You are here
Home > Berita Nasional >

5 Manfaat Lari yang Baik Bagi Kesehatan Anda, Yuk Cari Tahu!

Manfaat Lari
Bagikan Artikel Ini

Lari adalah salah satu macam kegiatan ataupun olahraga yang bisa kita jalankan di saat senggang untuk terlindunginya kesehatan tubuh. Tidak cuma diketahui bisa menjaga keadaan badan tetap dalam kondisi prima, banyak manfaat lari yang lainnya dapat dirasakan saat kita melakukannya khususnya bila secara teratur. Lantas apa saja sih manfaat lari bagi kesehatan kita?

Dari sekian banyak manfaat lari ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Dengan olahraga lari yang biasa kita lakukan atau dilakukan secara rutin, berikut ini beragam manfaatnya:

1. Dapat Bantu Mengurangi Berat Badan

Olahraga lari populer sebagai salah satu upaya untuk membakar kalori. Sehingga olahraga ini bagus untuk mengurangi berat badan maupun menjaga berat badan supaya tetap ideal. Pembakaran kalori ini tergantung pada kecepatan, jarak lari, dan banyaknya berat badan. Secara tak langsung, lari pun bisa menghindari hipertensi, diabetes, kolesterol, dan beragam penyakit kardiovaskular yang lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Lutut

Tidak cuma bagus untuk berat badan saja, suatu riset pun menyatakan bahwa olahraga lari pun bisa  menjaga lutut tetap dalam kondisi sehat. Disamping itu, pada penelitian lain juga dikatakan bahwa lari bisa mengurangi risiko arthritis pada pinggul dan lutut. Tetapi harus diingat bila kondisi sedang dalam masalah pada sendi, hendaknya berkonsultasi pada dokter terlebih dulu sebelum menjalankan aktivitas fisik ini secara teratur.

3. Mencegah Keropos Tulang (Osteoporosis)

Barangkali manfaat lari yang satu ini telah lumayan banyak dikenal orang. Ya, olahraga ini memang terkenal sanggup menghindari menurunnya kepadatan tulang dan tentu saja menjadikan tulang kita lebih sehat serta lebih terjaga.

4. Bisa Menurunkan Risiko Terkena Jantung Koroner

Dengan melakukan olahraga lari secara teratur diyakini aliran darah kita akan menjadi lebih lancar. Tidak cuma itu, aktivitas ini pun mendorong produksi hormon dan enzim yang menjadi pemicu otot serta organ jantung untuk bekerja lebih baik. Hal ini yang akan menjadikan jantung kita lebih terlindungi kesehatannya. Hal ini ditunjang oleh beberapa hasil riset yang membuktikan bahwa olahraga lari yang dilakukan secara teratur, bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Tidak cuma itu saja, dengan melakukan olahraga lari selama 30 menit atau setengah jam pada setiap harinya, dapat menaikkan kadar kolesterol baik atau HDR yang terdapat pada tubuh. Kadar trigliserida dan lemak yang tidak baik dalam tubuh juga bisa ikut berkurang.

5. Mampu Memperbaiki Suasana Hati

Tidak cuma baik untuk tubuh, ternyata olahraga lari pun bermanfaat bagi metal atau psikis kita. Oleh karena itu olahraga lari pun diketahui dapat memperbaiki suasana hati. Pasalnya kegiatan ini bisa menunjang produksi hormon endorfin di dalam tubuh, yaitu hormon yang mempunyai fungsi untuk melawan stres.

Agar kegiatan lari kita berlangsung dengan lebih lancar dan menyenangkan, maka kita dapat mengaplikasikan berabagai tips. Beberapa tips tersebut antara lain seperti melakukan pemanasan sebelumnya, lakukan pendinginan setelah selesai berlari, tingkatkan intensitas lari secara bertahap, lakukan kombinasi antara lari dan berjalan dalam beberapa menit, awali dengan berjalan kaki sekitar 5 menit,  dan memilih sepatu lari yang nyaman.

Itulah tadi 5 manfaat lari yang amat baik bagi kesehatan dapat kita rasakan. Apalagi bila teratur melakukannya. Tidak cuma olahraga saja yang diperlukan untuk gaya hidau poyang lebih sehat, tetapi memilih makanan yang baik juga mesti mulai kita lakukan. Dengan demikian, hidup yang sehat dengan tubuh yang bugar dapat Anda peroleh.

Leave a Reply

Top