You are here

JoMan Dukun Ganjar di Pilpres 2024, Publik Merespon

JoMan Dukun Ganjar di Pilpres 2024
Bagikan Artikel Ini

Pojokjakarta.com – Roda perpolitikan menjelang Pilpres 2024 terus memanas. Kali ini, relawan pendukung Jokowi atau Joman dukung Ganjar di Pilpres 2024. Hal ini diungkapkan oleh para petinggi JoMan setelah melakukan berbagai pertemuan yang menarik pasang mata publik.

Dari beberapa waktu sebelumnya, relawan Jokowi memang menyita perhatian publik. Banyak narasi-narasi politik yang dibawa dan selalu menyangkut masalah Pilpres 2024. Sehingga menarik untuk diikuti. Apalagi setelah ada isu presiden 3 periode.

Setelah Jokowi menolak dengan lantang untuk menerima amandemen UUD 1945 untuk menjadikan presiden boleh 3 kali periode menjawab, Relawan Jokowi semakin dikenal publik. Beberapa politikus bahkan sampai mengatakan, “Capes Terus!”

Tidak Menunggu Instruksi Jokowi

Menariknya, keputusan Joman dukung ganjar di Pilpres 2024 hadir bukan dari instruksi Jokowi. Para relawan Jokowi mengatakan jika keputusan tersebut hadir dari sebuah kebebasan individu untuk menentukan pilihannya.

Keputusan yang diambil dari pihak internal sendiri inilah yang bikin publik merasa aneh. Mereka mengklaim diri mereka sebagai relawan pendukung Jokowi. Namun dalam keputusan politiknya tidak mengikuti instruksi Jokowi.

Jika memang seperti itu, semakin jelas jika relawan Jokowi ini tidak benar-benar setia pada Jokowi. Selain itu, ada kemungkinan lain jika JoMan kecewa jika Jokowi tidak mau melanjutkan jadi presiden untuk ketiga kalinya.

Tidak heran jika banyak politikus yang merasa ganjal. Relawan Jokowi harusnya menunggu instruksi dari atas. Bahkan belum ada instruksi dari Jokowi sama sekali, tiba-tiba JoMan mengambil keputusan untuk mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Karena keputusan yang tidak ikut instruksi Jokowi inilah, banyak pengamat yang mengatakan jika JoMan bukanlah Jokowi. Artinya, JoMan adalah sebuah organisasi politik untuk menyongsong  Pilpres 2024. Meskipun memang, namanya Jokowi Mania.

Kedepan, keputusan ini bisa jadi akan memunculkan hilir yang sangat besar. Para pendukung Jokowi ini kemungkinan besar akan terpecah. Apalagi jika sudah tidak memiliki sosok yang benar-benar dianut dan ditunggu keputusannya.

Ganjar Pranowo Respon dengan Santai

Setelah viral, akhirnya Ganjar Pranowo menanggapi isu tersebut. Namun seperti biasanya, ia tidak menjawab secara gamblang. Ia terus menjawab jika masih fokus dalam penanggulangan Covid-19 di Jawa Tengah.

Hal tersebut sudah menjadi hal yang seharusnya. Sebab, saat ini ia memang masih menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah. Bahkan ia selalu tenang menghadapi berbagai situasi politik.

Terlebih beberapa waktu lalu, sempat ada isu jika Ia renggang dengan PDIP. Terlebih elektabilitasnya lebih tinggi daripada Puan Maharani. Seperti biasa, ia tidak begitu terlihat ambisius di Pilpres 2024 meskipun JoMan menjadikannya sebagai “The Next Jokowi.”

Bagaimanapun arah konstelasi politik yang terjadi, wacana JoMan dukung Ganjar di Pilpres 2024 adalah sebuah isu yang menarik perhatian publik. Terlebih keputusan tersebut bukanlah instruksi dari Jokowi itu sendiri.

Leave a Reply

Top