You are here
Home > Olah Raga >

Kenali Jenis Jenis Olаhrаgа Bаgі Pеndеrіtа Rеmаtіk

jenis olahraga bagi penderita rematik
Bagikan Artikel Ini

Banyak penderita rematik yang enggan melakukan olahraga. Padahal olahraga bagi penderita rematik itu amat disarankan untuk mengurangi tanda-tandanya. Dengan menjalaninya secara teratur, maka hal ini bisa meningkatkan peran sendi dan kelenturan otot sehingga bisa meredakan gejala nyeri. Tetapi tentu saja tak semua jenis olahraga dapat anda lakukan.

Adapun olahraga bagi penderita rematik yang dianjurkan antara lain:

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu dari sekian jenis olahraga bagi penderita rematik. Karena ini menjadi aktivitas enteng dengan waktu yang luwes. Berjalan kaki amat bagus bagi penderita rematik. Di samping bisa melindungi kesehatan jantung, pula bisa meningkatkan kelenturan sendiri dan kekuatan otot kaki. Anda dapat melakukannya setiap pagi maupun sore hari, kira-kira selama 30 menit, sembari menghirup udara segar. Bila anda melakukannya secara teratur, maka anda akan merasakan manfaatnya.

2. Bersepeda

Bila dianggap berjalan kaki terlampau sulit dan meletihkan, bersepeda bisa jadi solusinya. Olahraga yang sekarang banyak disukai oleh masyarakat ini bisa meningkatkan kekuatan kaki, meningkatkan ruang gerak, meredakan nyeri rematik, dan melatih gerakan sendi. Bahkan, dapat pula untuk menambah stamina tubuh. Olahraga bagi penderita rematik ini akan menjadikan tubuh lebih sehat sehingga bebas dari resiko terkena penyakit jantung.

3. Yoga

Olahraga bagi penderita rematik selanjutnya ialah yoga. Anda dapat melakukannya secara teratur untuk menghindari dan mengurangi gejala rematik. Lantaran olahraga yang satu ini menggabungkan meditasi, teknik pernapasan, dan postur tubuh. Bahkan sudah terbukti bahwa gerakan yoga bisa meningkatkan kelenturan tubuh dan sendi sehingga terlepas dari rasa nyeri karena rematik. Berdasarkan riset, melakukan peregangan pada gerakan yoga, terutama pada bagian paha, betis, pinggul, punggung, dan lengan, terbukti bisa menghindari timbulnya rasa nyeri karena rematik. Jadi, bila anda ingin menghindarinya, yuk secepatnya melakukan di rumah.

4. Tai Chi

Tai Chi merupakan olahraga beladiri dari Tiongkok yang dapat menjadi pilihan untuk para pengidap rematik. Walau olahraga ini memakai gerak lambat, namun tetap mementingkan fokus supaya dapat meningkatkan peran otot. Tai Chi diyakini dapat meringankan rasa kaku dan sakit karena rematik.

5. Berenang

Berenang pun dapat dilakukan bagi penderita rematik. Berdasarkan Center for Disease Control and Prevention (CDC), keluhan pengidap rematik menjadi menurun sesudah mereka melakukan olahraga renang, ketimbang melakukan olahraga yang lainnya. Mereka pun meyakini, bahwa rasa sakit dan nyeri sendi yang mereka derita menjadi lebih ringan. Nah, tidak cuma itu saja, air pun membantu menunjang berat badan sehingga olahraga ini tak terlampau berpengaruh pada sendi.

6. Peregangan

Peregangan seringkali dipandang remeh. Padahal gerakan itu mempunyai tidak sedikit manfaat. Misalnya meningkatkan kelenturan, meringankan kekakuan sendi, dan membedakankan rentang gerak. Menjalani gerakan peregangan tiap-tiap hari di waktu pagi hari terbukti ampuh guna meringankan tanda-tanda rematik. Malahan gerakannya dapat anda selaraskan dengan tanda-tanda yang dialami.

Banyak tips yang bisa anda aplikasikan ketika melakukan peregangan adalah menjalankan pemanasan dengan berjalan di tempat selama 3 hingga 5 menit, menahan tiap-tiap gerakan peregangan selama 10 sampai 20 detik, serta ulangi tiap-tiap gerakan peregangan 2 hingga 3 kali.

Demkianlah enam jenis olahraga yang bisa meredakan gejala rematik. Sejak sekarang  mari teraturkan melakukan olahraga supaya tubuh selalu sehat dan terlepas dari tanda-tanda rematik lainnya.

Leave a Reply

Top