You are here
Home > Berita Nasional >

4 Pantai Kelas Dunia di Banyuwangi yang Mempesona

Pantai Kelas Dunia di Banyuwangi yang Mempesona
Bagikan Artikel Ini

Ada beberapa pantai dengan keindahan kelas dunia dapat kita temukan di Banyuwangi. Siapa sih yang tidak tahu keindahan dan keberagaman lanskap yang ada di daerah paling ujung timur Pulau Jawa ini? Apa saja pantai kelas dunia di Banyuwangi yang terkenal mempesona itu?

Banyaknya tempat wisata di Banyuwangi memang dapat membuat kita bingung memilihnya. Oleh karena itu sekarang kita akan bahas tentang deretan pantai kelas duni yang ada di Banyuwangi.

1. Pantai Pulau Merah

Sebelumnya pantai ini dinamakan Pantai Ringin Pitu. Tetapi sejak populer dan didatangi wisatawan dari berbagai daerah, nama Pantai Pulau Merah mulai terangkat.

Spot uniknya pastinya sebuah bukit di tengah-tengah laut yang mempunyai tanah dengan warna merah yang bisa didatangi saat air laut tenga surut. Inilah salah satu alasan pantai ini dinamakan Pantai Pulau Merah.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di sini di antaranya melihat Upacara Melasti umat Hindu yaitu melarung saji ke lautan, berselancar, memancing, dan melihat sunset yang indah bikin terpesona. Pantai ini bisa kita temui di Desa Sumber Agung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi (Jawa Timur).

2. Pantai Pulau Tabuhan

Suasana indah dan tenang akan terasa saat menginjakan kaki di Pantai Pulau Tabuhan. Di Pulau Tabuhan yang terletak di Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwang ini  kita akan disambut dengan pohon-pohon hijau di tengah-tengah  pulau yang dikelilingi dengan pasir pantai yang putih bersih serta halus. Lautannya pun mempunyai gradasi yang indah seperti bening, biru tosca, dan biru tua menurut kedalamannya.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain menikmati indahnya sunrise ataupun sunset, berkemah, diving, snorkeling, dan berfoto di beberapa spot instagramable.

3. Pantai Teluk Hijau

Ini adalah pantai tersembunyi di Banyuwangi yang harus kita kunjungi. Pantai Teluk Hijau atau kerap dijuluki Green Bay ini mempunyai keindahan pemandangan laut dengan warna kehijauan serta pasirnya berwarna putih bersih.

Tidak seperti umumnya pantai yang berwarna biru tosca, pantai ini condong mempunyai warna hijau mirip zamrud lantaran perairannya dangkal dan ada banyak alga di sana. Tempat ini masih terhitung ke dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

Ada tebing dan bukit yang menjadi spot favorit para wisatawan buat melihat keindahan pantai ini. Kita bebas berenang serta menjelajah air terjun di sebelah timur pantai ini. Pantai Teluk Hijau berada di Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi (Jawa Timur).

4. Pantai Boom

Jika Anda memiliki rencana liburan di seputar Kota Banyuwangi, tidak perlu takut tidak dapat menikmati keindahan pantainya. Pasalnya terdapat Pantai Boom yang dapat kita kunjungi bersama dengan keluarga.

Sebelum jadi tempat wisata populer, ternyata dulunya pantai ini adalah sebuah pelabuhan utama di tahun 1950-an. Pantai ini menjadi penghubung transportasi antara daerah-daerah di Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang saat ini beralih ke Pelabuhan Ketapang.

Pasir Pantai Boom ini warnanya hitam dengan lautannya yang terbilang cukup tenang. Kegiatan utama yang menjadi daya pikatnya adalah menikmati matahari terbitnya yang populer dengan sebutan the sunrise of Java. Karena sangat indahnya.

Sesudah kita berhasil mengabadikan keindahan matahari terbitnya, kita dapat melakukan berbagai kegiatan lain di sini. Contohnya berfoto di beberapa spot instagramable yang tersebar di Pantai Boom, berkuda, dan jet ski. Malah kita pun dapat melihat beberapa Festival Tari Gandrung.

Itulah 4 pantai kelas dunia yang dapat kita eksplor selama menghabiskan waktu liburan di Banyuwangi.

Leave a Reply

Top