You are here
Home > Berita Nasional >

6 Cara Menjaga Hubungan Sahabat Agar Bisa Awet Bahkan Hingga Dewasa

Cara Menjaga Hubungan Sahabat
Bagikan Artikel Ini

Sosok yang sering diajak untuk melewatkan waktu bersama, melalui berbagai macam proses kehidupan ini, salah satunya adalah teman. Tentunya setelah pihak keluarga, sehingga tidak jarang didapati seseorang yang merasa memiliki teman layaknya saudara. Maka dari itu cara menjaga hubungan sahabat memang perlu diketahui dan dilakukan supaya hubungan tetap terjalin dengan harmonis. 

Pasalnya terdapat sejumlah faktor yang membuat jalinan persahabatan menjadi retak dan sejenisnya bahkan dengan perkara yang kecil sekalipun. Misalnya seperti ketidak jujuran satu sama lain, bisa juga karena salah satu ingin terlihat lebih dan sebagainya. Pada dasarnya hubungan persahabatan itu tidak jauh berbeda dari hubungan lainnya. Untuk itu berikut akan disajikan beberapa cara untuk menjaga hubungan persahabatan:

1. Bersikap Saling Terbuka 

Hal yang bisa dijadikan sebagai cara menjaga hubungan sahabat salah satunya adalah dengan saling terbuka antara satu dengan lainnya. Hal ini perlu dilakukan supaya jalinan persahabatan tetap kompak dan solid. Tidak jauh berbeda dari hubungan lainnya, pertemanan juga butuh akan yang namanya pondasi semacam kejujuran dan yang lainnya. 

2. Menghilangkan Sikap Egois 

Hal ini perlu dilakukan karena perilaku yang hanya mementingkan kepentingan pribadi atau yang sering disebut egois dapat membuat bahaya hubungan pertemanan yang terjalin. Jika ingin persahabatan berjalan dengan tetap harmonis maka masing-masing harus menghilangkan sikap tersebut. 

Apabila belum bisa seutuhnya hilang paling tidak kurangi sedikit demi sedikit sikap egois tersebut. Bentuk sikap egois yang sering dijumpai pun cukup beragam. Misalnya saja seperti memaksakan keinginan diri, bisa juga berbentuk kurangnya sikap menghargai pendapat orang lain dan lainnya.

3. Menjaga Komitmen Yang Ada

Perkara lain yang diperlukan dalam menjaga hubungan pertemanan adalah saling menjaga komitmen antara satu dengan yang lain. Pasalnya komitmen merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran hubungan bersama teman. 

Untuk mempraktikkan komitmen yang ada adalah seperti dengan meluangkan waktu untuk sekedar bertukar pikiran. Bisa juga saling jujur dari masing-masing diri. Jika komitmen telah terjalin dengan baik maka tidak sedikit persahabatan bisa bertahan bahkan hingga dewasa.

4. Bersikap Tidak Pamrih 

Usahakan apabila membantu orang tidak mengharapkan pamrih akan tindakan tersebut salah satunya kepada sahabat sendiri. Dengan bersikap saling membantu jika ada teman yang kesusahan dapat membuat ikatan yang dihadirkan semakin erat. Bahkan apabila sebelumnya belum terdapat ikatan dengan berlaku saling bantu membantu, dapat menghadirkan ikatan tersebut. 

5. Menghilangkan Rasa Cemburu

Pada dasarnya setiap individu mempunyai sifat cemburu yang terbilang unik. Sementara nasib seseorang itu tidak sama, seperti dalam hal pencapaian ataupun lainnya. Terkadang tidak jarang perkara tersebut membuat iri sebagian orang dan tidak menutup kemungkinan datang dari sang sahabat itu sendiri. 

Maka dari itu untuk menjaga hubungan persahabatan yang ada salah satunya bisa dengan menghilangkan rasa iri atau cemburu yang hadir dalam diri. Jika memang pertemanan yang dilakukan ingin bertahan lama bahkan sampai tua.

6. Meluangkan Waktu Untuk Berjumpa

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan bersama teman tetap berlangsung baik, Meskipun telah berlangsung cukup lama adalah dengan menyempatkan untuk bertemu. Walaupun tengah dalam kondisi yang sibuk sekalipun, pertemuan yang hanya dalam waktu singkat bisa menjadi solusi, supaya hubungan bersama teman bisa terjalin dengan baik. 

Itulah pembahasan mengenai 6 cara menjaga hubungan sahabat yang bisa dijadikan referensi supaya pertemanan bisa awet. Bahkan tidak sedikit seseorang bisa menjalin persahabatan sampai dewasa. Satu diantara banyaknya hal yang cukup penting bagi dunia pertemanan adalah komunikasi yang ada. Jika hal itu cukup baik dilakukan tidak menutup kemungkinan persahabatan bisa berjalan lancar pula.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top