You are here
Home > Berita Nasional >

Objek Wisata Sumatera Barat Ini Wajib Masuk ke List Tempat Liburan Anda

Objek Wisata Sumatera Barat Ini Wajib Masuk ke List Tempat Liburan Anda
Bagikan Artikel Ini

Daerah Sumatera Barat benar-benar tak dapat dianggap sepele soal objek wisatanya. Tidak sedikit objek wisata Sumatera Barat yang indah memukau.

Apabila Anda berkunjung ke Sumbar, jangan lupa untuk memasukkan objek-objek wisata Sumatera Barat ini di daftar tempat yang akan dikunjungi.

Janjang Seribu

Objek wisata Sumatera Barat ini ada di Kota Bukittinggi.  Janjang Seribu merupakan tembok besar China-nya Sumatera Barat. Umumnya mereka yang berkunjung ke Sumatera Barat akan singgah ke objek wisata Great Wall.

Janjang Seribu memiliki panjang sekitar 1 kilometer. Objek wisata ini tidak berjauhan dengan Goa Jepang. Pemandangan di sini pun amat mengagumkan. Fenomena alam berbentuk pengangkatan lempeng dan patahan-patahan yang menjulang menjadikan bukit ini sebagai fenomena geologi yang demikian menakjubkan.

Goa Jepang

Tempat lubang atau Goa Jepang ini berdampingan dengan Janjang Seribu. Goa Jepang merupakan bangunan peninggalan masa penjajahan Jepang di Bukit Tinggi. Ini merupakan penjara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang yang dibangun pada tahun 1942-1945. Saat Jepang menjajah bangsa Indonesia, pembangunan Goa Jepang dikerjakan secara kerja paksa atau romusa.

Goa Jepang memiliki luas kira-kira 2 hektar, di dalamnya Anda akan dituntun dengan menuruni tangga yang telah dibuat. Lorong-lorong yang terdapat di dalamnya menampilkan tempat-tempat sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jam Gadang

Sesudah itu, Anda bisa berkunjung ke Jam Gadang sambil menikmati liburan di Kota Bukittinggi. Jam Gadang meruapakan salah satu ikon wisata di Sumatera Barat yang wajib Anda datangi.

Jam yang bersejarah tinggi ini sudah ada semenjak zaman penjajahan Belanda dahulu. Objek wisata ini memiliki luas 13 x 4 meter serta tinggi 26 meter yang terdiri dari beberapa tingkat. Bagian teratas dari jam gadang ialah tempat penyimpanan bandul jam. Benda itu pernah patah karena gempa besar yang menimpa Sumatera Barat, termasuk Bukittinggi pada tahun 2007 lalu.

Keunikan dari jam ini ada pada angkanya. Jika angka empat romawi biasanya ditulis dengan simbol IV. Tetapi pada Jam Gadang angka IV malahan ditulis dengan angka IIII. Ini bukanlah hal yang biasa.

Di sekitar Jam Gadang, Anda bisa menemui Pasar Bukittinggi. Pasar ini demikian terkenal akan  harga barangnya yang suka dijual murah meriah. Terlebih jika Anda pintar menawar dan membelinya dalam jumlah tidak sedikit.

Pantai Padang

Pemerintah Kota Padang pernah melakukan pemugaran pada Pantai Padang. Pantai Padang merupakan tempat tujuan wisata di Sumatera Barat yang mesti dikunjungi. Untuk mencapai pantai ini relatif mudah karena Anda tinggal pergi ke pusat kota.

Kebanyakan orang Padang menyebut Pantai Padang dengan julukan Taplau (Tapi Lauik). Pemandangan di sini demikian indah sekali. Ombaknya pun cukup menantang jika Anda suka berselancar. Berbagai camilan dapat dinikmati di sini, seperti udang kepiting, masakan laut, jagung bakar, beragam macam minuman dan lain sebagainya.

Puncak Langkisau

Beralih ke pantai selatan. Terdapat sebuah objek wisata di Painan yang terkenal dengan pantainya yang memukau. Anda bisa menikmati keindahan alam pesisir selatan dari atas ketinggian Bukit Langkisau.

Bukit Langkisau adalah salah satu objek wisata di Sumatera Barat yang jangan Anda lewatkan. Di sini Anda bisa menikmati fasilitas seperti flying fox dan paralayang. Jika sore hari, Anda bisa melihat keindahan laut yang menguning lantaran matahari tenggelam.

Danau Maninjau

Maninjau adalah danau vulkanik yang berada di ketinggian 460 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau kira-kira 99,5 km² dan memiliki kedalaman sekitar 495 meter. Cekungannya tercipta akibat letusan Gunung Sitinjau. Hal ini terlihat dari bentuk bukit di sekitar danau yang mirip bagaikan dinding. Berdasarkan legenda di Tanah Minang, kehadiran Danau Maninjau terkait erat dengan kisah Bujang Sembilan.

Istana Pagaruyung

Sumatera Barat demikian populer dengan warganya yang masih menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerahnya. Salah satu diantara peninggalan budaya masyarakat Minangkabau yakni Istana Pagaruyung atau Istano Basa. Letaknya ada di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Bangunan ini menjadi objek wisata budaya yang terkenal di daerah Sumatera Barat.

Tempat wisata ini memiliki nilai sejarah yang amat kental. Istana ini dibangun oleh keluarga Kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang memiliki ciri khas Minangkabau. Di dalam istana ini terdapat beberapa barang peninggalan kerajaan yang masih terawat secara baik. Di sekitar istana ini Anda dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk.

Pagaruyung adalah kediaman Raja Minangkabau selaku pusat pemerintahan. Kini rumah gadang yang ada disana merupakan tiruan dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar dan atap yang menjulang berupa tanduk kerbau.

Itulah 7 objek wisata di Sumatera Barat yang mesti Anda datangi saat datang kesana. Bisa jadi tempat-tempat wisata ini cuma beberapa saja dari demikian banyaknya destinasi wisata yang terdapat di daerah Sumatera Barat.

Leave a Reply

Top