You are here
Home > Berita Nasional >

5 Wisata Kuliner Legendaris di Banyuwangi yang Wajib Anda Cicipi

5 Wisata Kuliner Legendaris di Banyuwangi yang Wajib Anda Cicipi
Bagikan Artikel Ini

Banyuwangi adalah salah satu kota di ujung timur Pulau Jawa yang dikenal dengan keindahan alamnya nan mempesona. Namun, tak hanya keindahan alam, Banyuwangi juga memiliki kekayaan kuliner yang patut dieksplorasi. Beragam hidangan lezat dengan cita rasa khas daerah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Jika Anda berkunjung ke Banyuwangi, jangan lewatkan untuk mencicipi wisata kuliner legendaris di Banyuwangi yang telah menjadi bagian dari budaya masyarakat setempat.

Berikut adalah lima wisata kuliner legendaris di Banyuwangi yang wajib Anda cicipi.

1. Sego Segawe

Sego Segawe adalah hidangan khas Banyuwangi yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk khas daerah seperti sate ikan, ikan bakar, pepes ikan, sambal terasi, dan telur pindang. Hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat Banyuwangi karena citarasa yang lezat dan bahan-bahan segar yang digunakan. Rasakan sensasi cita rasa autentik Banyuwangi dengan mencicipi Sego Segawe di warung-warung tradisional di sekitar kota.

2. Nasi Tempong Mbok Berek

Nasi Tempong Mbok Berek adalah salah satu kuliner legendaris yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Banyuwangi. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk tempong (dicampur dengan sambal) seperti ayam goreng, ikan bakar, tempe goreng, dan tahu goreng. Sambal tempongnya yang pedas dan menggoda membuat hidangan ini menjadi favorit di kalangan pecinta pedas.

3. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen adalah sate khas Banyuwangi yang menggunakan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan kelapa parut. Daging yang sudah ditusuk kemudian dibakar dengan arang hingga matang dan disajikan dengan sambal kacang dan lontong. Rasakan kelezatan cita rasa gurih dan legit dari sate klopo yang menjadi salah satu ikon kuliner Banyuwangi.

4. Tahu Tek

Tahu Tek adalah makanan ringan khas Banyuwangi yang terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari campuran petis udang, bawang putih, gula merah, dan air. Hidangan ini biasanya ditambahkan dengan tauge, kol, dan telur rebus. Rasakan perpaduan cita rasa manis, asin, dan gurih yang unik dari Tahu Tek ini.

5. Pecel Pincuk

Pecel Pincuk adalah salah satu hidangan tradisional Banyuwangi yang terdiri dari sayuran hijau seperti kacang panjang, kangkung, dan kecambah yang disajikan dengan sambal kacang yang khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan dibungkus menggunakan daun pisang sebagai pincuk. Nikmati kelezatan dan keaslian cita rasa pecel pincuk di warung-warung kaki lima di sepanjang jalan kota.

Banyuwangi tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga kekayaan kuliner yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Lima wisata kuliner legendaris di Banyuwangi tersebut merupakan beberapa contoh hidangan lezat yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Banyuwangi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan kuliner khas daerah ini dan merasakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Top