You are here

6 Kuliner Khas Batak Toba yang Mesti Dicoba Saat Berwisata ke Danau Toba

Kuliner Khas Batak Toba yang Mesti Dicoba Saat Berwisata ke Danau Toba
Bagikan Artikel Ini

Anda memiliki rencana berlibur ke Sumatera Utara untuk menikmati pemandangan yang terdapat di Danau Toba? Jika iya, maka Anda pun mesti mencoba wisata kuliner yang terdapat di sini. Lantaran berkunjung ke suatu daerah rasanya kurang sempurna jika tak mencicipi kuliner lokalnya, bukan? Termasuk kuliner khas Batak Toba yang terkenal sedap.

Penduduk Danau Toba yang sebagian besar warga Batak ini memiliki makanan tradisional yang tentunya dapat membuat Anda ketagihan dengan cita rasanya. Tentunya banyak sekali kuliner lezat yang mesti Anda coba ketika berkunjung ke sini.

6 Kuliner Khas Batak Toba yang Sedap

Disamping menawarkan pemandangan alam yang bisa memanjakan mata, di Danau Toba pun banyak kuliner enak yang dijamin dapat memanjakan lidah Anda. Penasaran apa saja sih kuliner khas Batak Toba?

Ikan Mas Arsik yang Gurih

Bagi Anda para pecinta ikan mas, maka Anda mesti mencicipi masakan khas yang satu ini yakni Ikan Mas Arsik. Ikan mas yang digunakan untuk memasak Ikan Mas Arsik ini diambil secara langsung dari Danau Toba. Sehingga dijamin segar.

Kuliner khas ini dimasak dengan campuran andaliman, yakni sejenis rempah-rempah pilihan. Campuran dari rempah inilah yang menyajikan cita rasa pedas dan gurih yang akan menjadikan Anda terlena akan kelezatannya.

Ayam Napinadar yang Selalu Dirindu Lidah

Makanan Ayam Napinadar adalah ayam bakar-nya khas Batak Toba. Yang menjadikan Ayam Napinadar berbeda dengan ayam bakar kebanyakan ada pada saus yang dipakai untuk melumuri ayam ini.

Sesudah dipanggang, ayam akan disiram dengan saus khusus yakni manuk. Saus manuk ini dibuat dari darah ayam yang dicampuri dengan rempah-rempah dan bawang putih bubuk. Kemudian dimasak sampai meresap ke dalam daging ayam.

Kue Tradisional Lapet yang Manis

Bagi Anda pecinta dessert, perlu nih untuk mencoba kue tradisional yang dinamakan Lapet. Kue Lapet ini terbuat dari campuran gula aren, kelapa parut, tepung beras, lantas diaduk dengan air seperlunya. Sesudah adonan tercampur, adonan akan dikukus dengan memakai daun pisang.

Anda dapat menikmati Lapet di setiap warung dan restoran yang berada di sekitar Danau Toba. Aroma wangi yang tersebar dari bungkusan daun pisang di kue Lapet ini dijamin akan menambah nafsu makan Anda.

Babi Panggang Makanan Favorit Warga Batak

Kuliner berikutnya yang bisa Anda cicipi ketika mengunjungi Danau Toba ialah Babi panggang. Babi panggang adalah makanan kesukaan khas Batak Toba. Sebelum dipanggang, babi tersebut akan disiram dengan campuran air asam terlebih dulu untuk membuang bau dagingnya.

Sesudah proses pemanggangan selesai, babi akan dihidangkan dengan bumbu yang terbuat dari campuran darah babi yang diolah bersama rempah-rempah. Babi panggang ini cocok sekali disantap bersama nasi hangat dan sayur.

Dali Ni Horbo Susu Kerbau Khas Batak

Kuliner khas Batak Toba yang satu ini terbuat dari olahan susu kerbau. Dali Ni Horbo relatif termasuk unik sebab Anda bukannya meminum susu tetapi malahan memakan susu! Dali Ni Horbo adalah makanan berupa tahu yang dibuat dari susu kerbau alami.

Pembuatan Dali Ni Horbo terhitung lumayan mudah. Sesudah diperah, susu kerbau ini langsung dimasak dengan campuran perasan air daun pepaya dan campuran sedikit garam. Sesudah itu, diamkan susu hingga mengental dan mengendap. Kemudian Dali Ni Horbo siap untuk dihidangkan.

Daun Ubi Tumbuk yang Menyehatkan

Kuliner khas Batak Toba yang terakhir ialah Daun Ubi Tumbuk. Makanan khas yang satu ini amat menyehatkan dan pula gampang ditemui di setiap tempat makan yang berada di wilayah Danau Toba.

Pembuatan sayur ini mudah sekali. Daun ubi cuma butuh direbus dengan campuran buah rimbang, bawang merah dan bawang putih. Anda pun dapat membubuhkan udang untuk melengkapi hidangan yang satu ini. Sayur ini cocok sekali disantap dengan sambal goreng teri kacang bersama nasi hangat.

Nah, itulah rekomendasi kuliner khas Batak Toba yang dapat Anda cicipi saat berkunjung ke Danau Toba. Kira-kira, kuliner mana nih yang ingin Anda cicipi terlebih dulu?

Jangan lupa ketika liburan nanti untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak agar liburan Anda tetap menyenangkan dan aman tentunya.

 

Leave a Reply

Top