You are here
Home > Berita Nasional >

7 Tanda Seseorang Bisa Dipercaya

7 Tanda Seseorang Bisa Dipercaya
Bagikan Artikel Ini

Barangkali sukar untuk kita guna mengetahui tanda seseorang bisa dipercaya atau tidak. Tetapi untuk mengenalinya, Anda sebenarnya bisa membacanya melalui sikap dan perilaku yang terpancar dari orang tersebut.

Saat memercayakan sesuatu pada orang lain, baik mengenai pekerjaan, perasaan atau rahasia dalam hidup Anda, Anda harus berhati-hati. Karena tidak semua orang bisa dipercaya dan dapat menyimpan rahasia secara baik. Sekalipun kita telah mengenalnya amat lama, kita tak dapat memercayakannya demikian saja. Supaya Anda lebih merasa nyaman dan tenang, inilah beberapa tanda seseorang bisa dipercaya yang mesti Anda tahu.

1. Konsisten

Tanda seseorang bisa dipercaya yang pertama yakni konsisten. Umumnya, seseorang yang dapat dipercaya akan berperilaku sama antara perkataan dan perbuatan di dalam keadaan apa saja. Mereka mempunyai kendali diri untuk menjaga karakter dan menjalani apa yang sudah mereka katakan dan lakukan, sekalipun mereka tergiur untuk mundur. Seseorang yang bisa dipercaya, tak akan menggunakan topeng cuma untuk kelihatan baik di depan orang lain. Apalagi bila orang lain pun berkomentar bahwa ia ini memang melakukan apa yang diucapkannya.

2. Menunjukkan Belas Kasihan dan Kerendahan Hati

Bila mempunyai kedua sikap ini, maka seseorang itu sanggup untuk memikirkan orang lain dan tidak memandang bahwa dirinya lebih utama dari siapa saja. Karena mereka tidak fokus terhadap diri sendiri. Orang dengan sikap seperti ini kecil kemungkinannya untuk mengkhianati orang lain guna memperoleh apa yang mereka ingini.

3. Menghormati Batasan

Seseorang yang bisa dipercaya, umumnya tak pernah memaksakan kehendak mereka kepada orang lain. Pasalnya, mereka merasa tidak perlu untuk mengendalikan orang-orang yang ada di sekelilingnya. Mereka menjauhi intimidasi dan menyetujui kalau tidak berarti tidak.

4. Sikapnya yang Tenang

Tenang adalah salah satu tanda seseorang bisa dipercaya. Berbeda dengan seseorang yang umumnya menyimpan suatu kebohongan, di mana mereka akan cemas, dapat dilihat dari tutur katanya yang grogi. Atau sikapnya yang tak tenang. Bila seseorang nampak demikian tenang, mereka umumnya terbuka, jujur, dan tak mempunyai sesuatu yang disembunyikan. Anda juga akan merasa tenang sebab alam bawah sadar tak menemukan adanya beberapa tanda negatif.

5. Menghormati Orang Lain

Mereka yang bisa dipercaya akan senantiasa melakukan yang terbaik bagi orang lain. Misalnya, datang tepat pada waktunya atau memperlancar rencana supaya orang lain selalu merasa nyaman. Disamping itu, mereka pun amat mengutamakan perasaan orang lain dan tidak bertindak seenaknya.

6. Menghargai Waktu

Tanda seseorang bisa dipercaya selankutnya adalah mereka selalu menghargai waktu. Saat mempunyai janji, ia berupaya untuk datang tepat pada waktunya dan tak pernah mengurungkan rencana pada saat detik-detik paling akhir. Karena mereka tahu, bila ia melaksanakan kedua hal tersebut, maka akan mendatangkan ketidaknyamanan dan merusak janji yang sudaah dibuat. Disamping itu, tak menghargai waktu pun akan menyesatkan kepercayaan seseorang.

7. Apa yang Disampaikan Sering Kali Benar

Orang yang bisa dipercaya akan senantiasa menghargai kebenaran. Tidak aneh bila mereka siap menelaah berbagai hal. Umumnya mereka akan menjalankan penelitian yang menghasilkan simpulan yang verifikatif. Sehingga mereka dapat melacak dari mana datangnya semua jawaban yang benar tersebut.

Oya, tanda-tanda di atas tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan. Oleh karena itu, sebelum menyerahkan sesuatu yang penting kepada orang lain, hendaknya ketahui orang itu lebih dalam. Disarankan untuk beberapa hal yang serius, sebaiknya berbagilah pada orang-orang terdekat, seperti sahabat dan keluarga supaya nanti Anda tidak menyesal.

Leave a Reply

Top