You are here

Simak Sejarah dan Cara Memperingati Hari Guru Sedunia

Simak Sejarah dan Cara Memperingati Hari Guru Sedunia 1
Bagikan Artikel Ini

Mungkin ada yang heran mengapa 5 Oktober diperingati hari guru bukannya 25 November? Banyak yang tidak mengetahui jika 5 Oktober adalah hari guru sedunia. Hari ini ini akan membahas sejarah hari guru simak hingga selesai ya!

Seperti yang dijelaskan diatas 5 Oktober diperingati hari guru sedunia sedangkan 25 November hari guru Indonesia. Bukan hanya tanggal saja yang berbeda tetapi sejarah dan awal penentuan nya juga berbeda. Simak sejarahnya.

Sejarah Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Indonesia

UNESCO menetapkan hari guru sedunia pada tanggal 5 Oktober untuk merayakan jasa guru di seluruh dunia. Hari guru ini bertujuan untuk memperingati ulang tahun penandatanganan rekomendasi UNESCO tentang status guru yang merupakan tanggung jawab dan tolak ukur hak guru, standar untuk mempersiapkan pendidikan lebih lanjut, kondisi belajar mengajar, rekrutmen serta pekerjaan.

Berbeda jika hari guru Indonesia, tanggal 25 November diperingati sebagai ulang tahun persatuan guru republik Indonesia serta upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada para guru.

Ditetapkannya Hari guru memiliki tujuan untuk menghargai perjuangan para guru dan mengapresiasi peran penting guru sebagai pengubah karakter inovatif, kreatif dan berdedikasi.

Cara Memperingati Hari Guru

Mengadakan Kegiatan

Dengan mengadakan kegiatan bisa membuat guru lebih dekat dengan murid. Walaupun guru harus tetap dihormati Tidak ada salahnya jika kita dekat dengan mereka dan tidak canggung.

Memberi Hadiah

Dengan memberi hadiah kesukaan para guru membuat mereka merasa senang dan semangat. Karena guru merasa disayangi dan dihormati.

Mengirim Surat Ucapan

Mengirim surat ucapan bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa terima kasih pada guru. Buatlah surat ucapan dengan semenarik mungkin lalu dikumpulkan dalam satu file selanjutnya kirim ke guru yang dituju. Hal ini sangat memotivasi para guru.

Silaturahmi Secara Online

Di masa pandemi seperti saat ini membuat kita melakukan kegiatan serba online. Anda bisa melakukan silaturahmi dengan guru secara online dengan bercerita dan bercanda untuk mempererat hubungan antara guru dan murid.

Mengadakan Lomba Secara Virtual

Lomba yang diadakan secara virtual bisa mengurangi rasa bosan di kala pembelajaran online. Anda bisa membuat lomba bersama guru seperti baca puisi, kuis, membuat video kreatif atau bernyanyi bersama para guru.

Membuat Video

Dengan pembelajaran jarak jauh membuat para murid merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Bahkan tidak hanya murid mungkin guru juga kurang bersemangat untuk mengajar jarak jauh. Dengan mengirim video ucapan dari setiap murid lalu menggabungkan video tersebut dalam satu file bisa membuat guru merasa dihargai dan menambah rasa semangat untuk mengajar.

Memberi Kejutan

Kita bisa memberi kejutan saat sedang pembelajaran. Misalnya saat akan menyalakan kamera kita menyiapkan kertas dengan ucapan terima kasih untuk guru supaya guru lebih bersemangat dan merasa dihargai.

Itulah sejarah hari guru sedunia yang bertepatan pada tanggal 5 Oktober. Jadi jangan heran lagi, karena hari guru diadakan dua kali dalam setahun yaitu hari guru nasional dan dunia.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top