You are here
Home > Ekonomi >

Cara Menghemat Uang Jajan, Bantu Selamatkan Masa Depan!

Cara Menghemat Uang Jajan
Bagikan Artikel Ini

Cara menghemat uang jajan yang tampak seperti hal kecil dan sepele sebenarnya bisa berdampak besar kedepannya. Terlebih Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa.

Meski kebutuhan pelajar masih menjadi tanggung jawab orang tua, bukan artinya bebas dan foya-foya. Belajar bijak menggunakan uang sedini mungkin lebih baik daripada harus merugi kemudian hari.

Anda harus tahu bagaimana cara mengatur uang saku sekaligus mengontrol pengeluaran yang tidak penting. Tidak semua keinginan patut Anda penuhi. Sebab kadangkala keinginan belum pasti kebutuhan.

Cara Menghemat Uang Jajan yang Mudah Diterapkan

Hemat, sebenarnya tidak berlaku untuk pelajar atau mahasiswa saja, melainkan untuk semua. Menghemat uang jajan atau menghemat pengeluaran merupakan salah satu cara menyelamatkan masa depan.

Buat Anda yang ingin tahu caranya berhemat, Anda bisa menyelesaikan bacaan ini hingga purna. Karena kami sudah menyediakan trik hemat dan uang jajan bisa Anda alokasikan ke tabungan masa depan.

Budayakan Sarapan

Kontribusi terbesar pengeluaran adalah dengan membeli makanan di luar. Jika tidak sering, barangkali tidak akan terasa. Namun ada baiknya tetap mengusahakan sarapan dahulu.

Perut kenyang biasanya akan mengurangi hasrat untuk jajan. Aktivitas seharian di luar pun juga tidak akan terasa lebih melelahkan jika sudah mengisi stamina.

Sarapan ini juga menunjang kesehatan tubuh Anda. Sementara uang jajan tidak keluar justru masuk ke dalam tabungan.

Bawa Bekal dari Rumah

Setelah Anda membiasakan diri untuk mengisi perut sebelum beraktivitas di luar rumah, Anda cara menghemat uang jajan yang kedua adalah membawa bekal dari rumah.

Dengan membawa bekal, Anda bisa menekan pengeluaran uang jajan. Selain itu, membawa bekal dari rumah jelas terbukti kehigienisan makanan.

Menu dari rumah terkadang juga bisa Anda sesuaikan. Sehingga Anda juga tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Hindari Penggunaan Transportasi Online

Menggunakan transportasi online memang lebih berkelas dan enak. Namun itu hanya akan membuat bertambah pengeluaran Anda.

Gunakan saja transportasi umum yang lebih terjangkau ongkosnya, sehingga lebih efektif menunjang keberhasilan Anda dalam menerapkan cara menghemat uang jajan.

Hindari Membawa Uang Tunai

Ini bukan berarti Anda bepergian tanpa uang, ya. Biasanya pergi dengan membawa uang tunai banyak, Anda juga akan membelanjakan dalam jumlah banyak.

Jadi bawalah uang tunai secukupnya saja. Nantinya Anda juga akan berhati-hati untuk membelanjakannya.

Biasakan Barang Berkualitas dengan Harga Murah

Ketika membeli kebutuhan sekolah atau kebutuhan mendadak lainnya, usahakan untuk memilih jenis barang yang murah, namun tinggi kualitas.

Anda bisa melakukan perbandingan antar satu toko dengan toko lain. Ini bisa menjadi cara agar pengeluaran Anda terkondisi.

Manfaatkan Fasilitas Gratis

Cara menghemat pengeluaran satu ini bisa Anda lakukan. Seperti dengan memanfaatkan WiFi gratis, buku pinjaman, atau fasilitas dari sekolah.

Selain mempermudah Anda dalam membuat tugas, Anda tidak perlu kehilangan uang saku.

Itulah beberapa cara menghemat uang jajan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Harus selalu ingat, mapannya kehidupan masa depan berawal dari upaya yang Anda lakukan hari ini.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top