You are here
Home > Berita Nasional >

Menjelajah Keindahan Pulau Peucang, Surga Tersembunyi di Ujung Kulon

Menjelajah Keindahan Pulau Peucang Surga Tersembunyi di Ujung Kulon
Bagikan Artikel Ini

Anda tentunya setuju bila ada banyak sekali surga tersembunyi yang menawarkan alam serta petualangan yang mengagumkan di Indonesia. Salah satu surga tersembunyi yang mesti Anda ketahui ialah Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon. Menjelajah keindahan Pulau Peucang menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda.

Pulau Peucang adalah destinasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Ada beragam kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat menjelajah keindahan Pulau Peucang yang memiliki luas sekitar 450 hektar ini.

Cara Menuju Pulau Peucang

Untuk menuju ke Pulau Peucang, Anda dapat berangkat dari pantai Sumur naik kapal berkapasitas 40-50 orang selama 3-4 jam. Anda dapat mengajak teman atau keluarga supaya perjalanan kian berkesan.

Aktivitas Seru di Pulau Peucang

Ketika sampai di Pulau Peucang, ada beragam kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan. Sejak dari trekking sampai menyelam, semua dapat Anda lakukan di sini. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Berinteraksi Dengan Berbagai Macam Satwa Liar

Berkunjung ke Pulau Peucang kehadiran Anda akan disambut oleh beragam macam satwa liar yang amat eksotis. Anda akan menemui beragam satwa liar mondar-mandir dan bermain di sekeliling pulau secara bebas.

Jangan cemas, walaupun hewan-hewan ini adalah satwa liar yang tinggal di habitat aslinya, tetapi mereka tidak buas dan menyerang manusia. Mereka tidak akan menyerang jika kita tidak menyakiti dan mengganggu mereka.

Cidaon, Sabana Ala Afrika

Anda pun dapat mengunjungi Cidaon untuk menikmati padang savana yang luas serta indah. Bila beruntung, Anda dapat melihat badak bercula satu dan banteng. Di samping itu Anda  pun dapat melihati satwa lainnya seperti babi hutan, rusa, dan merak.

Tidak cuma melihat satwa liar, Anda pun bisa melihat situs sejarah peninggalan kolonial Belanda. Yakni bekas pembangunan dermaga dan menara mercusuar di Cibom dan Tanjung Layar.

Menjelajah Hutan

Rasanya belum komplit jika berkunjung ke Pulau Peucang tanpa mencoba menjelajah santai di hutannya. Selama di dalam hutan Anda akan menemui berbagai hewan seperti babi hutan, kera, rusa dan banyak lagi.

Tidak cuma satwa liar, Anda pun bisa menemui beragam tumbuhan langka di dalam hutan ini. Misalnya pohon ara pencekik atau ficus dan tumbuhan parasit yang melilit pohon lainnya untuk hidupnya.

Menunggu Sunrise di Karang Copong

Karang Copong menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang amat cantik. Karang Copong tak mempunyai pasir pada garis pantainya. Anda cuma akan melihat batu-batuan karang yang kasar di sepanjang garis pantai.

Karang Copong berarti suatu karang mati besar yang memiliki lubang atau copong yang ada pada bagian utara pulau. Untuk menuju ke sini, Anda perlu persiapan lebih sebab perjalanan membutuhkan waktu dan menghabiskan tenaga.

Menikmati Keindahan Pantai di Pulau Peucang

Mengunjungi Pulau Peucang Anda akan terpesona dengan pantainya yang indah bersama keindahan pasir putihnya serta air laut birunya yang amat jernih. Anda dapat puas memancing, menyelam, berenang, dan bermain air.

Snorkeling dan Diving

Kawasan Pulau Peucang ini mempunyai beberapa spot terbaik untuk aktivitas snorkeling dan diving. Salah satu titik snorkeling yang paling populer ialah Legon Sumino. Anda pun akan menyaksikan keindahan dan keanekaragaman biota lautnya seperti ikan berwarna-warni yang sangat mempesona dan terumbu karang yang cantik. Menghabiskan waktu dengan snorkeling dan diving di Pulau Peucang tentunya menjadikan liburan Anda kian berkesan.

Hunting Foto

Aktivitas yang jangan Anda lewatkan di Pulau Peucang adalah hunting foto. Pasalnya pulau ini mempunyai banyak spot foto menarik yang sayang bila dilewatkan demikian saja.

Anda bisa memotret keindahan berbagai flora dan fauna, sunrise dan sunset, serta keindahan pantai. Kegiatan yang amat menyenangkan untuk dilakukan.

Nah, itulah beberapa kegiatan seru yang dapat Anda lakukan saat menjelajah keindahan Pulau Peucang. Siapa nih yang telah tidak sabar lagi liburan ke Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon?

Leave a Reply

Top