You are here
Home > Berita Nasional >

5 Macam Gangguan Mental Pada Remaja Yang Disebabkan Oleh Beragam Faktor

Gangguan Mental Pada Remaja
Bagikan Artikel Ini

Pada dasarnya setiap orang memiliki kemungkinan untuk mengalami gangguan pada mental baik dalam skala ringan hingga yang berat. Misalnya sejumlah gangguan mental pada remaja yang disebabkan oleh beragam hal yang telah dialami sebelumnya. Pasalnya diketahui bahwa masa remaja termasuk dalam masa yang rentan untuk menderita gangguan psikis. 

Biasanya beberapa faktor yang melatar belakangi hal tersebut seperti keinginan hidup secara mandiri, serta merasa tertekan terhadap tuntutan lingkungan dan lainnya. Perkara lain yang juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental seseorang adalah keadaan rumah tangga. Berikut jajaran gangguan mental yang sering dialami oleh para remaja:

1. Depresi 

Gejala yang sering dialami oleh orang dengan gangguan mental pada remaja ini prosentase yang dialami lebih banyak terjadi pada perempuan jika dibandingkan dengan laki-laki. Bahkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa sebanyak 8 persen anak dengan rentang antara usia 12 hingga 17 tahun. 

Ternyata mengalami depresi yang masuk dalam kategori berat di tahun 2015 lalu. Dengan kisaran setengah dari jumlah remaja yang dikategorikan mengalami depresi. Dilaporkan dipengaruhi oleh kehidupan akademis dan juga sosial.

2. Kegelisahan 

Keadaan gelisah yang dialami oleh sengaja remaja sedikit banyak berpengaruh terhadap proses sosialisasi dengan teman sebayanya. Bahkan tidak sedikit pula remaja yang sering gelisah juga berdampak pada dunia pendidikan yang dijalani. Apabila rasa cemas yang diderita sudah terbilang cukup para maka bisa membuat seorang remaja enggan untuk keluar dari rumah atau tempat tinggalnya. 

3. ADHD 

Diketahui dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit bahwa lebih kurang 9 persen anak yang usianya 2 sampai dengan 17 tahun sudah didiagnosa mengalami ADHD. Kemungkinan pada usia 4 tahun anak telah mengalami gejalanya. Akan tetapi gejala yang diperlihatkan tersebut tergolong tidak terlalu bermasalah hingga sang anak berusia remaja. 

Hal ini salah satunya dipicu oleh keadaan anak yang masih tergolong kecil belum memiliki tuntutan di dunia akademis. Oleh karena itu tekanan yang terjadi pada usia remaja dalam dunia pendidikan menjadi lebih sulit. Misalnya seperti anak yang tengah duduk di sekolah menengah. ADHD sendiri dibagi menjadi 3 tipe yaitu hiperaktif, ada juga inattentive dan yang terakhir ada impulsif.

4. ODD 

Seorang anak maupun remaja yang mengalami gangguan mental ini biasanya mempunyai sikap yang membangkang dan juga mudah dendam. ODD ini sering hadir untuk pertama kalinya pada anak usia Sekolah Dasar. Namun apabila tidak segera dilakukan penanganan, maka dapat berakibat pada hal yang lebih serius lagi. Jika gangguan ini telah memasuki fase ekstrem dapat berupa agresi secara fisik. 

5. Gangguan Makan 

Bagi sebagian orang kegiatan makan adalah hal yang menyenangkan ditambah lagi jika menu yang dihidangkan termasuk dalam menu favorit. Namun bagi penderita gangguan mental pada remaja pola makan yang dilakukan cukup berpengaruh. 

Misalnya seperti makan dalam jumlah yang terlalu terlalu sedikit sehingga berakibat pada kondisi fisik orang tersebut, yakni berupa penurunan berat badan. Perawatan yang dibutuhkan oleh penderita gangguan ini seperti pemantauan atas kesehatan secara fisik yang juga disertai dengan terapi intensif. 

Itu tadi pembahasan beberapa gangguan mental pada remaja yang disebabkan oleh berbagai faktor. Ulasan di atas bisa dibuat referensi pengetahuan bahwa meskipun tidak terlihat, ternyata beberapa anak saat remaja mengalami permasalahan terhadap mentalnya. Latar belakang pertemanan sampai dengan lingkungan keluarga sedikit banyak juga berpengaruh pada keadaan mental seseorang.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top