You are here

Yuk Kenali Tanda Pribadi Introvert Secara Mendalam!

Yuk Kenali Tanda Pribadi Introvert Secara Mendalam
Bagikan Artikel Ini

Introvert merupakan tipe kepribadian yang bertolak belakang kondisinya dari ekstrovert. Umumnya, orang dengan kepribadian introvert lebih memilih untuk berkonsentrasi pada pikiran, perasaan serta mood-nya daripada sumber rangsangan dari luar. Tetapi kepribadian introvert kerapkali disalahartikan sebagai pemalu. Seperti apa sih tanda pribadi introvert yang bisa kita kenali?

Seorang pribadi introvert menjurus lebih pendiam, tenang, dan memiliki kesan introspektif. Bila menghadapi sebuah interaksi sosial, pribadi introvert mesti menghabiskan energi yang banyak. Anda akan kerap melihat mereka menghabiskan waktu sendirian setelah menghadiri sebuah acara lantaran introvert memerlukan “me time” guna mengisi ulang tenaganya.

Tidak sedikit orang menduga introvert selaku pribadi yang tertutup dan lebih memilih berdiam diri di rumah ketimbang bergaul di luar. Tetapi, sebenarnya banyak introvert yang senang bergaul. Anda tentu kaget ketika tahu banyak orang yang aktif secara sosial sesungguhnya ialah introvert. Di bawah ini tanda pribadi introvert yang dapat Anda lihat untuk mengenalinya.

Merasa Kehabisan Energi Sesudah Berinteraksi

Saat Anda atau seseorang mengeluh kelelahan sesudah menghabiskan waktu dengan banyak orang, umumnya itu menjadi tanda pribadi introvert. Dalam keadaan seperti ini, pribadi introvert butuh menyendiri di tempat yang tenang guna mengisi ulang dayanya. Mereka akan memakai waktu ini untuk merenungi arti aktivitas yang dilakukannya hari ini.

Tidak sedikit introvert yang menikmati waktunya bersama dengan orang lain. Tetapi mereka condong lebih suka bila bisa bersama dengan teman dekat. Ketimbang ke pesta mencari teman baru, seorang introvert malah lebih suka menghabiskan waktunya bersama dengan teman baik. Misalnya, mereka akan memilih bercakap-cakap bersama sembari menikmati minuman hangat.

Menyukai Kesendirian

Waktu yang paling baik untuk seorang introvert ialah hari yang tenang cuma untuk diri sendiri sembari melakukan hobi. Beberapa jam duduk sembari membaca buku atau berjalan-jalan sendirian ke suatu tempat favorit terdengar sebagai suatu gagasan yang bagus untuk mereka. Aktivitas ini adalah cara yang baik untuk memulihkan energi mereka.

Walau begitu, hal ini bukan bermakna seorang introvert ingin selalu sendiri selamanya. Mereka pun gemar menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dekat. Sesudah menghabiskan waktu untuk melakukan interaksi sosial, introvert akan menyingkir ke tempat yang damai. Hal ini dilakukannya untuk merenung, berpikir, dan memulihkan kembali energinya.

Sering Dianggap Pendiam

Introvert kerap dilukiskan sebagai seseorang yang pendiam, tenang sampai disalahartikan selaku pemalu. Walau sejumlah introvert memang pemalu, namun dalam berbagai peristiwa mereka sesungguhnya memilih untuk hati-hati dalam berkata. Pribadi introvert merangkai kata-kata yang akan diucapkan untuk mencegah pembicaraan yang tidak penting.

Mempunyai Sekelompok Teman Dekat

Tidak sedikit yang salah paham dengan menyatakan bahwa seorang introvert merupakan pribadi yang tak menyenangi pertemanan. Introvert memang kurang merasakan aktivitas sosialisasi dengan banyak orang. Namun sebenarnya mereka amat menggemari kebersamaan dengan sekelompok kecil teman yang akrab.

Introvert lebih memilih suatu hubungan yang tahan lama, intim, dan akrab ketimbang mempunyai lingkaran sosial yang besar tetapi tidak akrab. Introvert umumnya memilih teman dengan hati-hati dan mempunyai hubungan yang dalam. Mereka lebih gemar berinteraksi dengan orang-orang secara pribadi ketimbang dalam suatu kelompok besar.

Kehilangan Fokus Bila Terlalu Banyak Mendapat Stimulus

Bila seorang introvert ada di lingkungan yang ramai dan kondisi yang sibuk, mereka dapat mengalami kehilangan fokus dan kerepotan. Situasi yang ramai akan menjadikan mereka lebih gampang terganggu. Itulah sebabnya mengapa mereka lebih memilih pekerjaan dan pengaturan yang tidak tergesa-gesa dan tenang.

Introvert merupakan sebuah kepribadian yang wajar. Bila Anda seorang introvert, dapatkan cara untuk mengatasi bila mulai terusik oleh dorongan dari luar, yakni dengan menyendiri sejenak.

Itulah 5 tanda pribadi introvert yang dapat Anda lihat untuk mengenalinya.

Leave a Reply

Top