You are here

Inilah Lima Kuliner Kampung Atlet Olimpiade Tokyo

Inilah Lima Kuliner Kampung Atlet Olimpiade Tokyo
Bagikan Artikel Ini

Kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo yang disediakan oleh panitia penyelenggara. Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo mengumumkan lima hidangannya secara khusus. Hidangan tersebut yang akan disajikan di kampung atlet. Tentunya selama pertandingan musim panas Olimpiade Tokyo.

Lima hidangan kulinernya tersebut merupakan pemenang kontes resep pada tahun lalu. Kontes resep yang diselenggarakan oleh panitia dan sponsor perusahaan. Tepatnya pada Agustus dan September tahun lalu tersebut. Kontes tersebut yang menerima lebih dari 700 resep.

Berikut Ini Lima Kuliner Kampung Atlet Olimpiade Tokyo

Lima hidangan kuliner yang disajikan merupakan pemenang dari kontes resep. Berikut ini lima hidangan secara khusus selama pertandingan musim panas Olimpiade Tokyo.

Mie Somen

Lima hidangan khusus tersebut termasuk di antaranya mie “somen” dingin. Hidangan klasik ini biasa dinikmati saat musim panas Jepang. Selama musim panas, hidangannya yang disajikan di Jepang berubah. Tentunya dari yang panas menjadi dingin dan juga menyegarkan.

Mie Somen merupakan salah satu hidangan yang paling nikmat disajikan. Terutama saat musim panas di Jepang. Mie Jepang yang memiliki bentuk sangat tipis. Biasanya dimasak untuk makan siang selama liburan musim panas.

Cara pembuatan mie somen kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo cukup mudah. Memasak mie somen serupa dengan memasak pasta. Panaskan sejumlah air sampai mendidih dalam panci. Tempatkan mie ke dalam panci, namun perlu mengaduknya dengan cepat.

Hal itu untuk mencegah mie supaya tidak menempel satu sama lainnya. Setelah air kembali mendidih, turunkan panasnya menjadi lebih rendah. Cukup dengan  memasak mie selama 2 menit. Kemudian tiriskan mie di saringan dan cuci dengan air dingin.

Setelah mie dingin, bisa tiriskan air dan letakkan mie di atas piring. Saat melakukan ini, lebih baik memilih mie dengan porsi kecil saat menempatkannya di piring. Hal ini untuk mencegah agar mie tidak saling menempel. Selain itu juga dapat diambil dengan mudahnya menggunakan sumpit.

Sekitar mie letakkan juga beberapa es batu, supaya mie tetap dingin. Tempatkan kaldu, air dan es batunya dalam mangkuk kecil.  Jangan lupa juga semua sayuran hiasan di piring kecil. Anda bisa segera menyantapnya. Lalu, masukkan hiasan berupa sayuran yang diinginkan serta celupkan mie dalam mangkuk.

Meskipun merendam mie dalam kaldu sup dengan bumbu ringan sudah menjadi hal yang umum. Mie kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo tersebut disajikan dengan ayam. Selain itu juga sayuran dalam kaldu tomat. Hal itu untuk membantu para atlet mendapatkan nutrisinya yang dibutuhkan.

Oden

Kuliner lain yang akan disajikan dalam Olimpiade Tokyo adalah oden. Menu tersebut termasuk menu standar musim dingin. Namun, penyajian hidangan yang biasanya panas tersebut akan disajikan dalam sup dingin. Lengkap dengan tomat dan sayuran musim panas yang lainnya. Bersama bahan yang lebih khas seperti fish cake atau kue ikan.

Oden yang hangat bisa juga menjadi cemilan berkuah yang pas. Tentunya untuk menghangatkan tubuh. Kuah dashi yang gurih membuat penyajiannya ini akan semakin nikmat. Oden merupakan masakan asal Jepang yang didalamnya terdapat berbagai bahan rebusannya dalam kuah kaldu. Dengan isiannya yang beragam. Seperti ada lobak, konnyaku, telur rebus, chikuwa hingga chikuwabu.

Seperti halnya makanan khas tradisional lainnya. Oden kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo juga memiliki jenis-jenisnya tersendiri untuk menikmatinya. Secara umum terdapat 3 jenis varian oden yang dapat dipilih. Jenis pertama adalah oden yang disajikan dengan kaldu panas. Racikannya dengan menggunakan lobak, daun bawang, kepiting, dan rumput laut.

Jenis oden yang pertama ini biasa disajikan di warung makan sederhana. Biasanya yang ada di pinggir jalan. Jenis yang kedua adalah penyajian oden ini dengan tambahan saus mustard dan saus tomat. Sedangkan, jenis oden yang ketiga penyajiannya dengan meletakan ikan pada mangkuk.

Dengan menambahkan kaldu, cabai, bawang merah, dan kedelai. Jenis oden yang ketiga ini sering disebut dengan nama odeng tang atau eomuk guk.

Zunda De Panna Cotta

Untuk hidangan penutup kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo ada zunda de panna cotta. Penyajiannya dengan kacang kedelai hijau tumbuk manis.  Hidangan yang disajikan biasa ada di timur laut Jepang.

Untuk para pecinta makanan manis tentu sudah mengetahui dengan dessert ini. Dessert yang lembut bernama panna cotta. Makanan ini yang khas Italia ini paling tepat dijadikan menu pencuci mulut. Hal itu karena rasa manisnya yang tidak terlalu berlebihan. Meskipun sering dijumpai di restoran mahal. Namun, panna cotta juga bisa apabila ingin membuatnya sendiri.

Panna Cotta tidak tercipta dari wilayah Amerika atau Prancis. Tentunya yang populer dengan berbagai jenis hidangan penutupnya. Hidangan penutup cantik ini berasal dari Piedmont. Sebuah daerah yang berada di barat laut Italia.

Terlihat dari penampilan kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo ini. Kemungkinan akan menilai bahwa panna cotta ini tidak berbeda dengan custard flan atau crème brûlée. Namun ternyata dari jenis yang sangat berbeda. Pembuatan panna cotta tanpa menggunakan kuning telur. Tentunya yang memiliki konsistensi yang sangat lembut.

Dalam bahasa Italia panna cotta yang berarti cooked cream. Nama itu berasal dari dessert ini diolah dari krim segar yang diberi gelatin. Hal itu yang berperan dalam membuat tekstur lembutnya. Di Italia sendiri panna cotta umumnya disajikan dalam kondisi dingin dengan saus karamel.

Namun zunda de panna cotta ini sedikit berbeda penyajiannya. Sajian dengan kacang kedelai hijau tumbuk manis lebih khas Jepang. Tentunya pilihan hidangan penutup terbaik untuk para atlet.

Salmon Goreng Zangi

Hidangan lainnya kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo ini adalah salmon goreng zangi. Jenis hidangan yang berasal dari pulau utama paling utara Jepang yaitu Hokkaido. Sebagai pilihan hidangan lainnya yang membantu menjaga nutrisi para atlet.

Roti Panggang

Hidangan lainnya yang disajikan dalam Olimpiade Tokyo adalah roti panggang. Jenis roti panggang ini disajikan dengan buah persik, ham dan juga krim keju.

Lima kuliner kampung atlet Olimpiade Tokyo sebagai pemenang kontes resep tahun lalu. Panitia penyelenggara Olimpiade menyajikan hidangan dengan tujuan khusus. Tentunya jenis hidangan yang  membantu menjaga nutrisi para atlet.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top