You are here
Home > Berita Nasional >

Menyesap Kenikmatan Minuman Khas Bali yang Menyegarkan

Minuman Khas Bali
Bagikan Artikel Ini

Bali begitu populer dengan keindahan pantai dan spot wisata yang sangat beragam jenisnya. Pulau ini memang menjadi destinasi liburan terbaik bagi turis lokal maupun asing. Kuliner di sana, khususnya minuman khas Bali yang menyegarkan juga jadi daya tarik tersendiri. Berikut adalah 7 minuman dengan rasa autentik yang menjadi ciri khas Bali:

1. Es Kuwut

Jenis minuman yang satu ini paling cocok dinikmati di tengah cerahnya pantai pulau dewata. Es kuwut terbuat dari campuran air kelapa muda, daging kelapa muda, biji selasih, serta serutan buah blewah. Tambahan perasan jeruk nipis membuat minuman ini memiliki sensasi yang begitu menyegarkan. Es kuwut mudah sekali ditemukan, apalagi di lokasi pantai yang  jadi tempat favorit menikmati minuman ini.

2. Es Daluman

Pilihan minuman asal Bali berikutnya adalah es daluman. Tak kalah menyegarkan dari es kuwut, es daluman juga dijamin menjadi pengobat dahaga terbaik selama berlibur di Bali. Minuman ini terbuat dari kuah santan, gula merah, dan cincau hijau yang menyegarkan mulut. Es daluman tidak hanya menghadirkan rasa yang segar dan enak tapi juga punya manfaat memperlancar kerja sistem pencernaan.

3. Es Loloh

Menurut bahasa Bali, loloh berarti jamu. Minuman ini memang masuk ke kategori jamu namun menghadirkan rasa yang lebih unik. Seteguk es loloh bisa membawa rasa pedas, manis, asam, juga asin. Sebagai jamu, es loloh punya banyak manfaat di antaranya adalah menurunkan tekanan darah tinggi serta memperlancar kerja sistem pencernaan.

4. Brem Bali

Minuman khas Bali yang satu ini juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat lokal maupun turis internasional. Brem Bali merupakan minuman fermentasi dari bahan ketan merah. Rasanya menyerupai anggur dan biasanya disajikan pada momen-momen tertentu di Bali. Namun perlu diketahui bahwa minuman satu ini mengandung alkohol sehingga tidak bisa dikonsumsi oleh golongan orang tertentu.

5. Es Tambring

Selanjutnya ada variasi minuman kelapa muda yang disebut es tambring. Minuman ini bukan es kelapa muda biasa melainkan disajikan dengan tambahan telur ayam kampung, gula jawa, dan asam jawa. Ditambah es, minuman ini memberikan kesegaran yang luar biasa. Selain menyegarkan, es tambring juga menyehatkan tubuh karena bisa membantu meredakan panas dalam serta mengatasi masalah pencernaan.

6. Kopi Bali

Penikmat kopi wajib menyesap cita rasa kopi khas Bali yang tak bisa ditemui di sembarang tempat. Biji kopi yang disajikan dalam secangkir kopi Bali diolah dengan menggunakan kayu bakar. Proses pembuatannya masih sangat sederhana sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Kopi khas Bali memiliki tekstur yang kental, pekat, dan cita rasanya kuat namun ada sedikit sensasi manis di dalamnya.

7. Arak Bali

Selain brem Bali, ada juga minuman lain khas pulau dewata yang mengandung alkohol. Arak Bali menjadi pilihan bagi para turis asing yang sedang menghabiskan liburan ke Bali. Minuman ini terbuat dari air kelapa yang melalui proses penyulingan sehingga menghasilkan kadar alkohol. Namun, jenis minuman ini tidak disarankan dicampur dengan bahan lain seperti soda dan buah karena bisa berbahaya bagi tubuh.

Itulah 7 minuman khas Bali yang menghadirkan rasa autentik dan menyegarkan tubuh. Sebagian dari minuman-minuman ini sudah banyak diadaptasi dan mudah ditemukan di luar Bali. Namun ada juga yang hanya bisa ditemui di Bali apalagi jika ingin merasakan cita rasa aslinya secara langsung.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top