You are here
Home > Olah Raga >

Rekomendasi Alat Olahraga Di Rumah Paling Cocok dan Efektif

Rekomendasi Alat Olahraga Di Rumah
Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi alat olahraga di rumah memang sangat diperlukan. Terutama bagi mereka yang malas melakukan aktivitas olahraga di luar baik fitness, gym dan lainnya. Hal ini karena membutuhkan waktu yang banyak.

Nah, solusinya mereka hanya dapat berolahraga di rumah. Selain menghemat waktu namun juga lebih efektif terutama pada masa seperti ini. Sehingga banyak yang mencari beberapa alat untuk digunakan untuk mendukung olahraga dirumah.

Berbagai Rekomendasi Alat Olahraga Di Rumah

Pada dasarnya olahraga tak perlu ribet. Sejumlah alat fitness sederhana yang bisa Anda gunakan merupakan salah satu investasi terbaik.

Hal ini untuk memulai berolahraga tanpa perlu pergi keluar rumah. Selai memiliki kegunaan yang lebih banyak, alat-alat tersebut lebih ringkas dan mudah disimpan atau dibawa ke mana saja.

Tali Skipping

Rekomendasi alat olahraga di rumah adalah tali skipping. Merupakan olahraga rumahan yang sangat efektif untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan jantung. Sekaligus olahraga yang menguatkan otot kaki.

Skipping sangat baik untuk membakar lemak jika Anda tidak menyukai lari pagi. Anda bisa melakukan lompatan secara terus menerus selama 30 menit.

Hitungan lompatan bisa sampai 50 kali lompatan. Anda bisa mengulanginya hingga 3 set dan mengambil istirahat hingga 30-90 menit kemudian mengulanginya kembali.

Anda bisa meningkatkan durasi lompat tali secara bertahap menjadi 60 detik hingga 90 detik. Untuk menjaga kebugaran tubuh, Anda bisa melakukan latihan lompat tali 3 hingga 4 kali dalam seminggu namun tidak berurutan.

Matras Yoga

Nah, selanjutnya adalah matras Yoga. Alat yang wajib ada di rumah untuk berolahraga. Matras ini bisa Anda gunakan untuk meditasi. Selain itu juga bisa Anda gunakan untuk gerakan senam lantai seperti push up, plank, dan juga sit up.

Rekomendasi alat olahraga di rumah ini bisa Anda jadikan pijakan saat melakukan olahraga atau yoga yang bisa menghindarkan Anda dari tergelincir sehingga olahraga Anda semakin nyaman.

Resistance Band

Alat olahraga ini berupa seutas tali karet elastis untuk melatih kekuatan otot. Ada yang memiliki elastisitas yang rendah hingga tinggi. Semakin rendah elastisitasnya maka akan semakin sulit bentangkan karena extra melawan.

Bentuknya bermacam-macam. Ada yang seperti seutas tali, ada juga yang memiliki pegangan pada kedua ujung serta bentuk lingkaran.

Kemudian, Anda bisa menggunakannya dengan menarik bagian kedua ujung menuju arah berlawanan. Selain itu, Anda juga bisa menginjak salah satu dari ujungnya serta menarik ujung yang lain menuju atas setinggi mungkin.

Foam Roller

Rekomendasi alat olahraga di rumah ini berupa gulungan busa yang empuk untuk melemaskan otot yang terasa kaku dan kencang sehabis olahraga yang berat. Alat ini bisa Anda gunakan sebelum berolahraga untuk menghindari cidera.

Foam Roller ini bermanfaat juga saat Anda melakukan Yoga. Hal ini untuk membantu mempertahankan serta menguatkan keseimbangan tubuh Anda.

Selain itu bermanfaat untuk menghilangkan selulit pada tubuh terutama pada wanita.

