You are here
Home > Berita Nasional >

Facebook Down, Mark Zuckerberg Rugi 85,6 Triliun

Facebook Down
Bagikan Artikel Ini

Pojokjakarta.com – Tepat hari Senin malam, aplikasi dari facebook down. Mulai dari Whatsapp, Instagram, dan facebook itu sendiri. Kena hal tersebut, saham facebook turun dan akhirnya Mark Zuckerberg Rugi 85,6 triliun.

“Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kini kembali online” Kata Mark di akun Facebooknya setelah maintenance selesai sekitar hari selasa pagi pukul 7. Ia juga meminta maaf atas semua gangguan tersebut.

Mulai dari Senin malam, hampir semua pengguna layanan aplikasi media sosial tersebut tidak bisa menggunakan. Di whatsapp, semua pesan tidak bisa terkirim dengan istilah jam kotak (jamkot). Pihak facebook menyatakan jika memang ada yang tidak beres dari kejadian tersebut.

Tidak Hanya Terjadi di Indonesia

Seperti yang diketahui, aplikasi-aplikasi milik Facebook adalah aplikasi populer yang digunakan di seluruh dunia. Trouble kali ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Namun, negara-negara lain seperti Washington serta Paris juga mengalami kendala serupa.

Masalah tersebut memang terjadi dari server pusat. Sehingga trouble dialami oleh hampir semua pengguna media sosial tersebut di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Beberapa saat setelah trouble, tag whatsapp menjadi trend di twitter.

Tidak hanya netizen Indonesia saja yang mengalami hal tersebut. Banyak netizen luar negeri yang meng-tweet jika media sosial dari Facebook mengalami kendala. Beberapa ada yang merasa tidak stabil, beberapa lain ada yang mengalami error sama sekali. Artinya tidak bisa digunakan sama sekali.

Namun saat ini, semua media sosial yang down sudah bisa kembali diakses secara normal. Meskipun demikian, dampak dari hal tersebut adalah berkurangnya nilai saham Facebook senilai 5%. Sebuah angka yang signifikan tentunya. Itulah dampak sebuah problem bagi fluktuasi nilai saham sebuah perusahaan. Jika pengguna kecewa, maka tidak mustahil saham sebuah perusahaan akan turun secara drastis.

Diperkirakan, penurunan nilai saham tersebut mengurangi kekayaan Mark Zuckerberg dengan nilai kurang lebih Rp 85,6 Triliun. Bukan nilai yang sedikit memang. Namun itulah yang terjadi dan dialami oleh perusahaan Facebook.

Netizen Berkicau dan Mengeluh

Seperti biasa, warganet mengeluh akan kejadian tersebut. Beberapa diantara menganggap hal tersebut sebagai sebuah hal yang wajar terjadi. Namun beberapa lainnya merasa rugi atas down-nya server dari Facebook tersebut.

Hal tersebut bisa terjadi karena Whatsapp adalah media sosial nomor satu di dunia. Sehingga banyak aktivitas warganet menggunakan aplikasi tersebut. Jika down, maka akan ada banyak transaksi dan relasi yang sedikit terhambat.

Sehingga banyak netizen yang terpaksa menggunakan media sosial lainnya seperti Telegram ataupun Signal. Mereka menggunakan aplikasi tersebut sembari menunggu media sosial ini kembali normal. Mengingat semua aplikasi Facebook itu memang gratis, warganet tidak bisa menyalahkan siapapun atas down-nya aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Top