You are here
Home > Berita Nasional >

Program Vaksinasi Covid-19 oleh Joko Widodo Harus Selesai Tahun Ini

Program Vaksinasi Covid 19 oleh Joko Widodo Harus Selesai tahun Ini
Bagikan Artikel Ini

Program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan memberikan tantangan kepada Menteri Kesehatan yaitu Budi Gunadi. Program tersebut harus bisa selesai dalam waktu satu tahun ini. Semula Budi hanya menghitung program vaksinasi akan selesai pada kurun waktu sekitar 15 bulan.

Program Vaksinasi Covid-19 oleh Presiden

Joko Widodo mengatakan bahwa semua pihak harus dapat bekerja keras untuk menyelesaikan masalah pandemi virus Covid-19 ini. Ia berharap program vaksinasi bisa mempercepat penanganan pandemi tersebut dan aktivitas dapat kembali pulih seperti dahulu kala.

Program Perencanaan

Rencananya program vaksinasi Covid-19 ini akan dimulai pada minggu kedua pada bulan Januari ini atau pekan depan. Tahap pertama, vaksin diberikan oleh para tenaga kesehatan seperti para dokter bahkan perawatan di rumah sakit lainnya.

Setelah itu, dilanjutkan ke para polisi, TNI, guru dan selanjutnya masyarakat umum yang akan diberi vaksinasi. Ketika dalam rangka penyelenggaraan terhadap vaksinasi tersebut saat ini sudah didistribusikan sekitar 700.000 dosis vaksin pada 34 provinsi di Tanah Air ini.

Joko Widodo memastikan dalam proses distribusi vaksin ini akan berlanjut terus mengingat Indonesia yang telah mengamankan lebih dari 3 juta dosis vaksin.

Tahapan Pemberian Vaksin

Pada tahap pertama program pemberian vaksinasi Covid-19 yaitu sekitar 1,5 juta tenaga kerja kesehatan direncanakan akan selesai pada bulan Januari dan Februari. Ungkapan dari Budi setelah selesai rapat kabinet pada Rabu 6 Januari 2021 di Istana Negara Jakarta.

Setelah ke beberapa jumlah tenaga kerja kesehatan selanjutnya pemberian vaksinasi kepada 17 juta orang pada layanan publik serta 21 juta rakyat yang sudah lanjut usia. Berharap pemberian vaksin tersebut dapat digelar secepat mungkin.

Meskipun rencana akan digelar pada bulan depan yaitu Maret dan atau April, proses vaksinasi juga masih menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal tersebut sebagai upaya untuk mempersiapkan dan pemerintah harus mulai untuk mendistribusikan sejumlah vaksin.

Diharapkan kegiatan dalam program vaksinasi Covid-19 ini harus segera selesai pada tahun 2021 ini. Dengan langkah dan upaya yang harus ditempuh, maka dilakukan sedari awal supaya dalam penyelenggaraannya dapat terselesaikan dengan maksimal.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top