You are here
Home > Berita Nasional >

Ini 7 Manfaat Angkat Beban untuk Kesehatan Tubuh

Ini 7 Manfaat Angkat Beban untuk Kesehatan Tubuh
Bagikan Artikel Ini

Manfaat angkat beban sekarang tidak cuma dirasakan oleh kaum pria sebab tidak sedikit pula wanita yang melaksanakan olahraga ini. Walau banyak orang mengenali angkat beban identik dengan pembuatan tulang, ternyata manfaat olahraga ini tak berhenti hingga disitu saja.

Untuk Anda yang rajin berolahraga dan jenuh dengan kebiasaan olahraga yang itu melulu, tidak ada salahnya untuk mencoba latihan angkat beban. Berbagai keuntungan dapat diperoleh bila secara teratur melakukannya. Disamping terbangunnya tulang, inilah 7 manfaat angkat beban yang akan diperoleh dengan rajin dan teratur melakukannya.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Olahraga ini cocok untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan. Menjalankan angkat beban akan menunjang tubuh membakar kalori secara kontinu, bahkan bila telah selesai menjalankannya.

Penyusunan otot yang berlangsung selama melakukan kegiatan angkat beban menunjang peningkatan cepat metabolisme tubuh. Penyusunan massa otot pun akan menunjang keefektifan proses pembakaran lemak.

Mengoptimalkan Kesehatan Tulang

Melakukan angkat beban secara rutin nyatanya pula bisa membantu menghindari timbulnya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Untuk kaum wanita yang telah menopause, olahraga angkat beban ini akan menunjang memulihkan struktur, kekuatan, serta kepadatan tulang.

Mendapatkan Keseimbangan Tubuh yang Lebih Baik

Pengaturan dan kestabilan terhadap tubuh bisa ditingkatkan menjadi lebih baik dengan teratur melakukan olahraga angkat beban. Lansia pun perlu melakukan olahraga ini sebab dapat membantu meminimalisir risiko jatuh dengan kian baiknya kestabilan. Tetapi penting diketahui, bagi lansia pastinya terdapat penyesuaian bobot beban.

Mendukung Pengembangan Otak

Olahraga angkat beban nyatanya dapat membantu menaikkan peran otak. Hal ini terjadi lantaran bertambahnya sejumlah hormon ketika tengah melaksanakan angkat beban. Salah satu hormon yang mengalami kenaikan dengan menjalankan olahraga ini ialah IGF-1. Hormon ini mempunyai fungsi penting untuk meningkatkan fungsi kognitif dan memberikan rangsangan pada otak.

Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Siapa kira bila nyatanya olahraga yang identik dengan penyusunan tulang ini pun sanggup untuk menurunkan risiko penyakit diabetes, entah pada pria ataupun wanita. Melaksanakan olahraga ini secara rutin bisa membantu menaikkan taraf sensitivitas insulin.

Dengan bertambahnya taraf sensitivitas insulin, maka tubuh akan memberikan tanggapan yang baik pada insulin. Hal ini membuat pemakaian gula darah di dalam tubuh jadi lebih efisien sehingga kadar gula darah akan berkurang.

Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Tak cuma risiko penyakit diabetes yang bisa menurun dengan melaksanakan angkat beban. Olahraga ini pun sanggup untuk melindungi kesehatan jantung. Guna bikin jantung lebih sehat maka bisa melakukan olahraga angkat beban cukup selama 5 menit setiap harinya. Melakukan olahraga ini secara rutin akan menjadikan tekanan darah berkurang dan peredarannya lancar.

Mencegah Terjadinya Cedera Tubuh

Semua tulang dan jaringan yang terdapat pada tubuh akan kian menguat bila giat melakukan latihan angkat beban. Hal ini tentunya mempunyai pengaruh positif untuk menurunkan dan menghindari timbulnya cedera pada tubuh. Disamping itu, artritis dan nyeri punggung juga dapat berkurang dengan rajin dan teratur melakukan olahraga angkat beban.

Walau mempunyai banyak manfaat positif, tetapi tak semua orang aman untuk melaksanakan aktivitas ini. Selalu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum melaksanakan olahraga angkat beban. Di samping itu pun perlu untuk menjalankannya di bawah pengawasan instruktur profesional.

Seorang instruktur akan menemani dan membimbing bagaimana cara melakukan angkat beban secara tepat. Hal ini perlu supaya tak salah prosedur dan alih-alih memperoleh manfaat, justru akan mengakibatkan cedera.

Itulah 7 manfaat angkat beban untuk kesehatan tubuh disamping untuk penyusunan otot. Olahraga ini aman dikerjakan, entah  oleh pria ataupun wanita sehingga tidak usah ragu-ragu mencobanya. Tertarik melakukan olahrhaga angkat beban? .

Leave a Reply

Top