You are here
Home > Berita Nasional >

6 Tempat Wisata Dekat IKN Nusantara, Unik dan Amat Menakjubkan!

6 Tempat Wisata Dekat IKN Nusantara Unik dan Amat Menakjubkan
Bagikan Artikel Ini

Proyek pembangunan ibu kota di kawasan IKN Nusantara dicanangkan selesai pada tahun 2045 mendatang. Kawasan ini dinilai berpotensi tinggi, baik dari aspek kebudayaan ataupun keindahan alam. Ada beberapa pilihan tempat wisata dekat IKN Nusantara yang menarik untuk dikunjungi.

Sejumlah wisata yang ditawarkan antara lain terdapat kebun raya, desa wisata, dan masih banyak lagi. Tak usah bingung menetapkan tujuan, ini dia rekomendasi wisata dekat IKN Nusantara yang sayang untuk dilewatkan.

1. Titik Nol IKN Nusantara

Titik Nol IKN Nusantara sudah dibuka untuk umum semenjak 14 Maret 2022. Tempat ini dibuat dengan tujuan nantinya sebagai penanda pusat ibu kota baru. Untuk sampai di bangunan Titik Nol IKN Nusantara, wisatawan mesti berjalan kaki serta menuruni anak tangga berjumlah puluhan. Kecuali bangunannya yang unik plus menarik, kawasan seputar titik nol pun termasuk masih amat asri dan alami. Maka dari itu, wisatawan bisa merasakan atmosfer yang sejuk dan segar. Sebelum pulang, wisatawan dapat menyempatkan berfoto sebab bangunan titik nol dipandang amat ikonik dan instagramable.

2. Desa Budaya Pampang

Selaras dengan namanya, tempat tujuan wisata ini adalah desa adat yang menyajikan beragam kesenian dan budaya. Anda bisa menyambangi Desa Budaya Pampang di tepi kota Samarinda, tepatnya bersebelahan dengan bandara APT Pranoto Samarinda. Akses jalan yang menuju ke Desa Budaya Pampang termasuk cukup mudah dilewati.

Desa wisata ini populer menyajikan tarian khas dari suku Dayak yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Tak cuma wisatawan lokal, Desa Budaya Pampang pun banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Hal lainnya yang terkenal dari Desa Budaya Pampang ialah keindahan alamnya. Misalnya keindahan Sungai Pampang yang akan bermuara pada 3 air terjun sekaligus.

3. Kebun Raya Balikpapan

Kebun raya ini telah cukup terkenal, baik di kalangan masyarakat setempat ataupun wisatawan. Di Kebun Raya Balikpapan ini Anda bisa menemui banyak jenis tumbuhan. Kawasan ini adalah kawasan konservasi tumbuhan kayu yang mempunyai lebih dari 1200 spesies tumbuhan dilindungi. Di samping itu, ada rumah anggrek dengan koleksi lebih dari 200 jenis anggrek.

Kecuali itu, Kebun Raya Balikpapan pun mempunyai beberapa spot instagramable yang bisa digunakan untuk berfoto. Pada bagian tengah kebun, Anda akan menemukan adanya Embung Wain yang memiliki fungsi untuk menampung air hujan dan menambah keindahan.

4. Bukit Bangkirai

Bukit ini menawarkan suasana alam yang masih amat alami. Anda bisa mendatangi Bukit Bangkirai di kawasan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Anda perlu menempuh perjalanan dari pusat Kota Balikpapan dengan waktu kira-kira 1,5 jam.

5. Desa Wisata Mentawir

Di Desa Wisata Mentawir Anda akan dimanjakan dengan keberadaan area hutan mangrove dan hutan bambu yang rimbun. Keindahan alam mempesona yang ditawarkan oleh Desa Wisata Mentawir merupakan pesona tersendiri. Ada banyak terdapat spot menarik dan instagramable di area wisata ini sehingga cocok dimanfaatkan untuk berfoto. Desa wisata ini bisa dikunjungi di kawasan Penajam Utara.

6. Pantai Tanah Merah

Pantai ini bertempat di wilayah Tanjung Harapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Walaupun populer dengan julukan Pantai Tanah Merah, namun pantai ini tetap mempunyai hamparan pasir yang berwarna putih.

Pantai ini merupakan tempat tujuan menarik untuk dikunjungi bagi Anda yang hobi berkemah atau camping sebab ada area camping ground yang terbilang luas. Tak cuma berkemah, Anda pun bisa melakukan beragam aktivitas lainnya seperti memancing ikan sampai mengolahnya langsung di tepi pantai. Pantai ini diketahui landai dan aman dipakai untuk bermain air sampai berenang.

Nah, itu dia  6 rekomendasi wisata dekat IKN Nusantara yang terkenal dan sayang untuk lewatkan. Dari sejumlah rekomendasi tersebut di atas, tempat wisata manakah yang paling ingin Anda kunjungi?

Leave a Reply

Top