You are here
Home > Relationship >

Inilah 6 Cara Mencintai Diri Sendiri Sebelum Anda Mencitai Orang Lain

Inilah 6 Cara Mencintai Diri Sendiri Sebelum Anda Mencitai Orang Lain
Bagikan Artikel Ini

Sudahkah Anda mencintai diri sendiri sebelum Anda mencintai orang lain? Sebagian orang barangkali sulit menjawab pertanyaan ini dan bisa saja mereka belum mengetahui bagaimanakah cara mencintai diri sendiri dan menerima dirinya sendiri.

Sebelum Anda menebarkan cinta pada lingkungan, tak terkecuali pasangan dan buah hati, telah semestinya Anda dapat lebih dulu mencintai diri sendiri. Karena bukanlah hal egois saat mesti mencintai dirimu sendiri. Manfaat mencintai diri sendiri dapat membuat Anda menerima segala kekurangan dan kelebihan tanpa merasa tinggi hati. Adapun cara mencintai diri sendiri yang bisa dilakukan diantaranya:

Memenuhi Kebutuhan Diri Sendiri dengan Baik

Cara yang pertama untuk bisa bersahabat dengan diri sendiri yakni dengan memperhatikan kebutuhan diri. Seperti kebutuhan fisik, mental, psikis, dan rohani. Contoh kecilnya saja Anda mesti mengetahui bahwa tubuh mesti mendapatkan cukup tidur 7-8 jam tiap-tiap harinya. Selain itu olahraga, makan tiga kali sehari, dan menyempatkan waktu untuk mengurangi stres.

Tidak cuma memperhatikan, semua mesti dipenuhi dengan cara yang sehat. Misalnya dengan tidak membiasakan begadang, menjadwalkan waktu tidur, berkomitmen untuk olahraga kecil-kecilan, dan memastikan menu makanan sehat.

Meditasi

Hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan. Karena kadang-kadang, hal tidak menentu sering menimpa pikiran. Proses mencintai diri sendiri mesti dilalui dengan baik. Salah satu cara yang paling mudah ialah dengan melakukan meditasi. Hal ini dapat dilakukan oleh semua orang dan dilakukan di manapun. Dan yang butuh Anda lakukan cuma menemukan ruangan yang tenang dan nyaman. Langkah selanjutnya, tutup mata Anda dan cukup bernapas dengan cara tenang. Saat Anda dapat mengabdikan diri untuk menenangkan pikiran setiap hari, Anda akan meraih manfaat meditasi sebagai penunjang kesehatan diri Anda.

Menerima Diri Sendiri

Sebelum Anda mencintai orang lain dan menerima orang lain ke dalam hidup Anda, Anda mesti dapat menerima diri sendiri, tak terkecuali menerima segala kekurangan serta kelebihan dalam diri. Janganlah membenci kekurangan Anda karena dari kekurangan itulah Anda dapat belajar bersyukur. Bila Anda tidak mencintai kekurangan Anda, bagaimana bisa Anda menerima kekurangan orang lain?

Bergaul dengan Orang-orang Positif

Energi positif ternyata bisa menular. Oleh sebab itu salah satu cara menjalin hubungan dengan diri sendiri yakni saat kita bisa dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi kita dan mempunyai energi positif. Dengan berkumpul bersama orang-orang yang positif dan penuh cinta, menjadi keuntungan untuk Anda. Anda dapat tertawa dan terbiasa melakukan kegiatan yang positif.

Kurangi Konsumsi Berita Negatif

Banyaknya berita atau informasi yang negatif dapat menjerumuskan kita pada pikiran yang negatif juga. Oleh sebab itu supaya tetap berpikir positif, kurangilah mengkonsumsi berita negatif yang membuat Anda merasa terbebani.

Berbicara dengan Diri Sendiri

Ngobrol dengan diri sendiri ternyata bukan suatu hal yang gila. Ini wajar saja dilakukan untuk dapat mencintai diri sendiri. Dengan bicara sendiri di depan cermin, kamar mandi, kamar tidur atau berbicara dalam hati, Anda akan mulai menjalin persahabatan dengan diri sendiri. Saat ngobrol sendiri, Anda akan meletakkan diri sebagai orang lain yang berbicara dengan diri kita. Dari isi obrolan itu menjadikan kita lebih dapat menilai diri sendiri secara objektif sehingga akan menjadi petunjuk yang membantu.

Menyempatkan waktu buat ngobrol dengan diri sendiri pada akhirnya bisa membantu Anda lebih fokus dan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Di samping itu Anda pun akan menemukan jawabannya sehingga dapat memutuskan akan melakukan apa untuk membuat diri Anda merasa nyaman. Manfaat lainnya ngobrol dengan cerminan diri ialah untuk menyalurkan emosi yang terpendam. Saat sedang marah atau kesal, Anda boleh berteriak-teriak sendiri. Tanpa disadari perlahan-lahan Anda akan tenang sendiri.

Saat Anda telah mencintai diri sendiri dengan sepenuh hati, maka mencintai pasangan dan anak-anak akan terasa lebih bermakna. Jadi, sudahkah 6 hal tersebut di atas Anda lakukan untuk menambah kecintaan pada diri sendiri?

Leave a Reply

Top