You are here
Home > Otomotif >

Beginilah Cara Mengerem Motor Matic yang Benar

Beginilah Cara Mengerem Motor Matic yang Benar Saat Di Turunan
Bagikan Artikel Ini

Terkadang cara mengerem motor matic yang benar belum banyak diketahui oleh orang-orang. Bahkan banyak yang menganggap pengereman pada motor matic itu hal sepele. Akan tetapi pada saat motor melakukan pengereman mendadak bisa membahayakan keselamatan kita.

Dengan sistem kerja yang ada di motor matic, motor tersebut bisa melakukan perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin. Walaupun dibilang motor santai, tapi motor ini memiliki kecepatan yang tidak kalah dengan motor manual.

Hal yang harus diwaspadai saat mengendarai motor jenis matic ini adalah saat posisi berada di turunan. Karena motor ini bisa tiba-tiba ngelos. Maka dari itu, pahami cara mengerem motor matic benar.

Berikut Cara Mengerem Motor Matic yang Benar

Walaupun motor yang berbasis matic saat ini sedang menjadi trend anak muda zaman sekarang. Berhati-hati dalam berkendara itu yang paling utama. Karena kalau jatuh itu sakit.

1. Jangan Mengosongkan Gas

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa motor matic bisa ngelos saat di turunan. Penyebab motor ini ngelos adalah karena kita mengosongkan gas motor pada saat sedang keadaan turun.

Hal ini yang banyak menyebabkan seseorang kecelakaan saat di turunan. Maka dari itu, waspada dan hati-hati adalah tujuan utama.

2. Posisikan Empat Jari di Masing-Masing Handle Rem

Posisi ini adalah sikap persiapan untuk melakukan pengereman mendadak. Pada saat ngerem pastikan handle kanan kiri ditekan secara bersamaan. Karena untuk menjaga keseimbangan saat kedua ban ngepot.

Seperti itulah cara mengerem motor matic yang benar untuk menghindari terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan. Ketika Anda hanya mengerem salah satu, keseimbangan motor akan kacau dan menyebabkan kecelakaan.

3. Prioritaskan Rem Depan Dibanding Rem Belakang

Mengapa kita harus memprioritaskan rem depan daripada rem belakang? Karena rem depan lebih efektif saat menghentikan kendaraan. Akan tetapi walaupun rem depan menjadi prioritas, bukan berarti untuk tidak diimbangi dengan rem belakang.

Lakukan pengereman secara perlahan karena saat posisi melaju tiba-tiba mengerem juga dapat mencelakai diri Anda sendiri.

4. Jangan Melepas Handle Rem Sebelum Benar-Benar Melewati Jalan Turunan

Sebelum Anda melepaskan jari Anda dari handle, pastikan Anda sudah benar-benar berada di jalan yang rata. Karena pada saat Anda melepaskan jari saat masih dalam posisi turun akan membuat Anda gugup ketika motor kehabisan gas.

Posisi ini dapat membantu persiapan Anda untuk berjaga-jaga saat motor tiba-tiba ngelos. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Gunakan Kaki Kanan untuk Menjaga Keseimbangan

Hal terakhir yang dilakukan mengenai cara mengerem motor matic yang benar menggunakan kaki kanan adalah untuk mempertahankan keseimbangan. Karena kaki kanan memiliki tumpuan untuk menjaga kestabilan saat berkendara.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top