You are here
Home > Berita Nasional >

7 Makanan Khas Tegal yang Jadi Buruan Wisatawan untuk Oleh oleh

7 Makanan Khas Tegal yang Jadi Buruan Wisatawan untuk Oleh oleh
Bagikan Artikel Ini

Tegal adalah salah satu kota kecil yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kota yang memperoleh sebutan sebagai Kota Bahari ini memang amat populer dengan wisata dan budayanya. Letaknya yang ada di kawasan pantura ini tentunya menjadikan kabupaten Tegal dikaruniai dengan sederet pantai yang indah. Berlibur ke Kota Bahari tentu saja Anda mesti membeli makanan khas Tegal untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tidak usah bingung untuk membeli oleh-oleh lantaran berikut ini ada rekomendasi makanan khas Tegal yang harus Anda beli.

1. Latopia

Latopia adalah sejenis jajanan yang serupa dengan bakpia, tetapi bedanya latopia mempunyai ukuran yang lebih besar dan mempunyai kulit pias yang lebih renyah dan gurih. Kudapan latopia mempunyai bentuk yang lebih padat dan tentunya rasanya tidak kalah nikmat. Harganya terbilang lumayan terjangkau, yakni sekitar Rp15.000 per plastiknya.

2. Kerupuk Antor

Kerupuk Antor mempunyai tampilan yang tidak lazim bila dibandingkan dengan kerupuk kebanyakan. Hal ini disebabkan kerupuk ini digoreng dengan memakai pasir. Kerupuk Antor berwarna hitam kecokelatan yang menjadikannya tampak seakan kotor, tetapi justru itulah yang jadi kelezatannya. Kudapan ini ada yang memiliki warna dasar putih dan ada juga yang berwarna-warni. Keduanya sama-sama memiliki lapisan bumbu kecokelatan.

3. Kamir

Kamir adalah kue yang dibuat dari tepung terigu dan tape singkong yang lantas dicampur dengan susu putih. Kue kamir mempunyai cita rasa yang enak dan dapat bertahan selama 1 hari bila disimpan dalam suhu ruangan yang biasa. Makanan khas Tegal ini dapat Anda temui dengan gampang di pinggir jalan di kawasan jalan RSUD Kardinah sampai jalan Rumah Berslin di kawasan Tegal.

4. Kacang Bogares

Kacang Bogares adalah kacang kulit yang mempunyai rasa yang gurih dan unik. Penganan Kacang Bogares memang merupakan salah satu makanan khas yang relatif banyak diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Tegal. Anda yang ingin membeli kacang bogares ini dapat datang langsung ke pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh yang terdapat di kota Tegal.

5. Manisan Cerme

Seperti namanya, manisan ini memang dibuat dari buah cerme (cermai) yang mempunyai rasa yang nikmat dan segar. Manisan Cerme mempunya cita rasa yang khas dan dapat bikin siapa saja ketagihan ketika pertama kali menyantapnya. Untuk membeli manisan cerme ini Anda dapat mendatangi kawasan Guci. Kawasan itu memang terkenal sebagai kawasan yang sebagian besar masyarakatnya memiliki profesi sebagai petani cerme.

6. Gemblong Ocar Acir

Gemblong Ocar Acir adalah jajanan tradisional yang kuno dan saat ini mulai sulit dicari. Penganan Gemblong Ocar Acir ini adalah hidangan yang dibuat dengan menggunakan singkong yang direbus lalu ditumbuk lantas dibentuk padat. Gemblong ocar acir disajikan dengan diberi gula merah cair dan taburan kelapa muda parut. Paduan yang unik itu tentu membuat jajanan ini mempunyai rasa yang terbilang unik.

7. Pilus

Pilus adalah suatu cemilan dengan cita rasa gurih yang unik dan amat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Tegal. Makanan pilus khas Tegal memang mempunyai rasa yang condong gurih dan amat nikmat.

Pilus ini lazim dihidangkan sebagai pendamping makanan berkuah atau bisa juga disantap sebagai cemilan. Makanan khas Tegal ini tak memakai bahan pengawet dan cuma bisa bertahan hingga satu bulan saja dalam kondisi tertutup rapat sehingga teksturnya masih terasa renyah.

Nah, itulah 7 rekomendasi makanan khas Tegal yang harus Anda beli sebagai oleh oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah.

Leave a Reply

Top