You are here
Home > Otomotif >

Awas Hati-Hati! Perhatikan Aturan Modifikasi Motor

Awas Hati-hati! Perhatikan Aturan Modifikasi Motor
Bagikan Artikel Ini

Aturan modifikasi motor merupakan hal yang harus diperhatikan. Memodifikasi motor di zaman sekarang ini adalah suatu hal yang cukup ngetrend. Apalagi lagi untuk kalangan anak muda, pastinya modifikasi motor merupakan suatu hal yang sudah menjadi kegiatan sehari-hari agar motor terlihat lebih keren juga unik. Akan tetapi agar motor Anda tetap aman dan tidak melanggar aturan lalu lintas yang menyebabkan Anda ditilang polisi, sebaiknya untuk selalu memperhatikan aturan-aturan dalam memodifikasi.

Di artikel kali ini kita akan membahas seputar aturan memodifikasi motor. Nah, untuk Anda yang memiliki hobi dalam memodifikasi motor sebaiknya baca artikel ini sampai selesai, agar mengetahui aturan-aturan yang harus diperhatikan saat memodif motor.

Aturan Modifikasi Motor Menurut Polisi

Di Indonesia memang sudah memberlakukan peraturan bahwasannya kendaraan bermotor dilarang untuk dimodifikasi. Hal itu sudah tertulis pada peraturan Undang-undang No. 22  pasal 277 Tahun 2009 tentang aturan berkendara lalu lintas dan angkutan jalan.

Dengan adanya peraturan ini, tentu saja banyak menimbulkan pro dan kontra, terlebih lagi kepada pada para pecinta motor modifikasi. Hampir semua peraturan ini hanya dianggap sebagai peraturan yang tidak penting kepada orang yang kontra dengan aturan yang ditetapkan.

Nah, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam modifikasi motor, yaitu.

Hindari Mengubah Rangka Motor

Salah satu aturan modifikasi motor yang paling dilarang oleh Polisi adalah merubah rangka motor. Jika motor yang Anda gunakan adalah kendaraan yang digunakan untuk rutinitas sehari-hari, pastikan untuk menghindari perubahan pada rangka. Karena hal itu akan membuat Anda terkena tilang. modif sederhana saja, seperti mengganti baut dengan monel atau menambah stiker.

Jangan Rubah Dimensi Kendaraan

Selanjutnya adalah untuk tidak melakukan perubahan pada dimensi motor. Usahakan untuk memodifikasi tanpa harus merubah bentuk motor yang sudah disesuaikan dengan STNK dan BPKB. Karena hal itu itu sangat dilarang yang oleh undang-undang yang sudah ditetapkan. Modif motor boleh saja akan tetapi jangan terlalu over dan pertahankan bentuk standarnya.

Hindari Mengubah Kapasitas Mesin

Untuk Anda yang memiliki hobi melaju pada saat berkendara, pastinya Anda sering kepikiran untuk merubah kecepatan pada motor. Karena kendaraan yang standar masih belum memiliki kecepatan yang membuat Anda merasa puas saat melaju. Sayangnya hal ini adalah sesuatu yang dilarang untuk dilakukan karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain karena Jalan Raya bukan untuk adu kecepatan.

Tidak Usah Mengganti Knalpot Standar dengan yang Bising

Mengganti knalpot standar dengan knalpot racing sudah banyak dilakukan oleh kalangan anak muda apalagi yang suka dengan freestyle. Tapi sebenarnya aturan modifikasi motor dengan merubah knalpot standar dengan yang racing adalah suatu hal yang dilarang oleh  undang-undang. Salah satu alasan mengapa mengganti knalpot standar dengan yang racing dilarang adalah karena berkaitan dengan polusi udara dan Selain itu juga mengeluarkan suara yang bising sehingga menyebabkan pengendara lain merasa terganggu dengan suara yang dikeluarkannya.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top