You are here

Kebiasaan di Pagi Hari yang Baik bagi Kesehatan Otak, Lakukan Secara Rutin!

Kebiasaan di Pagi Hari yang Baik bagi Kesehatan Otak Lakukan Secara Rutin
Bagikan Artikel Ini

Nyatanya terdapat beberapa kebiasaan di pagi hari yang baik bagi kesehatan otak. Dan barangkali kebiasaan ini kerap kali kita lupakan. Padahal bila dilakukan secara teratur pikiran kita akan menjadi terasa lebih baik.

Kebiasaan apa yang kerap Anda lakukan saat bangun tidur? Memeriksa ponsel atau melakukan kegiatan lainnya? Untuk meraih hari yang positif dan berguna, pagi hari mesti dilewati dengan baik. Berdasarkan beberapa penelitian, pagi yang buruk akan menjadikan hari Anda akan meletihkan dan tak produktif.

Sementara itu bila mengawali hari dengan kebiasaan yang baik akan menjadikan Anda lebih tenang, terlepas dari stres, dan akhirnya lebih cepat berpikir positif. Dengan demikian, kesehatan pikiran dan jiwa juga terjaga, membuat Anda bisa menjalankan sisa hari dengan menyenangkan dan produktif. Nah, berikut ini sedikitnya ada beberapa kebiasaan di pagi hari yang baik bagi kesehatan otak.

Bangun Lebih Awal

Pada umumnya orang sukses bangun lebih awal untuk mengawali hari. Karena di saat itu gangguan belum timbul. Walau hal ini agak berat dilakukan. Tetapi, kebiasaan ini dapat Anda bangun secara pelan-pelan. Mulailah dengan bangun 15 sampai 30 menit lebih awal di setiap harinya. Ketika baru mengawalinya, memang akan pusing terasa. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kebiasaan ini dapat dilakukan secara alami. Dengan bangun di awal waktu sehari-hari, ritme sirkadian juga akan terlatih. Sehingga ini dapat menjadikan seseorang lebih mudah bangun di pagi hari dan mempunyai kesempatan untuk tidur di malam hari lebih nyenyak.

Minum Air

Ritual di pagi hari yang baik bagi kesehatan otak selanjutnya adalah minum air putih. Sesudah bangun pagi, usahakanlah untuk minum air putih. Hal ini amat penting sekali untuk menjadikan pikiran dan tubuh berperan dengan baik. Terlebih ketika Anda tertidur di malam hari, sebagian cairan tubuh pun menghilang. Dengan minum air putih secara memadai akan menyebabkan cairan yang hilang tercukupi dan menunjang tubuh kembali segar.

Latihan Pernapasan Dalam

Paru-paru mempunyai peran penting di dalam tubuh yaitu untuk menghirup dan mengembuskan napas seharian. Tetapi sebaiknya melakukan latihan pernapasan dalam dan pelan-pelan. Menurut sebuah penelitian, mengubah pola pernapasan menjadi 6-10 napas per menit bisa memulihkan kestabilan pada sistem respons stres. Hal ini berguna untuk meningkatkan konsentrasi mental, menguatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, mengurangi kecemasan dan depresi.

Tersenyum di Depan Cermin

Tak cuma bisa meningkatkan kepercayaan diri, tersenyum di depan cermin pun menjadi salah satu ritual di pagi hari yang baik bagi kesehatan otak. Pasalnya otak akan bekerja dan mengirimkan berbagai sinyal perasaan senang ke seluruh tubuh. Dengan berbekal rasa percaya diri yang tinggi dan pikiran yang positif, pastinya pagi hari Anda akan berguna sekaligus menjaga pikiran supaya tetap sehat. Tidak usah berlama-lama, lakukanlah secara rutin selama 30 detik.

Sempatkan Waktu untuk Membaca

Di hari yang dipenuhi dengan kesibukan, barangkali akan susah untuk menyempatkan waktu guna sekadar melakukan hal-hal biasa yang menyebabkan rileks dan memicu pikiran. Salah satu ritual di pagi hari yang baik untuk kesehatan otak dan menjadikannya rileks ialah dengan membaca. Baik membaca artikel online, surat kabar atau buku.

Bacaan yang bagus, tak cuma menjadi cara menyenangkan untuk mengawali hari, tetapi pula bisa membawa Anda keluar sebentar dari kesibukan setiap hari dan membantu mengatur ulang prioritas. Tetapi, pastikan Anda membaca sesuatu bacaan yang baik. Seperti motivasi atau pengetahuan unik. Pasalnya apa yang kita pikirkan bisa mempengaruhi perasaan kita dan keadaan mental di pagi hari amat mempengaruhi aktivitas kita selama seharian.

Itu dia kebiasaan di pagi hari yang baik bagi kesehatan otak. Sesudah melakukannya secara teratur, dijamin otak akan menjadi lebih fresh dan Anda pun lebih siap menjalankan hari.

Leave a Reply

Top