejala tekan batin ini akan menjadi lebih parah jika anda kurang istirahat. Ada baiknya anda beristirahat selama 7-9 jam per harinya.

Agar anda dapat tidur dengan lelap, coba hindari makanan yang mengandung kafein dan alkohol dengan jumlah besar. Anda juga harus menjauhkan diri dari hal yang menunda tidur anda.

Curhat

Keluarga atau sahabat anda pasti dapat melakukan bantuan berupa dukungan emosional. Anda bisa menceritakan unek-unek yang membuat anda merasa tertekan.

Lakukan Konseling

Jika sering merasa tertekan anda dirasa sulit diatasi, anda bisa menghubungi psikiater atau psikolog. Hal ini untuk membantu anda menghilangkan rasa tekanan batin.

Penyebab Depresi Menyerang

Depresi merupakan jenis gangguan mental yang ditandai dengan suasana hati terus-menerus merasa tertekan, sehingga mengakibatkan menurunnya kualitas hidup sehari-hari.

Jika anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat depresi, risiko anda terkena gangguan ini akan semakin tinggi. Orang yang sering mengalami depresi biasanya terdapat ketidakseimbangan senyawa di dalam otaknya.

Depresi juga dapat disebabkan karena orang lain. Dalam hal ini, depresi bisa saja menyerang apabila pernah mengalami peristiwa seperti kehilangan anggota keluarga yang berharga, hubungan bermasalah, atau situasi yang membuatnya stres.

Itulah kemungkinan yang akan anda alami jika sering merasa tertekan. Jadi, anda jangan menganggap ini hal yang sepele. Bisa saja kalau kondisi seperti ini anda biarkan, malah akan semakin parah. Segera lakukan penanganan secara tepat dan cepat bersama ahlinya.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top