You are here
Home > Berita Nasional >

6 Macam Olahan Mie Khas Sumatera, Anda Wajib Mencobanya!

6 Macam Olahan Mie Khas Sumatera Anda Wajib Mencobanya
Bagikan Artikel Ini

Telah sempat mencicipi olahan mie khas Sumatera? Sebelum Anda mencicipnya, yuk cari tahu dahulu berbagai macam olahan mie Sumatera yang lezat dan wajib Anda mencobanya.

Mie merupakan salah satu sajian yang menjadi sumber karbohidrat dan banyak dimakan oleh masyarakat Indonesia. Beberapa daerah tentu memiliki hidangan mie-nya tersendiri seperti halnya di pulau Sumatera misalnya.

Ada banyak sekali jenis hidangan mie khas Sumatera yang siap menggoyang lidah Anda. Umumnya olahan mie itu identik dengan kuah yang kental bersama bumbu rempah-rempahnya. Walau ada juga mie berkuah gurih bening yang menyegarkan. Santapan mie dari Sumatera ini telah cukup terkenal dan banyak tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Yuk intip macam macam olahan mie khas Sumatera di bawah ini!

1. Mie Aceh

Olahan mie khas Sumatera ini tentu sudah tak asing lagi. Terlebih santapan ini gampang sekali dijumpai. Mie Aceh merupakan salah satu sajian mie dengan rempah-rempahnya yang khas. Di samping merica dan bawang putih, rempah lainnya yang tidak boleh ketinggalan yaitu jintan, kapulaga, kunyit, dan cabe merah untuk menciptakan sensasi rasa pedasnya.

Tidak sedikit dari kita yang bisa jadi menduga bahwa mie Aceh cuma disajikan dalam bentuk mie goreng saja. Padahal, mie Aceh pun sering dihidangkan dalam bentuk mie goreng basah dan kuah.

2. Mie Celor

Olahan mie khas Sumatera berikutnya adalah Mie Celor. Mie Celor merupakan salah satu kuliner yang asalnya dari Palembang yang disajikan dengan paduan kaldu ebi dan kuah santan. Biasanya, hidangan ini terbuat dari mie telur dan bahan pelengkap yang lainnya, seperti daun bawang, seledri, irisan telur rebus, dan tauge.

Kelezatan mie Celor yang gurih ini menjadikan rasanya demikan melekat dan banyak penyukanya. Mie khas dari Palembang ini cukup terkenal dan dapat dijumpai di beberapa daerah.

Di Palembang umumnya santapan itu dihidangkan dan dinikmati saat sarapan serta sangat cocok untuk pencinta seafood. Pasalnya kuahnya dibuat dari kaldu ebi.

3. Mie Gomak

Di wilayah Tapanuli, Sibolga, dan Toga ada olahan mie khas Sumatera yang bernama mie Gomak. Sajian satu ini seringkali disebut spagetinya suku Batak sebab mie mentah yang dipakai sepintas terlihat seperti spageti.

Umumnya mie Gomak diolah memakai andaliman, yakni bumbu rempah khas Batak. Hidangan ini bisa disajikan dalam bentuk goreng ataupun kuah, menurut selera masing-masing. Biasanya, masyarakat Batak menjadikan kuliner ini selaku menu sarapan. Uniknya, mereka suka sekali menikmatinya sebagai paduan lontong sayur khas Medan.

4. Mie Tarempa

Datang dari daerah Tarempa di Kabupaten Anambah, mie Tarempa sekarang jadi kuliner khasnya provinsi Kepulauan Riau yang cukup terkenal. Masakan mie khas Sumatera ini demikian identik dengan pemakaian topping ikan tongkol dan mie gepeng lebar. Walau biasanya mie ini dimasak dengan cara digoreng, namun sekarang telah banyak tersedia varian goreng berkuah dan lembap.

5. Mie Atep

Sama-sama memakai kaldu udang, mie Atep khas Belitung ini tidak kalah nikmatnya dari mie yang telah disebutkan di atas. Di samping memakai tauge, isian wajib mie Atep terdiri dari emping goreng, tahu, timun, potongan kentang, dan udang. Rasanya akan kian lezat bila Anda mencicipinya dalam kondisi hangat. Tidak boleh lupa untuk menambahkan kecap dan sambal supaya makin banyak mengandung rasa.

6. Mie Lendir

Olahan ini disebut mie Lendir karena sajian ini dihidangkan dengan kuah kental yang warnanya cokelat. Mie Lendir ini asalnya dari Tanjungpinang (Kepualauan Riau). Untuk yang belum sempat mencicipinya tentu penasaran mengapa kuahnya dapat sekental itu. Nyatanya kuah itu dibuat dari racikan yang berbeda dan tidak biasa.

Kuah itu terbuat dari ubi jalar dan kacang tanah sehingga teksturnya menjadi demikian kental. Dicampur dengan mie kuning yang kenyal membuat rasanya kian paripurna sebab mie akan tetap kenyal namun menyerap kuah dan bumbu dengan sempurna. Olahan mie khas Sumatera ini umumnya dihidangkan dengan sebutir telur rebus yang merupakan sumber protein. Mie berasa gurih dan tak terlampau pedas dengan kuahnya yang kental ini sekarang banyak dijajakan di berbagai daerah, termasuk di Jakarta.

Demikianlah 6 olahan mie khas Sumatera yang wajib Anda cicipi selaku pencinta kuliner. Mie yang mana nih yang ingin sekali Anda coba?

Leave a Reply

Top