You are here
Home > Ekonomi >

Cara Menghemat Uang Belanja Agar Pengeluaran tidak Membengkak

Cara Menghemat Uang Belanja Agar Pengeluaran tidak Membengkak
Bagikan Artikel Ini

Cara menghemat uang belanja memang menjadi PR untuk semua ibu rumah tangga. Hal tersebut adalah kewajiban ibu rumah tangga untuk mengatur pengeluaran. Sehingga untuk manajemen keuangan pun perlu benar-benar tertata dengan tepat.

Setiap anggota keluarga memiliki kewajibannya masing-masing. Salah satunya ibu yang memiliki banyak tugas di rumah. Kewajiban tersebut antara lain mengurus semua keperluan rumah tangga.

Mulai dari mengurus anak dan suami, menjaga kebersihan rumah, memasak, hingga mengatur pengeluaran untuk belanja. Sebenarnya aktivitas tersebut justru menguras tenaga dan pikiran.

Begitu juga dalam hal memikirkan pengeluaran belanja. Apalagi kini bahan pokok mengalami kenaikan harga. Sehingga membuat ibu rumah tangga harus pintar dalam membelanjakan uang untuk dapat memenuhi kebutuhan.

Untuk dapat menghemat biaya secara bijak bisa gunakan cara yang tepat. Ada cara untuk menghemat uang belanja agar dapat berjalan dengan efektif.

Jika hal ini tidak anda lakukan secara efektif maka membuat pengeluaran semakin membengkak. Namun, jika pengeluaran bisa Anda jaga dengan tepat membuat pengeluaran bisa lebih aman.

Sehingga Anda akan lebih mudah menyukupi kebutuhan harian. Apalagi dengan adanya peningkatan harga yang cukup besar membuat anda harus bisa memutar otak untuk menyiasatinya.

Cara Menghemat Uang Belanja Secara Efektif

Sebagian besar ibu rumah tangga memang berperan sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga. Sehingga bertugas sebagai pengatur dan perencana keuangan yang baik.

Salah satunya yaitu mengatur pengeluaran belanja. Kebutuhan sehari-hari memang harus terpenuhi. Padahal harga yang perlu Anda bayar semakin meningkat.

Dengan adanya hal ini sebagai ibu rumah tangga harus pintar dalam mengelola keuangan. Apalagi kebutuhan sehari-hari dirumah membutuhkan biaya yang besar.

Sehingga sebagai menteri keuangan Anda perlu perencanaan yang baik. Bahkan Anda juga perlu menggunakan cara terbaik agar pengeluaran tidak membengkak.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghemat uang belanja rumah tangga antara lain:

Menyusun Anggaran

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan agar pengeluaran tidak membengkak yaitu menyusun anggaran belanja. Sebaiknya buat anggaran dan Anda juga wajib melakukannya.

Anda bisa buat anggaran dengan membayar tagihan-tagihan terlebih dulu. Misalnya tagihan listrik, asuransi, pendidikan, belanja bulan dan tabungan.

Catat barang yang akan dibelanjakan perharinya. Sebaiknya cek dulu apa saja kebutuhan yang Anda harus beli. Selain itu, juga harus bisa mengetahui apa saja barang yang masih ada di rumah.

Sebaiknya beli bahan yang sebenarnya diperlukan. Bahkan jika masih ada barang dirumah ada baiknya tidak membelinya lagi.

Dengan ada catatan yang Anda buat tentu menghindari barang yang benar diperlukan atau tidak. Cara yang satu ini cukup mengontrol pengeluaran. Sehingga dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Membuat Daftar Menu Mingguan

Ada cara menghemat uang belanja yang bisa ibu rumah tangga terapkan yaitu dengan membuat daftar menu. Anda bisa buat daftar menu harian atau bahkan mingguan.

Hal ini bisa membantu untuk mengatur bahan yang diperlukan selama satu minggu. Sehingga  bisa membeli kebutuhan dalam jumlah banyak sekalian.

