You are here
Home > Olah Raga >

Olahraga yang Disarankan untuk Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

Olahraga yang Disarankan untuk Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk
Bagikan Artikel Ini

Tahukah Anda, posisi duduk dan berdiri yang salah dapat menyebabkan postur tubuh yang bungkuk sehingga menimbulkan nyeri dan masalah tulang yang lainnya? Bagaimana cara untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk?

Postur tubuh yang bungkuk umumnya condong menyebabkan kita merasakan nyeri pada kaki, punggung, dan leher. Di samping masalah kesehatan tulang, posisi duduk dan berdiri yang buruk pun dapat mengubah penampilan dan memicu masalah kepercayaan diri.

Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui posisi duduk dan berdiri yang benar. Anda pun perlu mengetahui jenis olahraga apa yang berguna untuk menghindari bungkuk dan melindungi kesehatan tulang serta memperbaiki postur tubuh bungkuk.

Cara Memperbaiki Posisi Duduk dan Berdiri yang Benar

Posisi duduk dan berdiri yang benar diperlukan untuk mendukung kesehatan tulang, khususnya tulang belakang. Dengan memperbaiki posisi-posisi itu Anda dapat terlepas dari kelelahan pada kaki dan punggung, menurunkan risiko nyeri tulang belakang, mencegah timbulnya perubahan susunan tulang (bila dibiarkan terlampau lama), serta meminimalisir cedera ketika bekerja, olahraga, atau ketika melakukan kegiatan lainnya.

Langkah pertama yang Anda butuh lakukan adalah memerhatikan kebiasaan saat berdiri, duduk, dan berbaring sehari-hari. Dengan demikian Anda bisa mulai mengubah dan melatih posisi yang benar itu secara berkelanjutan sampai menjadi kebiasaan.

Posisi duduk dan berdiri terbaik adalah dengan mensejajarkan pinggang, leher, dan kepala pada garis yang sama (aligned). Ini menjadikan posisi tulang belakang ada dalam kondisi netral sehingga beban otot dan tulang pun akan berkurang.

Posisi duduk yang benar ialah dengan cara lutut membentuk sudut 90 derajat, paha menempel pada kursi, kepala dan leher sejajar tidak menunduk, serta duduk tegar bersandar pada kursi. Upayakan pula supaya kaki tidak menggantung.

Posisi berdiri yang benar adalah bersikap tegap, berdiri pada kedua kaki dan tak menumpu cuma pada salah satu kaki. Letakkan leher dan kepala sejajar bersama tulang belakang, lantas kedua bahu terbuka. Usahakanlah mata melihat ke depan tidak terlampau menunduk atau menengadah.

Olahraga yang Dianjurkan untuk Menghindari Bungkuk

Beberapa jenis olahraga, terutama senam berguna untuk melenturkan dan menguatkan otot. Hal ini menjadikan struktur tulang terlindungi sehingga mendapatkan postur tubuh yang  bagus. Berikut ini beberapa jenis senam yang bisa Anda lakukan untuk menghindari bungkuk malah mengoreksi postur tubuh yang mulai bungkuk.

Stretching (Peregangan)

Peregangan atau stretching dijalankan untuk melenturkan otot-otot yang telah ada. Beberapa contoh gerakan yang bisa dilakukan adalah child’s pose bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot penyangga tulang belakang. Standing forward fold berguna untuk meregangkan otot panggul, hamstring, dan  menghilangkan ketegangan pada bahu dan leher. Sedangkan gerakan cat-cow adalah serangkaian gerakan yang akan menunjang melatih kesadaran tulang belakang sehingga tubuh senantiasa dalam postur yang bagus.

Core Muscle untuk Menguatkan Otot Inti

Postur yang buruk pun disebabkan oleh lemahnya otot inti tubuh lantaran otot-otot ini berperan  menahan berat tubuh kita. Gerakan yang bisa melatih otot inti antara lain adalah high plank. Ini akan melatih tubuh supaya sadar akan posisi tulang belakang dan melatih otot-otot bagian perut.

Adapun gerakan yang lainnya ialah Downward-Facing Dog yang bermanfaat untuk membuka otot dada depan yang umumnya membungkuk ketika melakukan berbagai pekerjaan di meja kerja. Rangkaian gerakan twist, hip up, dan slide plank pun dapat dilakukan dalam beberapa set untuk menguatkan  otot-otot inti tubuh.

Seluruh jenis senam atau olahraga untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk ini bisa Anda lakukan pada waktu pagi hari di bawah sinar matahari. Jadi, di samping memperoleh manfaat dari olahraga, Anda pun terkena paparan sinar matahari yang akan menunjang pengaktifan vitamin D sehingga kalsium untuk penyusunan struktur tulang lebih optimal diserap.

Leave a Reply

Top