Bola Fitness

Alat ini sering disebut dengan Gym Ball. Merupakan salah satu alat untuk segala umur. Selain itu ibu hamil atau orang tertentu bisa menggunakan gym ball ini untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Terutama sangat baik untuk latihan kardio, keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas dan postur tubuh.Beberapa gerakan yang dapat Anda lakukan adalah push up, plank dan ball crunch.

Kettlebell

Rekomendasi alat olahraga di rumah ini berbentuk bola beban yang memiliki pegangan. Umumnya dapat Anda gunakan dengan cara mengangkatnya dan diayunkan.

Beban ini mulai dari 8Kg hingga 20 kg. Alat ini sangat cocok untuk Anda pergunakan sebagai penguat otot tubuh bagian atas.

Selain itu juga memodifikasi sesi squat, plank hingga push up. Dengan alat ini membantu Anda menguatkan tubuh bagian bawah seperti paha, bokong dan betis.

Dumbbell

Dumbbell ini merupakan versi mini dari alat beban di gym. Beratnya bervariasi mulai dari yang ringan 0,5 kg hingga 10 kg.

Bagi Anda yang baru saja melakukan latihan angkat beban maka bisa membantu membentuk otot lengan dan bahu.

Dumbbell ini bisa Anda gunakan untuk variasi seperti bench press, sit up hingga squat sebagai tantangan untuk memaksimalkan sesi olahraga.

Slider Disc

Rekomendasi alat olahraga di rumah ini merupakan alat bantu yang berbentuk pipih yang memiliki fungsi untuk membantu melancarkan gerak tubuh saat melakukan olahraga kalistenik seperti lunges.

Kegunaannya untuk melancarkan pergerakan pada bidang atau permukaan datar, baik hardwood serta karpet lantai. Sehingga mampu mengurangi gesekan antara tubuh dengan permukaan lantai tersebut.

Hal ini memungkinkan Anda tidak mengangkat tangan atau kaki yang menjadi tumpuan gerak saat latihan.

Pull Bar

Pull bar saat ini sudah tersedia dalam versi portable jadi Anda bisa melakukan latihan pull up sendiri dirumah dengan mudah.

Alat ini mudah dipasang ke dinding maupun pintu dengan daya cengkram yang kuat. Alat ini bisa menahan gerakan tubuh saat pull up.

Umumnya rekomendasi alat olahraga di rumah berupa palang tunggal dengan bahan material besi baja yang sangat kuat. Demi kenyamanan saat latihan, maka bagian pegangan biasanya terbuat dari bahan busa yang lembut dan tidak licin saat Anda menggenggamnya.

Ab Wheel

Alat olahraga lainnya adalah Ab Wheel. Alat ini berupa roda berputar dengan kedua pegangan pada masing-masing sisi. Umumnya digunakan untuk latihan otot punggung, otot lengan, otot bahu dan otot inti.

Cara menggunakan alat ini adalah menggerakkan maju mundur dalam posisi tengkurap. Posisikan tubuh setengah plank dengan tumpuan lutut dan pegang alat tersebut dengan kondisi punggung serta lengan yang lurus.

Anda dorong dan tarik alat ini dengan kekuatan otot inti. Maka Anda bisa mendapatkan otot yang kuat.

Samsak Tinju

Rekomendasi alat olahraga di rumah adalah samsak tinju. Olahraga yang mampu membuat keringat. Selain itu Anda bisa melampiaskan emosi Anda dengan alat ini.

Samsak memiliki manfaat untuk latihan bela diri. Selain itu melatih kekuatan otot lengan dan membuat Anda bugar karena terus berkeringat.

Sepeda Statis

Pada alat ini sangat membantu Anda meningkatkan kebugaran dan mampu menurunkan berat badan. Bersepeda selama 30 menit mampu membakar 252 kalori.

Berolahraga di rumah sangat efektif tanpa keluar rumah. Anda bisa sambil olahraga dan menonton tv dengan nyaman.

Dengan rekomendasi alat olahraga di rumah tersebut, bisa memulai olahraga dan berinvestasi alat demi menunjang kesehatan Anda.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top