Dengan membeli porsi banyak harga barang akan lebih murah. Hal ini berlaku jika Anda memasak sendiri di rumah. Dengan mencatat menu mingguan menjadi salah satu cara menghemat yang bisa dilakukan.

Beli semua kebutuhan yang diperlukan agar bisa Anda masak selama satu minggu. Sehingga tidak melakukan pemborosan dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Belanja di Pasar Tradisional

Berbelanja adalah hal yang cukup disukai oleh para wanita terutama ibu-ibu. Namun, untuk urusan belanja memenuhi kebutuhan sebaiknya jangan terlalu boros.

Anda bisa membelanjakan kebutuhan sehari-hari sesuai anggaran. Selain itu, untuk mengurangi pengeluaran atas tingginya harga bahan pokok, sebaiknya memilih berbelanja di pasar tradisional.

Dengan berbelanja di pasar tradisional harga yang bisa Anda dapatkan cukup terjangkau. Meski begitu juga bisa memenuhi kebutuhan pokok di rumah.

Anda bisa berbelanja sayur, buah, bumbu dapur, dan bahan pokok lainnya yang sangat dibutuhkan. Jika Anda membeli di mall atau supermarket tentu harganya akan berbeda jauh.

Hal ini karena supermarket memiliki harga yang sudah diakumulasikan dengan biaya tagihan pajak. Sehingga harga barang yang dijual lebih mahal dibanding pasar tradisional.

Ada kelebihan lain bagi Anda yang berbelanja di pasar tradisional yaitu tawar menawar. Lalu, dengan bisa menawar barang dari penjual sehingga bisa lebih hemat pengeluaran.

Bandingkan Harga Barang

Hal yang tidak kalah penting untuk menghemat pengeluaran belanja adalah membandingkan harga. Gunakan cara menghemat uang belanja agar dapat lebih efektif dalam mengeluarkan dana.

Dengan membandingkan harga Anda juga bisa menghemat pengeluaran. Sebab, ada banyak barang yang memang memiliki harga berbeda meski sama.

Misalnya saja gula pasir di minimarket tentu harganya akan jauh berbeda dengan di warung. Jangan pernah ragu untuk memilih tempat menjual berbagai kebutuhan yang memiliki harga terjangkau.

Meski hanya memiliki perbedaan 500 rupiah per produk namun, akumulasinya akan lumayan. Cara ini bisa Anda terapkan pada semua kebutuhan di rumah. Sehingga pengeluaran bisa menjadi lebih hemat.

Manfaatkan Diskon

Jika mendengar diskon tentu ibu rumah tangga akan langsung memburunya. Apalagi jika diskon tersebut sudah dekat dengan tanggal gajian tentu bisa menghemat biaya pengeluaran.

Anda bisa berburu barang-barang diskon baik di supermarket maupun minimarket terdekat. Sehingga kebutuhan barang rumah tangga Anda akan terpenuhi.

Pastikan dulu harga barang yang mendapatkan diskon dari situs web resmi. Sehingga tidak akan buang-buang waktu untuk berburu barang diskon tersebut.

Belanja Sendiri

Sebagai ibu rumah tangga tentunya sangat sibuk dalam mengurus banyak hal. Sehingga terkadang akan kesulitan mendapatkan waktu belanja untuk memenuhi kebutuhan di rumah.

Sehingga tidak sedikit yang meminta bantuan orang lain untuk memenuhi belanjaan baik mingguan maupun bulanan. Padahal cara tersebut kurang tepat.

Untuk dapat menekan biaya pengeluaran sebaiknya Anda berbelanja sendiri. Dengan belanja sendiri akan lebih hemat dan memilih barang sesuai kebutuhan.

Jika Anda memang tidak memiliki waktu luang tidak ada salahnya untuk belanja online. Sehingga pengeluaran tidak membengkak dan bisa digunakan sebagai cara menghemat uang belanja secara efektif.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top